TENTANG KAMI

SEJARAH SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Semua berawal dari 1 September 1965

Bersama berjalannya waktu dan proses yang panjang, SMA Muhammadiyah 1 Gresik mampu mewujudkan dirinya sebagai sekolah yang diminati pelajar Gresik dan sekitarnya. Masa-masa sulit akrab dalam perjalanannya. Pada awal berdirinya, SMA Muhammadiyah 1 Gresik belum memiliki gendung sendiri, dan gedung sebagai sarana belajar mengajar pada saat itu masih harus meminjam lokal milik SMP Negeri 2 Gresik. Baru beberapa tahun kemudian mempunyai lokal sendiri, namun masih dalam kondisi memprihatinkan berlantai tanah, tidak ada listrik, dan lain- lain. Sungguh suatu perjalanan yang panjang dan berat, butuh pengorbanan moril dan material.

Pada tanggal 1 September 1965 SMA Muhammadiyah 1 Gresik oleh Pimpinan Muhammadiyah Cabang Gresik disahkan izin berdirinya dengan surat keputusan nomor 10/A-2/1965. Proses belajar mengajarnya mulai diselenggarakan pada tanggal 1 September 1966 dengan lokal masih meminjam milik SMP Negeri 2 Gresik (atas izin kepala sekolah dan persetujuan Kepala Perwakilan Departemen P dan K Propinsi Jawa Timur).

Sejak saat itu mulai diletakkan pondasi dasar untuk mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah. Dengan langkah pasti dan dilandasi dengan perjuangan yang ikhlas misi pendidikan umat dan misi pendidikan bangsa untuk mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah itu sendiri. Pada tanggal 22 Desember 1976 Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengesahkan pendirian SMA Muhammadiyah 1 Gresik dengan surat keputusan nomor 1076/M/412/III/20.

Pengesahan ini merupakan satu bukti bahwa eksistensinya diakui di lingkungan pendidikan Muhammadiyah secara nasional dengan diterbitkan Piagam Pendirian Perguruan Muhammadiyah Nomor 1337/II-01/Tm.65/1978 tertanggal 5 Dzulhijjah 1938 H bertepatan dengan tanggal 6 Mei 1978. Selain itu, secara otomatis mengemban tugas dan tanggungjawab mencapai misi tujuan pendidikan Muhammadiyah.

Keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Gresik tentunya menyadari bahwa tanggungjawab tersebut bagaimanapun beratnya harus dilakukan, sehingga perjuangan itu menjadi bermakna. Menyadari pentingnya memiliki gedung sekolah sendiri sebagai sarana utama proses belajar mengajar, maka keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Gresik secara bertahap mengusahakan pendirian komplek perguruan Muhammadiyah 1 Gresik menempati lahan milik sendiri di Jalan KH. Kholil 90 Gresik yang berdiri sampai sekarang ini. Setelah hadir di tengah-tengah masyarakat dengan segala kemandiriannya, maka SMA Muhammadiyah 1 Gresik mulai beranjak membangun prestasi.

Berbagai perbaikan terus dilakukan demi tercapainya tujuan pendidikan Muhammadiyah. Adapun urutan status sekolah sebagai pengakuan dari pemerintah dari awal hingga kini adalah sebagai berikut:Berbantuan, tahun 1977

  1. Diakui, tahun 1983
  2. Disamakan, 1989
  3. Terakreditasi A, tahun 199
  4. Sekolah Kategori Mandiri (SKM), tahun 2007
  5. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tahun 2009

Peningkatan status bukan tujuan final bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah, tapi lebih merupakan sarana koreksi diri dalam peningkatan prestasi baik pengelolaan, penyelenggaraan, dan operasional. Peningkatan status ini merupakan kerja keras dan kerja sama antara Majelis Dikdasmen 2Dokumentasi SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

PCM Gresik, Majelis Dikdasmen PDM Gresik, Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Komite sekolah dan berbagai instansi terkait. Dalam rangka memperbaiki kualitas dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, pada tahun 2009 SMA Muhammadiyah 1 Gresik mulai menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan mendapatkan sertifikasi dari Global CertificationIndonesia nomor registrasi: 58Q10516