Masa pandemi covid -19 yang terjadi sejak awal 2020 sampai sekarang mengakibatkan pergesaran yang hebat dalam dunia pendidikan. akan tetapi, masa pandemi tersebut tidak berpenagaruh pada prestasi dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik (smamsatu).

Madrasah robotic competition merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang diadakan oleh kemenag (kementrian agama) pada 7-10 februari 2021 di Kampus 2 Universitas Islam As-Syafi’iyah Jl. Raya Jatiwaringin No.76 Pondok Gede, Bekasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan beberapa tahap yakni tahap penyisihan diambil 30 tim dilanjutkan dengan pemilihan 9 tim terbaik untuk memperesentasikan robotnya di Jakarta.

Abdul Hafidz Suryonegoro (Xi Mipa 3), merupakan perwakilaan dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang berhasil menjadi Juara 1 dalam lomba tersebut kategori “line follower analog” menurut hafids dihubungi melalui WhatsApp

“Lomba ini merupakan lomba yang sangat berkesan bagi saya karena diadakan oleh kemenang dan diunadang di Kampus 2 Universitas Islam As-Syafi’iyah Jl. Raya Jatiwaringin No.76 Pondok Gede, Bekasi.”

Hafids menambahkan bahwa dalam lomba tersebut dia berhadapan dengan beberapa sekolah bergengsi seperti: MAN 2 Jakarta, Mas KMI Diniyah Putri Sumatra Barat, MAN 3 Jakarta, MAN 1 Pasuruan, MAN 1 Magetan, MAN IC Bangka Belitung, SMK Industri Alkaffah Malang. Akan tetapi, Hafids membuktikan bahwa robotic SMA Muhammadiyah 1 Gresik layak dan pantas menjadi juara 1 dalam lomba bergensi tersebut.

Para Juara Madrasah Robotik Tingkat Nasional

Tips Sukses Dan Juara dalam Lomba Robotik

Pertama, berdoa, berdoa merupakan inti dari semua kesuksesan kita, Ketika kita sering berdoa memohon pertolongan dari Allah maka, Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita. Terutamnya doa kedua orang tua, doa orrang tua adalah doa yang paling ampuh bagi kita.

Kedua, semangat dan pantang menyerah, belajar tentang robotic memerlukan konsentrasi karena Ketika kita salah dalam merakit resikonya robot tidak akan bergerak sesuai dengan yang kita inginkan, semangat dan pantang menyerah adalah kunci yang kedua agar bisa menjadi juara.

Ketiga, “dibalik murid yang hebat terdapat guru yang selalu memberi nasehat” Prestasi ini tidak akan berhasil apabila tidak ada guru yang membimbing, menurut Hafids ia bersyukur di bimbing oleh abdul latif sehingga bisa menjadi juara.
Harapan Masa Depan

Semoga dalam setiap lomba kejuaran robotic SMA Muhammadiyah 1 Gresik bisa terus menjadi juara karena tidaka ada di dubia ini yang tidak mungkin Man Jadda Wajada (Siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil) dan Man Shabara Zhafira (siapa yang bersabar dia akan beruntung)”.

*Wiwit Dwi Wahyu

Share this: