Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Smamsatu Gresik memang dikenal memiliki banyak program unggulan, salah satunya adalah Program Unggulan yang dimiliki oleh bagian Ismuba, yaitu program Qiyamullail (Sholat Tahajud). (27/8/2021)

Program tersebut, biasanya dilakukan di sekolah dan di wajibkan bagi seluruh peserta didik Smamsatu Gresik. Namun, karena saat ini masih dalam keadaan Pandemi, maka kegiatan tersebut dilakukan secara virtual dan dirumah masing-masing.

Baca juga: Smamsatu Akan Melakukan Sister School dan Kerjasama Dengan Sekolah Serta Kampus Luar Negeri

Meskipun demikian, itu tidak sama sekali mengurangi makna dan nilai dari kegiatan yang luar biasa ini. Para peserta didik tetap bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan lancar.

Kegiatan ini sendiri dimulai pukul 19.30 WIB melalui aplikasi zoom meeting, diawali dengan kegiatan presensi yang dilakukan oleh wali kelas, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan yang diberikan oleh para ustadz dan ustadzah dimasing-masing kelas, mulai dari kelas X – 1 s/d X – 7.

Baca juga: Smamsatu Gresik Adakan Roadshow Pengenalan Kampus ITS Secara Virtual

Pada pukul 20.10 kegiatan pembekalan selesai dilaksanakan, peserta Qiyamullail dipersilahkan untuk meninggalkan zoom. Tetapi sebelumnya, Wali kelas sudah memberikan pesan dan nasihat, agar peserta Qiyamullail bisa tidur lebih awal, sehingga besok bisa bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan Sholat Qiyamullail (Tahajud)

Tepat pukul 02.30 pagi, para wali kelas mulai membangunkan anak didiknya melalui group Whatsapp, agar segera bangun, berwudlu, dan melaksanakan kegiatan sholat Qiyamullail.

Elgin Sadiya Adiningrum (X – 3 Reguler sedang melakukan sholat Tahajud dirumah nya. (Foto : Istimewa)

Setelah melaksanakan Qiyamullail, peserta didik melakukan presensi kehadiran, melakukan koordinasi lewat zoom dan menuliskan kesan terhadap kegiatan ini.

Baca juga: Sering Latihan Berbicara Bahasa Inggris Didepan Cermin, Alumni Smamsatu Ini Diterima Di EF Campus New York – Amerika Serikat.

Banyak dari peserta Qiyamullail tersebut yang merasa bahagia bisa mengikuti dan melaksanakan kegiatan ini. Karena ada dari mereka yang melakukan ini untuk pertama kalinya. Dan setelah melaksanakan kegiatan Qiyamullail ini, mereka merasa semua masalah dan bebannya hilang dalam sekejap. Seperti halnya yang disampaikan oleh Amanda Dhieka Maharani (Kelas X – 3 Reguler)

“Saya bersyukur bisa bangun sepagi ini untuk melaksanakan sholat tahajud. Jujur ini baru pertama kali saya melakukan sholat tahajud. Dan setelah sholat tahajud saya merasa bahwa semua masalah beban hilang dalam sekejap. Semoga saya bisa Istiqomah melaksanakan sholat tahajud ini, Aamiin,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Aulia Salsabila Putri (X – 3 Reguler) yang juga sangat bahagia dengan sholat Tahajud pertamanya.

“Alhamdulillah, saya sudah selesai melakukan sholat tahajud, dan bisa dibilang ini baru pertama kali saya sholat tahajud. Dan saya merasa sangat baik setelah melakukannya. Semoga saya bisa Istiqomah menjalaninya,” katanya.

Sama halnya dengan Amanda dan Aulia, Elgin Sadiya Adiningrum (X – 3 Reguler) juga sangat bahagia dan terkesan dengan kegiatan ini, bahkan ia merasa ketagihan untuk melakukannya lagi.

“Setelah melaksanakan sholat tahajud, saya ingin terus melaksanakannya lagi, karena saya lebih sering terbangun saja dan kembali tidur dibanding terbangun kemudian melakukan shalat tahajud. Semoga saya bisa Istiqomah untuk menunaikan shalat tahajud,” katanya.

Peserta Qiyamullail lainnya, Mylinda Gadis Berliana Wijaya (X – 3 International Class Orientation) menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat menarik, dan ia mengucapkan terima kasih kepada Smamsatu Gresik untuk kegiatan ini.

“My experience during the Qiyamul Lail program at smamsatu was very interesting and impressive. I am grateful that this program made me learn to wake up at night to perform the tahajjud prayer. Thanks smamsatu. (Pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Qiyamullail ini adalah, ini merupakan kegiatan yang menarik dan mengesankan. Saya bahagia, kegiatan ini bisa melatih saya untuk bangun malam dan melaksanakan Sholat Tahajjud. Terima kasih Smamsatu),” katanya.

Dan pastinya masih banyak lagi kesan – kesan yang luar biasa dari peserta Qiyamullail untuk kegiatan yang positif ini.

Penulis: M. Ali Safa’at, S.Pd.
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin