Select Page

WWW.SMAM1GRESIK.SCH.ID Program layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) pada awal pekan ini (Senin, 14/03/2022) kembali melaksanakan kerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair), khususnya dengan program studi Ekonomi Islam (Ekis). Pada kegiatan kali in, tim BK melaksanakan kegiatan Ekis Goes to Public secara hybrid.

Perwakilan Kelas X dan seluruh siswa kelas XI jurusan IPS mengikuti kegiatan secara online di sekolah, yaitu di ruang Teater SMAM 1 Gresik. Selain diikuti oleh siswa SMAM 1 Gresik, kegiatan tersebut juga diikuti oleh beberapa mahasiswa yang mendampingi secara offline dan online. Beberapa dosen pada program studi Ekis juga mengikutinya.

“Cermati dan perhatikan betul-betul sebagai bekal dan pertimbangan untuk nanti studi lanjut, baik kelas X maupun kelas XI, terutama untuk kelas XI IPS,” ujar Nurul Ilmiyan, SPd, saat membuka acara.

Kepada para siswa, Bu Il, sapaan akrabnya, memompa semangat agar mereka mempersiapkan diri dan memperhatikan berbagai macam informasi yang diterima. Hal itu, lanjutnya, sebagai bekal yang berharga untuk kesuksesan setelah lulus SMA.

Sejalan dengan yang disampaikan Bu Il, salah seorang mahasiswa Ekis, Ayunisa Dinda, yang memperoleh beasiswa dari Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan masukan seputar tips mencari peluang beasiswa untuk menempuh studi pasca-SMA. Ia sarankan agar siswa rajin menggali informasi tentang beasiswa dari sumber yang beragam.

β€œCarilah informasi mengenai beasiswa tersebut dan persiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam memperoleh beasiswa tersebut,” ujarnya.

Sementara Sulistyawan Rusgianto, SE, MIF, PhD, perwakilan Departemen Ekis, Unair mengungkapkan,Β  saat ini, Ekonomi Islam merupakan program studi favorit yang banyak digandrungi mahasiswa dan telah menjadi kelas yang mendunia. Ekis. Lanjutnya, juga menjadi salah satu solusi atas berbagai macam permasalahan di masyarakat.

Baca Juga:  Sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Ia jelaskan, Ekis tidak hanya berkutat pada bidang keuangan, tetapi juga dalam sektor industri yang berkaitan dengan lebel halal. Bahkan, kata Sulistyawan, jauh sebelumnya Ekis juga sudah diakui sejak zaman Rasulullah, khususnya terkait zakat dan sedekah.

Bayu Arie Fianto, PhD juga dari Departemen Ekis menambahkan, mahasiswa Ekonomi Islam dapat melanjutkan jenjang Pendidikan S2 dan S3 di universitas, baik di dalam maupun luar negeri, seperti The University Manchester. Penjelasan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru juga sangat menarik perhatian siswa meskipun mereka masih duduk dikelas X dan XI. Mereka nampak antusias dan bersemangat mengikuti hingga tuntas kegiatan Ekis Goes to Public.

Selain Ayunisa, ada pula Friska, mahasiswa Ekis yang masih menempuh perkuliahan dan juga kerja magang di salah satu perusahaan belanja online besar di Indonesia dan Fahmi, mahasiswa yang aktif dalam organisasi kampus dan di luar kampus. Kedua mahasiswa tersebut memberikan semangat dan berbagi pengalaman bersama siswa SMAM 1 Gresik. Para mahasiswa tersebut juga saling memberikan tips dan trik sesuai bidang masing-masing.

“Kerjakan apa pun itu sepenuh hati. Lakukan apa yang membuatmu Bahagia dan jangan menyerah apa pun yang terjadi. Banyak-banyaklah bersyukur, nikmati segala perubahan, dan jangan pernah berhenti di tengah jalan,” ujar Fahmi memompa semangat para siswa Smamsatu.

Kegiatan ditutup dengan permainan game online yang disiapkan oleh panitia. Para siswa pun kembali antusias mengikutinya. Tidak hanya itu, pada penghujung acara siswa mendapatkan informasi berbagai macam kegiatan menyenangkan yang diadakan program studi Ekis.

Koordinator BK Smamsatu, Wiwit Rahmya Rosintan, MPsi mengapresiasi aktivitas positif ini. “Alhamdulillah, acara hari ini berjalan lancer. Tidak hanya kelas X dan XI jurusan IPS yang hadir, tetapi kelas XII selesai ujian di sesi pertama juga turut hadir, yaitu mereka yang berminat melanjutkan ke jurusan Ekonomi Islam. Antusias siswa juga dapat terlihat dengan berbagai pertanyaan yang diutarakan, baik secara langsung maupun melalui room chat. Harapan saya, semoga ke depanya bisa tetap ada dan menjadi lebih baik lagi,” ujarnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Launching PPDB Smamsatu Gresik 2022 – 2023 Dibuka Langsung Oleh Dua English Native Speakers Dari Australia Dan Kanada
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00