SMAM1GRESIK.SCH.ID – Smamsatu Gresik terus berusaha melakukan gebrakan, dan menciptakan hal baru demi memberikan bekal yang baik kepada peserta didiknya dimasa depan. Yang terbaru di tahun pelajaran 2021/2022 ini adalah dengan munculnya program baru yaitu “Three on two” dari Tim Kurikulum Smamsatu Gresik.

Menurut, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Nurul Ilmiyah, S.Pd, program “Three on Two” merupakan program kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik baik saat ini, terlebih lagi untuk bekal masa depannya.

“ Program Three on Two” itu adalah, program 3 hari pembelajaran akademik, dan 2 hari pembelajaran soft skill. Pembelajaran akademik memuat belajar mandiri, penguatan materi melalui diskusi kelompok atau meet dengan Bapak/Ibu Guru, dan penugasan berupa pemberian soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk kelas X dan XI, serta soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk kelas XII. Sementara untuk pembelajaran soft skill memuat pembelajaran yang berhubungan dengan Kelas Passion dan Kelas Prodistik ITS”,

Nurul Ilmiyah, S.Pd | Waka Kurikulum

Masih menurut ibu dari dua anak ini, pembelajaran soft skill yang berhubungan dengan kelas passion, bertujuan untuk mengasah bakat dan ketrampilan di berbagai bidang. “Oleh sebab itu, kita menyediakan tujuh bidang pada kelas passion ini, yaitu Literasi, Kesehatan, Entrepreneur, Psikologi, Teknik, Tahfidz dan Seni,” katanya.

“Sedangkan untuk kelas Prodistik ITS, kita berharap, peserta didik bisa mengasah bakat dan ketrampilannya di bidang IT. Dan kita sudah menyediakan 4 jurusan pada kelas Prodistik ini, yaitu Perkantoran, Pemrograman, Multimedia dan animasi, serta Desain Grafis,” tambahnya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Nurul Ilmiyah, Kepala Smamsatu Gresik, Ainul Muttaqin, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa pembelajaran soft skill merupakan kebutuhan penting dalam mengarungi kehidupan, dimana setiap orang dituntut untuk mampu melewati setiap perubahan zaman dengan sebaik-baiknya. Soft skill mengajari tentang kecakapan hidup.

“Maka pembelajaran yang akan diterapkan di Smamsatu Gresik akan menjadi menarik bagi peserta didik karena selain materi soft skill tersebut namun juga kemasan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu pemantapan materi pembelajaran akan lebih mudah karena ditunjang dengan aplikasinya dalam kehidupan,”

Ainul Muttaqin, S.P, M.Pd. | Kepala Sekolah

Penulis: M. Ali Safa’at, S.Pd
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd

Share this: