Terapkan Pendekatan Belajar Konstruktivisme, Para Peserta Didik SMAM 1 Gresik ini Belajar Bahasa Inggris di Sebuah Mal

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Ada yang unik dalam proses belajar mengajar di kelas X ICP (International Class Program) SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada hari Kamis 17 Oktober 2019 kemarin, tepatnya pada saat pelajaran Bahasa Inggris wajib yang berlangsung pada pukul 10.15-11.45, karena seluruh anggota kelas tersebut tidak belajar didalam kelas melainkan mendatangi GRESSMALL, salah satu mal dan pusat perbelanjaan modern dipusat kota Gresik. Mereka menuju ke Mal yang berjarak kurang lebih 8 kilometer dari sekolah menggunakan kendaraan angkutan umum.

Apa yang mereka lakukan di Mal tersebut? Ternyata mereka mendapatkan tugas membuat vlog (Video Log) yang berisikan konten dialog Bahasa Inggris yang mengandung muatan menyatakan dan menanggapi suatu niat dan rencana. (Intention and planning). Materi tersebut berada dalam silabus pembelajaran Bahasa Inggris dari pemerintah dengan nomor kompetensi dasar (KD) 3.3 dan 4.3.

Sebelum menuju lokasi seluruh peserta didik kelas X ICP  SMAM 1 Gresik dibagi menjadi beberapa tim dan masing- masing tim dipandu oleh tutor sebaya yang ditentukan oleh Guru Bahasa Inggris untuk menyiapkan naskah dialog divlog mereka masing-masing.

Pembelajaran ini merupakan kegiatan outdoor karena SMAM 1 Gresik berkeyakinan bahwa untuk proses belajar tidak hanya berada didalam kelas ataupun sekolah tapi bisa dilakukan diluar area sekolah dengan cara mengalaminya secara langsung untuk mencapai indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang dituliskan guru didalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Guru pengajar dikelas X ICP Dra Nina Yovanti WNS, menyatakan bahwa:

Belajar dimal ini merupakan salah satu alternative pilihan yang sangat baik dikarenakan disini para peserta didik dapat belajar secara mandiri dan menyenangkan, selain itu mereka bisa menentukan sendiri bagaimana cara menyelesaikan tugas yang saya berikan dengan cara se-kreatif mungkin.

Dra Nina Yovanti WNS | Guru Bahasa Inggris SMAM 1 Gresik

Didalam Mal tim beserta tutornya dibebaskan memilih tempat atau gerai- gerai yang ada disana. Mereka boleh membuat dialog dengan teknik wawancara teman sekelas ataupun dengan translasi dengan para penjual/penjaga gerai. Sebagai ilustrasi ada yang membuat vlog digerai penjual jajanan yang disukai pemuda jaman millennial, selain itu ada tim yang nge-vlog diwahana permainan anak dan ada juga yang merekam vlog digerai perbelanjaan barang sehari-hari. Seluruh tim dengan semangat membuat vlog dialog sambil mencoba permainan atau membeli sesuatu yang dibutuhkan dan disukai.

Karena suasana dan lokasi pembelajaran yang menyenangkan membuat beberapa tim  keasyikkan membuat vlog dan tidak terasa waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas telah selesai dan mereka harus segera kembali ke sekolah.

Maulida Amelia Putri A.S salah satu peserta didik kelas X ICP, menyampaikan kesannya setelah menyelesaikan tugas Vlog ini:

Ini adalah metode pembelajaran yang baru dan sangat menyenangkan. Bahwa belajar tidak hanya didalam kelas (indoor) tetapi juga bisa diluar kelas (outdoor) serta mengalami proses belajar seperti ini adalah cara belajar yang berhadapan langsung dengan dunia nyata, sehingga ilmu yang kita dapat, bisa kita terapkan secara langsung.

Maulida Amelia Putri A.S | Peserta Didik Kelas X ICP SMAM 1 Gresik

Rachelia Prisinta salah satu peserta didik lain memberikan kesannya pula:

Alhamdulillah, bisa menambah wawasan dalam belajar bahasa Inggris, melatih kekompakan dan melatih pronunciation skill kami.

Rachelia Prisinta | Peserta Didik Kelas X ICP SMAM 1 Gresik

Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd, salah satu guru Bahasa Inggris lain menyatakan bahwa pendekatan belajar seperti yang dilakukan peserta didik dengan cara belajar dimal secara teori menggunakan pendekatan konstruktivisme.

Pendekatan belajar konstruktivisme merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd | Guru Bahasa Inggris SMAM 1 Gresik

Penulis konten: Dra. Nina Yovanti WNS

Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd

Vicky

English teacher | website content writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *