Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Smamsatu Gresik selalu mempunyai program – program unggulan Inovatif yang bisa memotivasi peserta didik ataupun wali peserta didiknya untuk mengembangkan diri.

Seperti program unggulan yang dimiliki Humas Smamsatu Gresik, yaitu parenting education, dimana peserta didik dan wali peserta didik akan mendapatkan materi dari psikolog ataupun pakar pendidikan, tentang hal – hal yang penting dan berguna bagi masa depan mereka.

Selain itu ada program kelas passion dari Kurikulum, yaitu program yang mewadahi minat dan bakat peserta didik, sehingga mereka bisa mengembangkan diri mereka. Di program ini sendiri, ada tujuh kelas passion yang bisa diikuti oleh peserta didik Smamsatu Gresik, yaitu kelas Tahfidz, Kesehatan, Entrepreneur, Psikologi, Teknik, Seni dan Literasi.

Baca juga: Inilah Kesan Peserta Qiyamullail Smamsatu: Alhamdulillah Masalah Dan Beban Hilang Dalam Sekejap

Ada juga program dari Kesiswaan, yaitu Upacara Virtual setiap hari Senin, dimana petugas upacara nya giliran mulai dari kelas X dan kelas XII. Program ini diharapkan bisa menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan rasa cinta kepada Negara Indonesia.

Dan yang tak kalah penting, adalah program Spiritual Morning Activity and Muraja’ah (SMAM) dari Ismuba. Program ini dilaksanakan setiap hari senin sampai Kamis, mulai pukul 07.00 – 08.00 WIB, sebelum pembelajaran jam pertama dimulai.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Ismuba, Muhammad Marzuki Yatim, S.Pd Fis., program Spiritual Morning Activity and Muraja’ah ini bertujuan untuk:

Yang pertama, sebagai media wali kelas untuk memotivasi, menyampaikan info dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti Proses Belajar dan Mengajar (PBM).

“Jadi jika ada peserta didik yang memiliki masalah dan mau curhat, bisa di curhatkan dulu kepada wali kelasnya, sehingga wali kelas bisa memberikan solusi dan siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan tenang,” katanya.

Yang kedua, diharapkan kegiatan SMAM ini bisa menunjang kemampuan dasar beribadah peserta didik sesuai pemahaman Muhammadiyah. Karena menurut Marzuki dalam kegiatan SMAM ini, ada beberapa materi yang disampaikan melalui Kultum baik oleh wali kelas ataupun peserta didik yang berkaitan dengan ibadah, mulai dari Wudlu, Tayyamum, Gerakan Sholat, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Smamsatu Gresik Adakan Roadshow Pengenalan Kampus ITS Secara Virtual

Baca juga: Smamsatu Akan Melakukan Sister School dan Kerjasama Dengan Sekolah Serta Kampus Luar Negeri

Yang ketiga, menurut Waka yang juga guru Fisika Smamsatu ini, tujuan dari kegiatan SMAM ini adalah untuk membudayakan membaca Al Qur’an secara Istiqomah. Karena di kegiatan ini peserta didik diwajibkan membaca Al – Qur’an mulai surat Al – Fatihah (Surat ke – 1) sampai Surat An – Nas (Surat ke – 114), sesuai jadwal.

Peserta didik Kelas X – 3 International Class Orientation (ICO), ketika mengikuti kegiatan Spiritual Morning Activity and Murajaah (SMAM) (Foto : Eva Kustiana, M.Pd)

Dan yang hebat dari program unggulan Spiritual Morning Activity and Murajaah (SMAM) ini menurut Marzuki adalah kegiatan Kultum setiap hari Rabu, yang wajib dilakukan oleh semua peserta didik secara bergiliran sesuai jadwal yang telah diberikan.

Diharapkan kegiatan Kultum ini bisa menjadi media latihan dakwah peserta didik, khususnya peserta didik Muhammadiyah Boarding School (MBS) Smamsatu Gresik, sehingga muncul pendakwah – pendakwah hebat.

Selain itu, kegiatan Kultum ini juga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan berbicara dan menyampaikan pendapat di depan umum dengan sopan dan menarik (Public Speaking), serta melatih penggunaan Bahasa Asing, khususnya siswa International Class Orientation (ICO) Smamsatu Gresik.

Dan untuk tujuan melatih penggunaan Bahasa Asing, benar – benar sudah terbukti dan sudah dipraktekkan oleh peserta didik Smamsatu Gresik, khususnya kelas X – 3 International Class Orientation (ICO).

Di Kelas Internasional ini, peserta didik tidak hanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa Asing untuk menyampaikan pidato (Kultum), tapi ada juga yang menggunakan Bahasa Arab, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin. “Jadi kalau ditambah dengan Bahasa Indonesia, maka peserta didik Smamsatu, mampu melakukan Pidato (Kultum) 5 Bahasa,” kata M. Ali Safa’at, S.Pd – Wali Kelas X – 3.

Seperti yang dilakukan oleh Tsabita Amalia Aufa, yang melakukan pembukaan Kultum dengan menggunakan Bahasa Arab yang sangat lancar, dan dilanjutkan dengan Kultum tentang Tayamum dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Antrean Haji 70 Tahun, Santri MBS Madinatul Ilmi Smamsatu Manasik dengan Optimisme

Selain itu ada Vela Razita, yang menggunakan Bahasa Inggris full dari awal sampai akhir ketika memberikan Kultum tentang Tayamum. Ada juga, Imroatu Dzakiyah yang menggunakan Bahasa Jepang sebagai pembuka dan penutup Kultum nya, dan menyampaikan materi tentang Kultum tentang Tayamum menggunakan Bahasa Inggris.

Baca juga: Membanggakan, Guru Smamsatu Gresik Akan Wakili Indonesia Ikuti Event Internasional

Dan yang tidak kalah keren adalah Rifdah Aisyah Syafitri yang melakukan pembukaan dan penutupan Kultum dengan menggunakan Bahasa Mandarin, dan menyampaikan materi tentang Gerakan Sholat dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Hal tersebut jelas membuat bangga dan bahagia Wali Kelas X – 3 International Class Orientation (ICO) – M. Ali Safa’at, S.Pd.

“Saya benar-benar bangga dan bahagia melihat apa yang telah dilakukan oleh anak-anak. Saya benar-benar tidak menyangka bahwa mereka akan menggunakan Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin. Saya kira hanya Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Ini benar-benar luar biasa,” katanya.

Guru Bahasa Inggris ini berharap, kegiatan ini bisa melatih peserta didiknya untuk bisa terus berkembang dan sukses dimasa depan. Aamiin.

Penulis: M.Ali Safa’at, S.Pd.
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Kepala SMA Muhamadiyah 1 Palembang: "Satu Kata Buat Smamsatu Gresik, MENTERENG!
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00