Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Tim passion psikologi SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) memiiki cara yang cukup komunikatif dan familiar untuk menarik perhatian publik. Seperti ditunjukkan ketika menjadi bagian dari Olimpiade dan Pameran Passion di Smamsatu, Minggu (30/1/2022) lalu.

Di bawah bimbingan Wiwit Rahmya Rosintan, MPsi, passion psikologi mampu menarik perhatian puluhan pengunjung yang memadati lobi Smamsatu. Dengan keahlian yang dimiliki, pengunjung, terutama anak-anak, diajak bermain edukatif. Dalam games ini, pengunjung diajak berselancar menjelajahi masa kecil masing-masing. Dengan cara itu, pengunjung pameran yang berasal dari para siswa SD dan SMP larut dalam pola permainan yang diciptakan. Bahkan tidak hanya anak-anak, para orang tua dan guru pendamping yang hadir juga ikut menikmati permainan yang disuguhkan.

Pengunjung pameran passion psikologi sedang beraktivitas melakukan permainan edukatif.

Selain teknik bermain edukatif, passion psikologi juga menyajikan layanan pengenalan kepribadian kepada pengunjung dengan metode hippokrates. Metode hippokrates diambil dari nama filsuf ternama asal Yunani, Hippocrates yang hidup pada tahun 460-370 SM. Dia berpendapat, bahwa manusia memiliki 4 jenis kepribadian. Keempatnya adalah sanguin, koleris, melankolis, dan flegmatis.

Kepribadian sanguinis lebih seperti ekstrovert. Kepribadian jenis ini cenderung ramah, selalu bersemangat, suka berbicara, dan terlihat mencolok dalam suatu kelompok. Meski bukan tipe pemimpin, pikirannya juga sering berubah-ubah. Kepribadian kholeralis sifatnya terlihat lebih keras kepala, selalu optimistis, suka memimpin, dan bersemangat, tapi juga penuh emosional.

Sedangkan kepribadian melankolis lebih sensitif, tetapi juga analitis, pendendam dan lebih mudah melihat sisi negatif, suka bergaul dan tidak suka menjadi perhatian. Tetapi kebanyakan mereka adalah pengusaha yang hebat. Terakhir adalah kepribadian flegmatis adalah orang yang penyabar, suka mencari solusi tercepat, teratur, selera humornya lebih sarkasme, dan mudah bergaul, tidak suka hal baru, juga lebih menjadi penonton.

Passion psikologi memberikan layanan pengenalan kepribadian kepada pengunjung dengan metode hippokrates.

Nah, dari jenis-jenis kepribadian itulah, pengunjung diajak mengenali dirinya, kira-kira lebih condong ke mana. Diharapkan, dengan mengenal kepribadian sejak dini, perkembangan psikologis seseorang bisa diantisipasi dengan baik untuk mendukung kesuksesan di masa depan.

Baca Juga:  Buat Proposal Karir Masa Depan, Terobosan Baru Program Bimbingan Konseling Smamsatu

Sebagai hiburan, terutama bagi anak-anak, tim passion psikologi membagikan Lolypop kepada pengunjung stand. Meski terkesan sederhana, cara itu bisa membuat komunikasi berkembang lebih cair, sehingga dalam mengikuti penjelasan tim passion psikologi, pengunjung tak jenuh dan terasa nyaman dan happy.

“Terima kasih, terima kasih, Kak,” ujar beberapa anak SD setelah menerima pembagian Lolypop dari tim di stand passion psikologi.

Sabrina Zahro, salah satu peserta passion pskologi dari kelas XI IPS 1 mengaku puas dengan pameran yang digelar Smamsatu. Dengan pameran ini, bersama teman-temannya, ia bisa memperkenalkan sekaligus menunjukkan karya yang dihasilkan selama mengikuti passion psikologi.

“Pameran terlaksana dengan baik dan lancer. Kece banget pokoknya, terus dengan adanya pameran ini, kita bisa memperkenalkan ke pengunjung tentang passion psikologi dan memperlihatkan hasil karya yang telah kita buat,” ujarnya. (*)

Penulis: Nihayatur Rohmah

 

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00