Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Ainul Muttaqin, S.P, M.Pd bersama tim kepala SMA swasta se-kabupaten Gresik yang tergabung dalam MKKS SMA swasta kabupaten Gresik mengadakan perjalanan dinas berupa kunjungan ke beberapa lembaga pendidikan ke Surakarta, Jawa Tengah dan kota Yogyakarta selama 2 hari pada Rabu – Kamis, 26 – 27 Januari 2022.

Tujuan pertama pada kunjungan tersebut adalah Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI), kampus ini merupakan satu dari 7 perguruan tinggi negeri sejenis yang ada di Indonesia. Institut Seni Indonesia terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Ainul bersama tim MKKS Kab. Gresik sampai di kampus ISI Surakarta pada Rabu 26 Januari 2022 pukul 08.00 WIB dan disambut hangat oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain bersama semua wakil Dekan dan Kaprodi di kampus yang berlokasi di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 19 Surakarta ini.

Setelah melakukan serangkaian diskusi seputar dunia pendidikan seni, Ainul berkesempatan untuk melakukan penandatanganan dokumen kesepahaman antara SMA Muhammadiyah 1 Gresik bersama ISI Surakarta yang diwakili oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum yang dimana kedua belah pihak memiliki keinginan yang serupa untuk mengadakan kerja sama di bidang pendidikan secara lebih luas.

Ainul Muttaqin, S.P, M.Pd. Kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik bersama Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta, Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum menunjukkan nota kesepahaman yaang telah ditandatangani oleh kedua institusi.

Dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp oleh penulis pada Rabu Malam (26/1/2022) Ainul menerangkan bahwa ada 11 bentuk kerja sama antara SMA Muhammadiyah 1 Gresik dengan ISI Surakarta yakni:

  1. Apresiasi dan Pameran
  2. Pendidikan, pengembangan, pelatihan, dan bimbingan Teknis
  3. Pemagangan/ Praktik Kerja Lapang (PKL)
  4. Riset dan Teknologi
  5. Uji Kompetensi
  6. Sertifikasi kompetensi
  7. Sosialisasi dan rekrutmen calon mahasiswa
  8. Seminar
  9. Program merdeka belajar – kampus merdeka (MBKM)
  10. Kunjungan studi
  11. Pengabdian kepada masyarakat
Baca Juga:  Sering Latihan Berbicara Bahasa Inggris Didepan Cermin, Alumni Smamsatu Ini Diterima Di EF Campus New York - Amerika Serikat.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang pernah menjadi ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab. Gresik ini menegaskan alasan kenapa ingin bekerja sama dengan ISI Surakarta;

“ISI Surakarta merupakan kampus berbasis pada pengembangan seni Nusantara dan sangat cocok bagi peserta didik yang berorientasi pada nonakademik sebagai tujuan karir lanjutan.”

Pada akhir percakapan melalui pesan pendek kepada penulis, Kepala sekolah yang mempunyai hobi bermain futsal dan gowes ini mengungkapkan harapan atas tercapainya kesepakatan dengan ISI Surakarta:

“Saya berharap banyak calon mahasiswa dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang bisa melanjutkan pendidikan di kampus ini khususnya  bagi mereka yang berkeinginan mengambil konsentrasi di bidang seni rupa dan desain di ISI Surakarta, maka dengan adanya kesepakatan antara kedua lembaga hari ini harapan berikutnya adalah akan terbangun komunikasi positif untuk meningkatkan kualitas SDM dan calon mahasiswa baru di semua jalur.”

Dengan demikian harapan yang disampaikan oleh kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik tersebut semoga bisa terwujud sehingga bakat dan minat peserta didik yang berminat di bidang seni dapat tersalurkan melalui jalan melanjutkan pendidikan formal di sebuah kampus seni ternama di Indonesia, ISI Surakarta.

Kontributor:

Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

 

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Jutaan Rupiah Berhasil Didonasikan PR IPM SMAMSATU dan Suporter Aremu Lewat Aksi Galang Dana Musibah Banjir Gresik Selatan
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00