Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Muhammadiyah Boarding School (MBS) Madinatul Ilmi Putri Smamsatu Gresik mengadakan pemilihan Ketua Umum PR. IPM MBS Putri Smamsatu Gresik, Jum’at malam, 24 September 2021, bertempat di MBS Madinatul Ilmi Putri, Jl. Nyai Ageng Arem – Arem II/20 C, Kebungson – Gresik.

Pemilihan Ketua Umum PR. IPM MBS Putri tersebut dihadiri oleh, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Muharningsih, S.Pd., M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Nurul Ilmiyah, S.Pd., Kepala SDM, Ria Desy Kurnianingrum, S.S., Pembina IPM Smamsatu, Wiwit Dwi Wahyu, S.Pd., Perwakilan IPM Daerah, serta tentunya Musyrif dan Musyrifah MBS Madinatul Ilmi Putri Smamsatu Gresik.

Baca juga: Dr. Ghazali Sampaikan 4 Cara Mendidik Siswa Menjadi Hebat dalam Webinar Smamsatu, Cara Nomor 3 Membuat Semua Guru Terkesan

Menurut Musyrif MBS Madinatul Ilmi Putri, Ustadz Al – Masyhad, proses pemilihan dilaksanakan dalam dua tahapan. Tahapan pertama di tataran para santri, mengadopsi sistem demokrasi.

“Dalam tahapan ini, seluruh santri memilih kandidat formatur yang akan menjadi Pengurus Pimpinan Ranting IPM MBS Madinatul Ilmi Putri Smamsatu Gresik,” katanya.

Selanjutnya, untuk tahapan kedua, berasaskan musyawarah, nama – nama yang muncul dalam voting tahapan ke-1, dibawa ke forum musyawarah dewan asaatidzah untuk ditetapkan pada bidangnya masing-masing.

“Dalam penetapan tersebut, setiap ustadz/ustadzah memberikan pandangan dan pertimbangan hingga terbentuklah formasi yang diinginkan,” menurutnya.

Dan dalam pemilihan tersebut, Saidatul Rohmah (Kelas XI MIPA 1 MBS ) terpilih menjadi Ketua Umum PR. IPM MBS Madinatul Ilmi Putri Smamsatu Gresik.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pengajaran, Seluruh Guru Smamsatu Ikuti Pelatihan Bahasa Inggris

Alumni Mts Muhammadiyah 9 Wotan ini sebenarnya sangat kaget dan tidak percaya bisa terpilih. Karena dia merasa ini terlalu mendadak, belum ada persiapan besar, dan ini pengalaman pertamanya. Ia mengatakan, dulu ketika waktu Mts, ia memang aktif di Organisasi IPM, namun hanya sebagai Anggota, yaitu Anggota bidang Asbo dan Perkaderan.

Baca Juga:  Pembelajaran Prodistik Smamsatu, Terapkan Teknik Panning yang Tak Bikin Pening

Namun demikian, gadis yang hobi menyanyi ini, sangat senang terpilih menjadi Ketua Umum PR. IPM, karena dengan begini, ia bisa berlatih kepemimpinan. Ia juga merencanakan untuk mengajak teman – temannya yang tidak pernah ikut berorganisasi, bisa ikut berorganisasi bersamanya.

Pengurus PR. IPM MBS Madinatul Ilmi Putri Smamsatu Gresik Periode 2021 – 2022. (Foto: M.Ali Safa’at)

Sementara itu, Kepala Smamsatu Gresik, Ainul Muttaqin, S.P., M.Pd., menyampaikan bahwa pembentukan IPM di MBS Madinatul Ilmi SMA Muhammadiyah 1 Gresik adalah bagian dari upaya kaderisasi persyarikatan. Hal ini agar linier dengan tujuan berdirinya Amal Usaha Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah.

“Selama ini yang ada adalah ISMI (Ikatan Santri Madinatul Ilmi) namun secara kaderisasi tidak in line dengan pola perkaderan yang ada di persyarikatan Muhammadiyah, sehingga sejak berubahnya pondok pesantren ini menjadi MBS diikhtiarkan untuk membuat pola perkaderan melalui IPM,” katanya.

“Tentu setelah MBS berdiri, saya khususnya yang pernah dididik di IRM sebagai nama lain IPM saat di zaman saya pelajar dulu tentu sangat bahagia dan bangga, karena InsyaAllah melalui jalur ini akan muncul kader umat, kader bangsa, dan kader persyarikatan yang unggul dari MBS Madinatul Ilmi SMA Muhammadiyah 1 Gresik,” tambahnya.

Penulis: M.Ali Safa’at.
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  IPM Bersama Komunitas Suporter & Ekstrakurikuler Smamsatu Bagikan 286 Takjil Gratis
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00