Sejarah Berdirinya

SMA Muhammadiyah 1 Gresik

Gedung SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang terletak di Jl. KH.Kholil Nomor 90 Gresik yang pada bulan Juli 2021 akan berpindah ke area GKB tepatnya di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo 162 Gresik.

Gerbang Masuk Perguruan Muhammadiyah Cabang Gresik Jl. KH. Kholil 90 Gresik Dipotret Pada Tahun 1972.

Para siswa SMA Muhammadiyah Gresik pada tahun 1971 Sedang Beraktivitas

Sejarah Singkat Berdirinya SMA Muhammadiyah 1 Gresik

SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada masa awal berdirinya tepatnya pada tahun 1965 atau 55 tahun yang lalu belum memiliki gendung sendiri, dan gedung sebagai sarana belajar mengajar pada saat itu masih harus meminjam lokal milik SMP Negeri 2 Gresik. Baru beberapa tahun kemudian mempunyai lokal sendiri, namun masih dalam kondisi memprihatinkan berlantai tanah, tidak ada listrik, dan lain- lain. Sungguh suatu perjalanan yang panjang dan berat, butuh pengorbanan moril dan material.

Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 1 September 1965 SMA Muhammadiyah 1 Gresik oleh Pimpinan Muhammadiyah Cabang Gresik disahkan izin berdirinya dengan surat keputusan nomor 10/A-2/1965. Proses belajar mengajarnya mulai diselenggarakan pada tanggal 1 September 1966 dengan lokal masih meminjam milik SMP Negeri 2 Gresik (atas izin kepala sekolah dan persetujuan Kepala Perwakilan Departemen P dan K Propinsi Jawa Timur).

Pada tanggal 22 Desember 1976 Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengesahkan pendirian SMA Muhammadiyah 1 Gresik dengan surat keputusan nomor 1076/M/412/III/20. Pengesahan ini merupakan satu bukti bahwa eksistensinya diakui di lingkungan pendidikan Muhammadiyah secara nasional dengan diterbitkan Piagam Pendirian Perguruan Muhammadiyah Nomor 1337/II-01/Tm.65/1978 tertanggal 5 Dzulhijjah 1938 H bertepatan dengan tanggal 6 Mei 1978.

Keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Gresik tentunya menyadari bahwa tanggungjawab tersebut bagaimanapun beratnya harus dilakukan, sehingga perjuangan itu menjadi bermakna. Menyadari pentingnya memiliki gedung sekolah sendiri sebagai sarana utama proses belajar mengajar, maka keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Gresik secara bertahap mengusahakan pendirian komplek perguruan Muhammadiyah 1 Gresik menempati lahan milik sendiri di Jalan KH. Kholil 90 Gresik yang berdiri sampai sekarang ini.

Setelah hadir di tengah-tengah masyarakat dengan segala kemandiriannya, maka SMA Muhammadiyah 1 Gresik mulai beranjak membangun prestasi.

  1. Berbantuan, tahun 1977.
  2. Diakui, tahun 1983.
  3. Disamakan, 1989.
  4. Terakreditasi A, tahun 1995.
  5. Sekolah Kategori Mandiri (SKM), tahun 2007.
  6. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tahun 2009.
  7. Terakreditasi A, 2013 – Sekarang

Pada tahun 2020 dimulailah proses pembangunan Gedung baru SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 162 GKB Gresik, yang insya Allah sekolah kita akan berpindah lokasi mulai tahun pelajaran 2021/2022 atau tepatnya pada bulan Juli 2021.

Latar Belakang Berdirinya SMA Muhammadiyah 1 Gresik

KH Ahmad Dahlan membuka sekolah agama modern bernama Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah pada Desember 1911 yang merupakan cikal bakal atau embrio pendidikan Muhammadiyah di kemudian hari. Kehadiran sekolah agama modern inilah yang kemudian menginspirasi Kyai Dahlan untuk mendirikan organisasi modern sebagai payung untuk melindungi dan menjaga keberlanjutan sekolah agama modern yang baru didirikannya itu, sehingga tahun 1912 berdirilah organisasi modern bernama: Muhammadiyah.

Latar belakang didirikannya SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada awalnya sudah berdiri SMP Muhammadiyah 1 Gresik, pada awalnya SMP Muhammadiyah 1 Gresik oleh masyarakat Gresik sering disebut dengan “SMPM” tanpa angka satu di belakangnya karena sekolah ini satu-satunya sekolah swasta pertama di tahun 1956 yang memulai eksis menjalankan amanah melayani pendidikan di Kota Pudak ini. Untuk memberikan layanan pendidikan lanjutan maka perlu didirikannya tingakatan pendidikan menengah atas Muhammadiyah maka 9 tahun kemudian berdirilah SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Selain itu pula sebagai salah satu sekolah swasta tertua di wilayah Gresik, sekolah kami bisa menjadi pilihan pelajar-pelajar di kota santri yang bukan lulusan SMP Muhammadiyah 1 Gresik untuk melanjutkan pendidikannya.

Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd

Wakil Kepala Sekolah Bidang HUMAS, SMA Muhammadiyah 1 Gresik

Share this: