Hasilkan Karya Tulis Bahasa Inggris Berformat Digital Literacy, Beginilah Keseruan English Camp 2019 SMAM 1 Gresik

Kegiatan English Camp SMA Muhammadiyah 1 Gresik 1 Gresik merupakan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris Berformat outdoor yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XI yang bertujuan untuk menggali kemampuan siswa berbahasa Inggris dan menindak lanjuti pembelajaran pengembangan bahasa Inggris yang diberikan kepada para siswa setiap seminggu sekali .

Dalam kegiatan English Camp ini seluruh peserta diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi verbal dan tulis sebagai salah satu upaya membangkitkan rasa percaya diri mereka untuk mengeksplore bahasa Inggris lebih jauh.

Kegiatan English Camp tahun kali ini dilaksanakan di Dusun Sahabat Alam, Jalan Dusun Lasah, Desa Tawangargo, Karang ploso Malang, Jawa Timur pada hari Kamis dan Jumat, 3 s/d 4 Oktober 2019 dengan tema “English for Millenials and Better Future.”

Lokasi English Camp di Camping Ground Dusun Sahabat Alam, Malang, Jawa Timur.

Seluruh peserta dan panitia guru English Camp menuju lokasi hari Kamis, 3 Oktober 2019 menggunakan kendaraan truk TNI karena medan menuju lokasi hanya bisa dilalui kendaraan truk dan sejenisnya.

Ternyata rata-rata peserta kegiatan yang berasal dari kelas XI ini merasa sangat tertarik menaiki truk TNI dikarenakan ada sebagian dari mereka yang baru pertama kali mengalaminya.

Dalam kegiatan English Camp kelas XI ini tim guru Bahasa Inggris membagi para peserta menjadi beberapa tim yang dipimpin oleh ketua dan wakilnya. Sebagai informasi nama tim dalam English Camp kali ini menggunakan nama pulau-pulau yang ada di Indonesia. Untuk konsep unik ini, tim guru Bahasa Inggris mendapatkan bantuan dari Bapak Zaenal Arifin,S.Pd, M.Pd guru Sosiologi SMAM 1 Gresik.

Disamping itu setiap tim peserta dihandle oleh tutor sebaya yang sudah ditunjuk dan dipersiapkan oleh tim guru Bahasa Inggris jauh hari sebelum acara dimulai untuk menjadi “asisten guru Bahasa Inggris” dalam kelompoknya masing-masing.

Untuk tim tutor sebaya perwakilan datang dari kelas XI ICP, XII ICP, XI IBBU dan XII IBBU.

Seluruh tim peserta dengan antusias mengikuti dan mengerjakan materi bahasa Inggris yang diberikan oleh tutor sebayanya secara fun dan kreatif . Mereka merasa nyaman dan menyatu karena sama- sama dari generasi milineal.

Kegiatan hari pertama English Camp dengan materi vocabulary, grammar dan spelling bee. Kegiatan di hari kedua seluruh tim dan tutor sebaya melakukan fun cooking membuat nasi goreng ala chef tim untuk dilombakan dan hasil memasak dinikmati bersama sehingga tercipta rasa kebersamaan, kekompakkan dan rasa menghargai hasil karya masakan teman-temannya.

Dalam era serba digital dan era millenial sesuai tema English Camp tahun 2019, tim guru bahasa Inggris juga mewajibkan seluruh peserta membuat karya literasi digital Bahasa Inggris sebagai final project untuk membangkitkan rasa lebih mencintai dalam menciptakan suatu karya literasi dalam bentuk tulis digital.

Setiap siswa bisa menulis tentang pengalamannya dalam bentuk jurnal, diary, kesan-kesan dan apapun yang ingin ditulis dalam bahasa Inggris tentang pengalaman kegiatan English Camp melalui smartphone mereka masing-masing kemudian hasilnya dikirim ke tim panitia secara online.

Hasil Karya Digital Literacy – Dibuat Oleh Rizki Pama Putra (XI IPS 2)

Kegiatan digital literasi ini merupakan sesuatu hal yang baru English Camp SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Salah satu ketua tim peserta English Camp, Rizki Pama Putra Samudra kelas XI IPS 2 memberikan kesan:

Menulis cerita bahasa Inggris melalui online sangat praktis dan juga lebih hemat tenaga. Dan juga bisa mengikuti zaman millenial(jaman gadget seperti sekarang). Karena pada era saat ini sangat dibutuhkan kemampuan dan keterampilan di bidang IT. Karena jika kita tidak menguasai bidang IT kita semakin tertinggal jaman dan akan sangat kalah bersaing dengan siswa- siswa diluar sana.

Rizki Pama Putra – XI IPS 2

Penulis konten: Dra. Nina Yovanti WNS

Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd

Vicky

English teacher | website content writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *