Pembangunan Gedung Baru

SMA Muhammadiyah 1 Gresik

Gedung baru SMA Muhammadiyah 1 Gresik terletak di lokasi yang strategis di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo 162 Randuagung, Kebomas, Gresik, Jalan tersebut adalah jalur nasional tepat di pusat kota Gresik.

SMAM1GRESIK.SCH.ID  Berada di Lokasi Strategis, Ini Fasilitas wow Gedung Baru Smamsatu. Demikian gambaran yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana SMA Muhammadiyah 1 Gresik Rudi Ihwono S.Kom, Kamis (11/2/2021).

Rudi menjelaskan, gedung baru Smamsatu yang terletak di lokasi yang strategis di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo 162 Randuagung, Kebomas, Gresik, yang merupakan jalan nasional. Selain itu, sepanjang jalan Dr Wadihin Sudirohusodo berdiri kantor-kantor penting, seperti Kantor Pemerintah Kabupaten Gresik.

Yang juga strategis, lokasi gedung baru Smamsatu berada di tegah perumahan Gresik Kota Baru (GKB). Yaitu GKB Randuagung yang terletak di sisi selatan Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo. Perum GKB ini menggunakan nama-nama sungai sebagai nama jalan, seperti Jalan Raya Brantas, Jalan Raya Bengawan Solo, dan Jalan Musi.

Di sisi utara gedung baru Smamsatu yang berada di seberang jalan Universitas Muhammadiyah Gresik, dekat dengan kawasan GKB yang terletak di wilayah Kecamatan Manyar dan sebagian Desa Randuagung.

Melalui underpass atau terowongan yang berada di tanjakan depan gedung baru, Smamsatu terhubung dengan GKB Randuagung Kecamatan Kebomas dan Ososwilangun Kecamatan Manyar. Lokasi ini menggunakan nama-nama pulau dan kota sebagai nama jalan. Seperti Jalan Sumatera, Jalan Bali, Jalan Lamongan, dan lain-lain.

Melalui underpass yang rencananya mulai dibangun frontage pada Maret 2021, gedung baru Smamsatu juga terhubung dengan perum Graha Kembangan Asri (GKA). Letaknya bersebelahan dengan Universitas Muhammadiyah Gresik. Perum GKA menggunakan nama-nama burung sebagai nama jalan. Seperti Jalan Elang, Jalan Cenderawasih, dan Jalan Merpati.

Ruang-Ruang Gedung Baru Smamsatu Gresik

Rudi Ihwono mengatakan, secara struktur, pembangunan gedung baru Smamsatu sudah mencapai 98 persen. Sesuai rencana, Smamsatu memiliki satu gedung utama dan tiga gedung penunjang yang terdiri dari gedung sarana olah raga, asrama santri Muhammadaiyah Boarding School (MBS) putra dan asrama santri MBS putri.

Gedung utama yang direncakan terdiri dari semblan lantai, disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi menjadi tujuh lantai dengan satu lantai mezzanine. “Luas Gedung lantai 1—7 totalnya 8.709,96 m2,” katanya.

Menurut Rudi, lantai satu dengan luas 1029,5 m2 digunakan untuk perkantoran. Terdiri dari ruang tunggu, poliumum, poligigi, ruang keuangan, ruang kepala sekolah, tuang wakil kepala sekolah, hall, arsip dan sumber daya manusia (SDM).

“Selain itu ada ruang produksi, server, ruang teater. Juga guesthouse dan resepsionis. Di sekelilingnya terdapat taman, parkir motor dan mobil, panel pompa, rumah pompa, rumah genset, pos jaga, dengan perterasan paving,” urainya.

Dia menjelaskan, lantai 1A dengan luas 792,5 m2 dialokasikan untuk ruangan Bimbigan Konseling (BK) yang dilengkapi ruang tamu, ruang konsultasim dan ruang anak berkebutuhan khusus (ABK).

“Ada juga ruang guru, perpustakaan, bascamp ekstrakurikuler, dan minimarket,” ungkap dia.

Di lantai 2, lanjutnya, dengan luas 1580,26 m2 digunakan untuk kawasan ruang laboratorium. Yang terdiri dari laboratorium komputer, bahasa, IPS, IPA dan seni. Ada juga ruang podcast, masjid beserta tempat wudhu, ruang sarana prasarana, gudang dan 4 ruang kelas.

Dilengkapi Cafe dan Dua Lift

Sementara itu lantai 3 dengan luas 1580,26 m2 dialokasikan untuk sembilan ruang kelas dilengkapi dengan café dan kantin sekolah. Sedangkan bagian yang menjorok keluar mengelilingi lantai 3 dimanfaatkan untuk taman, fasiltas kantin, dan café.

Lantai 4 dan 5 yang masing-masing memiliki luas 1079 m2 merupakan kawasan kelas. Lantai 4 memiliki 10 ruang kelas dan lantai 5, 10 ruang kelas.

Sedangkan lantai 6 dengan luas 1079 m2, semuanya di alokasikan untuk ruang aula yang dilengkapi dengan ruang persiapan. Selain sebagai aula, lantai 6 ini bisa juga dimanfaatkan sebagai lapangan olahraga indoor.

Adapun lantai 6A atau lantai 7 dengan luas 377 m2 sebagai atap dengan desain damar kurung yang merupakan ikon khas kota Gresik. Dan untuk mempermudah mobilitas siswa dan guru, gedung ini dilengkapi dengan dua unit lift dari lantai 1–6A dengan kapasitas 13 orang, tangga, dan CCTV.

“Semoga pembangunan ini sesuai target dan pada bulan Juli 2021, Smamsatu Gresik bisa hijrah dan menempati gedung baru,” tandasnya. (*)

Rudi Ihwono, S.Kom.

Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana & Prasarana, SMA Muhammadiyah 1 Gresik

Share this: