Hari ini tepat pada Selasa 10 November 2020 Indonesia memperingati dan merayakan Hari Pahlawan (Harwan) Nasional. Sesuai dengan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan, Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Keppres yang ditandatangani oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, bertepatan di tahun 2020 menjadi Hari Pahlawan yang ke-75. Perayaan nasional Hari Pahlawan tahun 2020 mengusung tema ‘Pahlawan Sepanjang Masa’, dengan maksud mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

“Melalui peringatan Harwan tahun 2020 di tengah pandemi covid 19, diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartisipasi dan menggunakan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan,” dikutip dari edaran resmi pedoman pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 yang ditandatangani Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Edi Suharto dan Ketua Umum Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan 2020 Helmy Yahya.

Perayaan dan peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 mengusung tema ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’.

Desain logo Harwan 2020 mengambil warna pokok bendera Indonesia, merah dan putih. Berbentuk lingkaran sempurna dan diiringi dengan tulisan tema Pahlawanku Sepanjang Masa – Hari Pahlawan 2020. Bendera Indonesia melintang panjang melewati sosok siluet hitam yang membawa bambu runcing yang diikatkan bendera merah-putih dan dibawa dengan gagah. Sosok itu bisa diinterpretasikan sebagai perwakilan muda-mudi Indonesia yang berusaha dan berjuang melanjutkan kembali perjuangan para pahlawan.

Share this: