Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID– Bimbingan dan Konseling SMA Muhammadiyah 1 Gresik menyelenggarakan event Roadshow pengenalan Kampus dan Program Schematics ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) secara virtual melalui platform zoom, pada Hari Jumat 20 Agustus 2021 pukul 08.15 – 10.00 WIB.

Wiwit Rahmya Rosintan, M. Psi., psi. selaku Koordinator BK Smamsatu dan sekaligus moderator dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa:

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan layanan orientasi dan informasi tentang berbagai Jurusan atau Program Studi di Kampus, jalur masuknya, dan tentunya event perlombaan yang bisa di ikuti oleh para peserta didik untuk bisa menambah pengalaman dan termotivasi untuk terus berkarya di masa pandemi ini.

Serta terus menyiapkan diri untuk mewujudkan mimpi atau cita-citanya yang sudah tertuang dalam “Proposal Karir Masa Depanku” terutama pada bagian perencanaan karir setelah SMA, katanya.

Selain itu, ibu dua anak ini juga memiliki harapan agar kegiatan zoom seperti ini akan terus berkesinambungan dan memberikan ruang bagi semua Instansi Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Sekolah Kedinasan maupun Studi ke Luar Negeri untuk bisa roadshow virtual di Smamsatu.

Baca juga: Sering Latihan Berbicara Bahasa Inggris Didepan Cermin, Alumni Smamsatu Ini Diterima Di EF Campus New York – Amerika Serikat.

Sementara itu, kegiatan yang luar biasa ini dihadiri oleh banyak sekali partisipan, mulai dari Wali Kelas, Perwakilan Pimpinan Sekolah, Tim BK, Tim Presenter ITS, dan tentunya peserta didik kelas X, XI dan XII, bahkan ada beberapa Wali Siswa yang turut ikut mendampingi dan ijin untuk turut mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulillah cukup banyak, target kami 200 partisipan, ternyata ada 350 lebih partisipan zoom yang bertahan selama 2 jam mengikuti kegiatan ini,” kata Wiwit.

Sedangkan, untuk Pemateri dalam acara ini, adalah para generasi milenial yaitu para mahasiswa ITS yang merupakan panitia program Schematics yang ingin berbagi informasi, pengalaman dan event lomba bergengsi yang bisa di ikuti oleh seluruh peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Peserta didik SMAMSATU Gresik antusias mengikuti kegiatan pengenalan Kampus ITS dan Berbagai Kegiatan Kampus Lainnya secara virtual.

Adapun pematerinya adalah sebagai berikut :

Baca Juga:  Peserta MTFS Se-Indonesia Kunjungi Smamsatu

1. Muhammad Afif Dwi Ardhiansyah
Alamat : PPI, Manyar Gresik
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2020

2. Fidhia Ainun Khofifah
Alamat : Perum Petrokimia Gresik
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2019

3. Fadhil Dimas Sucahyo
Alamat : Perum Bukit Randu Agung Indah, Kebomas, Gresik
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2019

4. Danial Farros Maulana
Alamat : Melirang, Bungah, Gresik
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2020

5. Helsa Nesta Dhaifullah
Alamat : Jl. R.A.Kartini – Gresik
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2020

6. Muhammad Akmal Rishwanda
Alamat : Jln. Dr Wahidin Sudirohusodo – Gresik
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2020

7. Muhammad Daffa Aldriantama
Alamat : Jakamulya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2020

8. Frans Wijaya
Alamat : Jln. Tebo Selatan Perumahan P.C.I., Malang
Jurusan : S-1 Teknik Informatika
Tahun masuk : 2019

Para Pemateri tersebut bergantian bicara, dan sangat interaktif, menjadikan kegiatan ini seperti semi talkshow sehingga mengalir dan waktu 2 jam tidak terasa.

“Ternyata pemateri muda untuk para pemuda atau generasi milenial itu sangat cocok sekali, mereka antusias mendengarkan dan merespon informasi dari kakak – kakak mahasiswa ITS yang menjabarkan slide demi slide powerpointnya. Pada sesi tanya jawab-pun banyak sekali yang bertanya dan saling memotivasi untuk bisa bergabung kuliah di ITS serta ingin mencoba ikut aktif dalam event perlombaannya,” kata Wiwit.

Selaku Koordinator BK dan sekaligus moderator dalam kegiatan ini, Wiwit Rahmya Rosintan, M. Psi., psi. , merasa sangat terkesan dengan antusias peserta didik untuk mengikuti kegiatan ini, melihat terjadinya pertukaran informasi yang efektif dan produktif antar para generasi milenial di dalam room zoom tersebut.

Baca Juga:  Pembelajaran Prodistik Smamsatu, Terapkan Teknik Panning yang Tak Bikin Pening

Baca juga: Membanggakan, Guru Smamsatu Gresik Akan Wakili Indonesia Ikuti Event Internasional

“Kakak ITS menyemangati adik kelasnya, dan sebaliknya adik kelasnya sopan dan santun dalam mengajukan pertanyaan tentang perkuliahan maupun event lomba di ITS tersebut,” tambahnya.

Selain itu, menurutnya, Event seperti ini dirasa jauh lebih efektif, daripada hanya sekedar guru BK saja yang memberikan layanan informasi dan orientasi tentang karir setelah SMA pada peserta didik.

“Sungguh terlihat manfaat adanya tutor – tutor sebaya di dalam kegiatan roadshow pengenalan kampus hari ini. Perencanaan karir setelah SMA, dibutuhkan tutor-tutor sebaya, para mahasiswa yang berkenan berbagi dengan adik kelasnya,” katanya.

Terakhir, Wiwit berharap, semoga kegiatan layanan BK online ini bermanfaat dan mampu memberikan suntikan semangat bagi seluruh peserta didik untuk bertahan “sehat jiwa & raga” di masa pandemi ini.

Baca juga: Buat Proposal Karir Masa Depan, Terobosan Baru Program Bimbingan Konseling Smamsatu

Penulis: M. Ali Safa’at, S.Pd.
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00