Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dan tahun ini bertepatan dengan hari ini, Kamis (12/11/2020).

Hari Ayah merupakan hari untuk menghormati sosok bapak dalam keluarga, ikatan serta pengaruh ayah dalam masyarakat. Di Indonesia, Hari Ayah yang diperingati setiap 12 November bukanlah menjadi hari libur umum.

Dikutip dari Sahabat Keluarga Kemdikbud, Hari Ayah Nasional yang diperingati di Indonesia lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).Tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Acara ini mendapat sambutan yang baik di mana kemudian ada 70 surat terbaik dibukukan dan beberapa di antaranya dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa serta umum.Setelah acara tersebut berakhir, panitia penyelenggara justru mendapat pertanyaan para peserta, seperti “Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”Pertanyaan yang diajukan itu menggugah hati PPIP untuk mencari informasi kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia.

PPIP lalu menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah, hanya saja, PPIP saat itu tidak menemukan jawaban memuaskan. Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, mereka kemudian menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Share this: