Profil Luqman, Siswa SMAM 1 Gresik Ber-IQ Superior yang Juarai 5 Kompetisi Matematika Dari Tingkat Regional Sampai Internasional

Masih segar diingatan saya ekspresi Luqman saat dia mengucap syukur “Alhamdulillah Ya Allah”, sambil terharu, dia menatap saya, seakan tak percaya bahwa namanya dipanggil untuk maju diatas panggung kehormatan untuk menerima medali perunggu bersama para juara kompetisi Matematika Internasional di Phuket, Thailand yang berasal dari belasan negara.

Luqman, yang mempunyai makna “bijaksana” dalam Bahasa Arab ini nampaknya sangat sesuai menggambarkan keseharian sang pemilik nama. Siapa sangka siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik kelas XII MIPA-1 ICP yang pendiam ini memiliki anugerah (gifted) intelligence quotient (IQ) yang berkategori superior.

Sebagai informasi, istilah kecerdasan Superior di dalam kamus Psikologi karangan J.P Chaplin, mendenfenisikan Superior sebagai satu tingkat kemampuan mental umum, yang dilampaui oleh 15% dari populasi. Pada skala Stanford Binnet, merupakan IQ yang ekuivalen dengan nilai 120 (1986 :494). Sementara itu, Sutratinah Tirtonegara (1982: 14), menyatakan bahwa anak anak superior memiliki arti anak-anak yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi atau superior dalam bidang akademik dengan skor IQ pada tes intelegensi menunjukkan angka mulai dari 120 – 129.

Maka tidak heran, siswa kelahiran Gresik 22 Juli 2002 ini agak sedikit berbeda dari teman-teman sebayanya terutama dalam penguasaan kompetensi Matematika. Luqman tidak hanya mendapatkan nilai sempurna dalam pelajaran Matematika namun dia juga berhasil membuktikan dengan meraih 5 penghargaan kompetisi Matematika mulai dari tingkat regional sampai tingkat internasional.

Dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun, Luqman berhasil meraih penghargaan-penghargaan sebagai berikut:

  1. Harapan 1 Olimpiade Sains Regional Kabupaten Gresik 2018
  2. Juara 1 Olimpycad Matematika Nasional 2018
  3. Nasional Special Award Matematika Muhammadiyah Education Award 2018
  4. Nasional First Award Matematika Muhammadiyah Education Award 2019
  5. Bronze Medal, Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019

Luqman mengungkapkan bahwa dari berbagai kejuaraan yang dia menangkan, penghargaan bronze medal dalam event TIMO yang paling berkesan karena dia mewakili nama Indonesia untuk berkompetisi dengan peserta dari 16 negara Asia dan Eropa.

Untuk mencapai prestasi fenomenal diatas, Luqman sedikit membocorkan rahasianya kepada penulis, bahwa persiapan adalah hal utama dalam menghadapi lomba, kemudian jangan lupa melibatkan restu kedua orang tua, para guru dan rajin berdoa kepada Allah SWT agar segala urusan dimudahkan.

Putra kedua dari Bapak Wijianto dan Ibu Sulikah ini juga mempunyai harapan untuk menjadi programmer handal di kemudian hari dan bercita-cita menjadi guru atau dosen agar ilmu yang dia miliki bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Di akhir wawancara, Luqman berpesan kepada adik-adik kelasnya untuk selalu menghormati orang tua dan guru-guru pembimbing yang hebat di SMA Muhammadiyah 1 Gresik dan tetap bersemangat mengejar impian.

Penulis: Akhmad Akmal Rifqi

Wawancara dengan Luqman Firmansyah pada Ahad 22 September 2019.

Vicky

English teacher | website content writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *