SMAM1GRESIK.SCH.ID – Perasaan Bahagia bercampur haru tergambar dari wajah – wajah siswa Smamsatu Gresik yang mengikuti Lomba Pidato Bahasa Inggris dan juga pembina saat mendengar pengumuman pemenang “Awarding Session” ME Awards 2020, secara daring melalui platform zoom (26/12/2020)

Bagaimana tidak, 4 dari 6 siswa yang dikirimkan untuk mengikuti lomba bergengsi untuk sekolah Muhammadiyah Tingkat Nasional tersebut, berhasil meraih Juara, antara lain: Juara 1, Special Award ke – 1, Special Award ke – 3 dan Special Award ke – 6. Dan itu menasbihkan Smamsatu Gresik menjadi Juara Umum Lomba Pidato Bahasa Inggris (English Speech) ME Awards 2020.

“Saya sangat bahagia dan terharu serta langsung melakukan sujud syukur setelah mendengar pengumuman juara tersebut. Bagaimana tidak, dengan waktu yang hanya 2 minggu, dan melakukan bimbingan hanya 3 kali, kami berhasil meraih 4 Juara dan menjadi Juara Umum dalam Lomba ini. Anak – anak dan semua stakeholder sekolah telah melakukan hal yang luar biasa,” kata M. Ali Safa’at, S.Pd – Pembina Lomba Pidato Bahasa Inggris Smamsatu Gresik.

Dan sudah barang tentu keberhasilan tersebut tidak langsung didapatkan begitu saja, tapi ada beberapa rahasia sukses dari para peraih juara lomba pidato Bahasa Inggris ME Awards 2020 ini, antara lain:

Yang pertama, disampaikan oleh peraih Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris ME Awards 2020, Atiiq Anggraini Nursyahbani – XII MIPA 1 International Class Orientation.

Atiiq Anggraini Nursyahbani

Putri pasangan Tawang Arief. N dan Siti Nurjannah ini menyampaikan bahwa ada 4 rahasia sukses dalam meraih Juara, antara lain:

Mempersiapkan konsep dan persiapan lomba dengan sebaik mungkin dengan mencari referensi seluas mungkin, bisa dari internet ataupun buku.

Jika mengalami kesulitan bisa meminta bimbingan dan bantuan dari bapak ibu guru, tak perlu malu karena tentu saja bapak ibu guru pasti akan memberikan yg terbaik untuk murid-muridnya.

Jangan membuang – buang waktu karena merasa deadline lomba masih panjang, manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Latihan dengan terus menerus, percaya akan kemampuan diri sendiri, dan selalu libatkan diri dengan Allah agar diberikan hasil yang terbaik.

Selanjutnya, rahasia sukses lainnya disampaikan oleh Aminuddin Muhibullah – XII MIPA 1 International Class Orientation, peraih Special Award ke – 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris ME Awards 2020.

Aminuddin Muhibullah

Anak yang suka bermain game online dan ingin melanjutkan studinya di Jurusan Informatika – ITS ini mengatakan bahwa rahasia suksesnya adalah ia selalu melatih Bahasa Inggrisnya langsung dengan native speaker (orang luar negeri)

“Ketika aku bermain game online, aku selalu berkomunikasi dengan orang – orang yang ada di server. Karena di satu server itu tidak cuma orang Indonesia saja, ada juga dari negara lain, jadi kita berkomunikasi pakai Bahasa Inggris. Aku juga jarang melihat Youtube atau Instagram yang berkonten Indonesia, hampir selalu Bahasa Inggris. Dari situ, aku bisa mempelajari cara mereka mengatakan sesuatu dalam Bahasa Inggris,” katanya.

Yang ketiga, rahasia sukses disampaikan oleh Naura Nabilla Muttaqin – X IPS 1, putri dari Ainul Muttaqin, S.P, M.Pd – Kepala Smamsatu Gresik.

Naura Nabilla Muttaqin

Kepada kontributor melalui aplikasi WhatsApp, anak yang suka membaca dan ingin melanjutkan studinya di Psikologi – Unair ini mengatakan bahwa rahasia suksesnya adalah ia selalu mencoba menemukan potensi diri, tidak takut untuk mencoba dan menerima setiap kesempatan yang diberikan.

“Dan yang terpenting, kita harus senantiasa berdo’a kepada Allah SWT,” katanya.

Yang terakhir, rahasia sukses disampaikan oleh Cahya Prismoida Sholla – XII MIPA 1 International Class Orientation, peraih Special Award ke – 6 Lomba Pidato Bahasa Inggris ME Awards 2020.

Cahya Prismoida Sholla

Putri dari pasangan Siswo Hadi Purnomo dan Nur Dwi Umi Abiati ini mengatakan bahwa rahasia suksesnya adalah ia selalu meminta do’a restu orang tua sebelum lomba, karena do’a serta restu orang tua adalah yang utama.

“Kemudian terus berlatih dan belajar dari kegagalan, serta memperbanyak do’a kepada Allah SWT,” tambahnya.

Berikut ini adalah para juara SMA/MA di lomba English Speech

1. First Champion (Gold Award), Atiiq Anggraini Nursyabani, SMA Muhammadiyah 1 Gresik
2. Second Champion (Silver Award), Yoraisa Ghany Setiawan, SMA Muhammadiyah 10 GK
3. Third Champion (Bronze Award), Sekar Wangi Laila Noer, SMA Muhammadiyah 2 Surabay
4. Special Award Champion, Aminudin Muhibbullah, SMA Muhammadiyah 1 Gresik
5. Special Award Champion, Rayzan Rahmananda, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
6. Special Award Champion, Naura Nabila Muttaqin, SMA Muhammadiyah 1 Gresik
7. Special Award Champion, Al Uyuna Galuh Cantika, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
8. Special Award Champion, Olivia Allika Balqis, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
9. Special Award Champion, Cahya Prismoida Sholla, SMA Muhammadiyah 1 Gresik
10. Special Award Champion, Rahma Kamila, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Share this: