Select Page

Dalam pelajaran kimia kelas XI SMA atau Madrasah Aliyah, terdapat satu pembahasan yaitu laju reaksi. Dalam penjelasan sederhana, laju reaksi bermakna perubahan konsentrasi reaktan atu produk per satuan waktu. Untuk mengukur besaran laju dapat dilihat dari ukuran cepat atau lambat yang berpatokan pada suatu rekasi kimia. Laju reaksi mempunya satuan khusus yang bernama M/s (Molar per detik). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laju reaksi, yaitu konsentrasi, luas permukaan sentuh, suhu, dan katalis.  Percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi  menggunakan alat dan bahan yang sederhana dan dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti balon, peniti, botol dan gelas plastik bekas minuman,kulit telur,  soda kue, byclin, dan cuka.

Variabel bebas pada metode yang dilakukan dalam percobaan ini adalah jumlah soda kue, ukuran kulit telur dan adanya penambahan byclin pada larutan cuka.

Dari hasil percobaan diperoleh bahwa semakin banyak jumlah soda kue, semakin kecil ukuran kulit telur dan dengan penambahan katalis, akan mempercepat laju reaksi.

Download jurnal faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi:

JURNAL PRAKT FAKTOR – FAKTOR LAJU REAKSI

Video praktikum:

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Titik Berat Benda Bidang Tidak Beraturan
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00