Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID Smamsatu Gresik  selalu berusaha meningkatkan taraf pemebelajaran dan pemikiran agar menjadi sekolah yang mencerdaskan bagi seluruh masyarakat. Dengan tagline-nya sebagi sekolah be the first. Smamsatu mengadakan webinar international dengan pembicara  praktisi pendidikan yakni Dr. Ghazali Bin Taib dari Malaysia via daring (29/09/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan guru dari area Gresik dan Surabaya tersebut dilakukan mengingat pada saat ini kita memasuki era peralihan, yakni peralihan dari revolusi industri 4.0 menjadi 5.0. revolusi industri 5.0 akan memberikan keuntungan bagi kita bila kita mengabungkan pemikiran tentang intelektualitas (Kecerdasan), religiusitas (Keagamaan) dan  holistic thinking (Dr. Ghaz)

Poster Kegiatan Webinar Internasional Pendidikan

Dr Ghaz juga menyampaikan untuk membentuk siswa yang hebat dan cerdas dibutuhkan guru yang hebat dengan cara sebagai berikut:

  1. Guru yang hebat menjadikan semua topik menarik.
  2. Guru itu hebat karena kreatif (runtuhkan rutinitas).
  3. Guru yang hebat mengajar dalam konteks dengan contoh nyata.
  4. Guru yang hebat bersikap supportif.

Selain itu dalam pembelajaran guru harus memberikan landasan konsep berpikir yang kuat dan proses kritis berpikir agar siswa menjadi generasi yang kritis dan peka terhadap problematika sosial masyarakat. Selain itu tugas guru bukan memberikan judgment tetapi kita harus memberikan jalan berpikir,  ketika Ketika siswa salah dalam berpikir guru tidak langsung menyalahkan tetapi guru harus membenahi dengan menjadikan pengetahuan yang bermanfaat.

Baca juga: Inilah Yang Dirasakan Para Guru Ketika Mendampingi Qiyamul Lail Virtual Kelas XI Smamsatu Gresik

Diakhir webinar Dr. Ghaz menyampaikan bahwa ketika kita mengajar murid-murid;

Tanamkan dalam diri bapak ibu guru sekalian bahwa yang kita didik adalah pemimpin bangsa yang akan datang. Sehingga kita harus mengajar mereka dengan hati yang lapang dan mengajarkan mereka kebaikan kebaikan dalam kehidupan.

Sementara itu, ditemui di kesempatan yang lain Ainul Muttaqin, S.P, M.Pd selaku kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik menyatakan

Saya sangat bersyukur bahwa Dr. Ghazali sebagai seorang praktisi pendidikan yang berlevel internasional bisa memberikan ilmunya kepada para pendidik sehingga bisa diaplikasikan di sekolah masing-masing.

Kegiatan internasioal webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan milad ke-56 SMA Muhammadiyah 1 Gresik, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Inilah Kesan Peserta Qiyamullail Smamsatu: Alhamdulillah Masalah Dan Beban Hilang Dalam Sekejap

Penulis: Wiwit Dwi Wahyu, S.Hum.

Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00