Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Smamsatu Gresik kedatangan tamu istimewa, yaitu rombongan dari Majelis Dikdasmen PWM Sumatera Selatan, Majelis Dikdasmen PDM Kota Palembang, SMA Muhamadiyah 1 dan SMA Muhamadiyah 3 Kota Palembang. (12/1/2022)

Turut hadir dalam rombongan tersebut, Ketua Majelis Dikdasmen PWM Sumsel, Dr. Haryadi, M.Pd., Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Palembang, Drs. Efendi, AS. Sekretaris PDM Kota Palembang, Tarmizi Endianto, S.Sos, M.Si., Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palembang, Fatra, S.Si., S.Pd., M.Pd., Anggota Majelis Dikdasmen PDM Kota Palembang, serta guru guru dari SMA Muhamadiyah 1 dan 3 Kota Palembang, total ada sekitar 50 orang dalam rombongan tersebut.

Mereka tiba sekitar pukul 08.25 di Smamsatu Gresik, dengan menggunakan 1 Bus, dan langsung disambut oleh Ketua PDM Kabupaten Gresik beserta jajarannya, Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Gresik beserta jajarannya, Kepala Sekolah, guru serta karyawan Smamsatu Gresik.

Sesampainya di Smamsatu Gresik, para rombongan ini langsung menuju ke Ruang Inovatif untuk melakukan studi banding dan diskusi, terutama yang berkaitan dengan Muhamadiyah Boarding School (MBS).

Tidak berhenti sampai disitu, Fatra, S.Si., S.Pd., M.Pd., – selaku Kepala SMA Muhamadiyah 1 Palembang, juga berkesempatan untuk melakukan podcast yang dipandu langsung oleh host Muhammad Erza Sofiyan (siswa kelas XII MIPA 1 International Class Orientation (ICO).

Podcast tersebut terlihat sangat seru dan gayeng sekali, karena tidak hanya membahas tentang tujuan SMA Muhammadiyah 1 Palembang datang ke Smamsatu, tapi juga tentang, budaya, makanan khas, sistem pembelajaran di sekolah, Bahasa dan kesan serta pesan.

Keseruan dimulai ketika Erza menanyakan tentang, makanan khas Kota Palembang.

“Pak, kalau boleh tahu, apa sih makanan khas Palembang yang terkenal, selain empek – empek?” tanya siswa yang baru saja menjuarai Lomba Podcast Tingkat Provinsi ini.

“Sebenarnya banyak, tidak hanya empek-empek, ada juga kemplang dan juga durian Palembang. Tapi memang yang paling khas, ya empek-empek,” kata Kepala Sekolah yang murah senyum ini.

Selanjutnya, karena masih penasaran, Erza mencoba bertanya lagi.

“Pak, kebetulan saya ini kan ada keturunan Palembang, jadi saya lumayan tahu tentang empek-empek. Tapi kalau boleh tahu, selain kapal selam, apasih jenis empek-empek yang lain?. Dan apakah benar, kalau tidak makan empek – empek, ada yang kurang lengkap bagi orang Palembang?” tanya Erza

“Empek-empek Palembang itu ada 5 jenis, yaitu Kapal Selam, Lenjer, Keriting/Krupuk, Panggang dan Adaan. Dan memang ada sebagian orang Palembang, kalau sehari tidak makan empek-empek, seperti ada yang aneh, bahkan ada yang tak hirup cuka’ sehari bisa gemeteran,” kata Fatra.

Selanjutnya, Erza menanyakan tentang program sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Palembang dan kesan nya terhadap Smamsatu Gresik.

Baca Juga:  Lomba Pidato Bahasa Arab di UMG, Santri MBS Smamsatu Gresik Borong Juara

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palembang ini menjawab, bahwasanya program sekolahnya hampir sama dengan program di Smamsatu Gresik, yang membedakan adalah program MBS, oleh karena itu ia dan rombongan sangat ingin studi banding dengan program MBS Smamsatu Gresik.

Dan untuk kesan terhadap Smamsatu Gresik, pria yang selalu ceria ini mengatakan bahwa ia sangat kagum dengan Smamsatu, suasana sangat sejuk, bersih dan gagah.

“Satu kata buat Smamsatu Gresik, MENTERENG,” katanya.

Penulis: M. Ali Safa’at, S.Pd
Editor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Tonton serunya podcast di link berikut:

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00