Select Page

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Smamsatu Gresik. Dan tidak tanggung – tanggung, prestasi kali ini berlevel Internasional, yaitu lewat Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd – Guru Bahasa Inggris Smamsatu Gresik yang berhasil masuk menjadi 50 guru terbaik dari seluruh Propinsi di Indonesia, yang akan mengikuti kegiatan Workshop ALCoB Internet Volunteer (AIV) 2021 secara virtual.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Workshop ALCoB Internet Volunteer (AIV) 2021 secara virtual ini
diselenggarakan oleh Balitbang dan Perbukuan Kemendikbudristek selaku focal point APEC Human Resources Development Working Group (HRDWG) Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Korea Selatan dan Institute of APEC Collaborative Education (IACE).

Untuk lolos dalam kegiatan ini, Mr. Vicky, yang juga merupakan Waka Humas Smamsatu Gresik ini mendaftarkan diri di situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar literasi, kemampuan komunikasi aktif menggunakan Bahasa Inggris secara aktif dan mampu menguasai perangkat maupun aplikasi teknologi informasi.

“Alhamdulillaah setelah mendaftar dan menjawab beberapa pertanyaan di situs Kementerian, saya bisa lolos dan berhasil bergabung dengan 50 Guru terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan ini” katanya.

Selain diikuti oleh 50 guru terbaik dari Indonesia, Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta lain yang berasal dari Malaysia, Filipina dan Thailand.

“Mereka juga mendelegasikan 50 peserta untuk mewakili negaranya masing-masing,” kata Mr. Vicky, panggilan akrab Akhmad Akmal Rifqi.

Kegiatan yang luar biasa ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari, Senin (23/8/2021) hingga Jumat (27/8/2021).
Dan tema yang diambil adalah ‘Building resilience in education against the COVID-19 pandemic by enhancing digital and cultural literacy of teachers in the APEC region’.

Menurut Mr. Vicky, dalam kegiatan ini peserta akan mendapatkan kesempatan belajar mengembangkan konten/materi pembelajaran berdasarkan pendekatan ‘problem based learning’ berdasarkan metodologi mengajar yang diintegrasikan pada berbagai mata pelajaran.

Foto: Akhmad Akmal Rifqi, Guru Bahasa Inggris SMA Muhammadiyah 1 Gresik – Lokasi: Petronas Tower, Kuala Lumpur, Malaysia

Setelah mengikuti kegiatan ini nantinya, Mr. Vicky sangat berharap bisa meraih beberapa hal, antara lain:

Baca Juga:  Tiga Pesan Penting Kadinas Pendidikan Jawa Timur Pada Kegiatan PMO Sekolah Penggerak di Smamsatu

a. Membangun dan mengembangkan forum pertukaran informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan di bidang pendidikan melalui cyber media (Internet), serta saling memelihara dan membina network yang telah terbentuk dan terjalin.

b. Meningkatkan dan mengembangkan potensinya di bidang ICT, khususnya multimedia yang diintegrasikan dalam pembelajaran di kelas.

c. Mampu mengembangkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan informasi yang diperoleh dari workshop ini kepada komunitas di sekolah masing-masing maupun dalam lingkup yang lebih luas.

d. Memperoleh ilmu dan pengalaman baru dari para instruktur yang berasal dari Korea Selatan.

Disisi lain, keberhasilan Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd menjadi peserta dalam kegiatan Workshop ALCoB Internet Volunteer (AIV) 2021 ini membuat Ainul Muttaqin, S.P., M.Pd, – Kepala Smamsatu Gresik bangga dan sangat bersyukur.

“Saya bersyukur Mr Vicky bisa terpilih sebagai relawan dalam kegiatan ini, dimana ada 50 relawan yang akan mengikuti program kerjasama antara kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Republik Indonesia dengan kementerian pendidikan Korea Selatan ini,” katanya.

Menurut Ainul, ini adalah sebuah capaian membanggakan dari salah satu guru Smamsatu yang sekaligus wakil kepala sekolah bidang Humas.

“Prestasi ini tentu tidak hanya membanggakan Smamsatu, namun juga membanggakan bagi Muhammadiyah karena beliau menjadi satu-satunya wakil dari lembaga pendidikan Muhammadiyah,” katanya.

Ainul berharap, semoga dengan capaian ini bisa menambah wawasan, jejaring, dan pemicu bagi prestasi-prestasi lain yang bisa meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Smamsatu, Muhammadiyah, dan tentu Bangsa Indonesia.

Inilah daftar nama 50 Guru Indonesia yang mengikuti kegiatan ALCoB Internet Volunteer (AIV) 2021:

Penulis: M. Ali Safa’at, S.Pd.
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Jelang Lebaran, IPM Smamsatu Gresik Salurkan Ratusan Paket Zakat Fitrah
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00