Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID — Ada saja ide kreatif yang digagas dan diterapkan oleh guru Program Pendidikan Terapan bidang Teknologi dan Komunikasi (Prodistik) SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu), Muhammad Alvin Hilmi, S.Kom ini. Untuk memupus rasa jenuh anak didiknya dalam proses pembelajaran ia mengajak anak didiknya melakukan pembelajaran secara outdoor dan praktik langsung di lapangan, Selasa (22/3/2022)

Dengan berbekal kamera Sony A 6400, guru kelahiran Gresik, 18 Oktober 1989 ini mengajak peserta didiknya untuk praktik bagaimana mengoperasikan kamera secara manual agar bisa mengeksplor teknik fotografi secara maksimal. Tentu model pembelajaran ini tidak saja menghapus rasa jenuh di tengah rutinitas belajar di ruang kelas, peserta didik merasa fresh dan happy.

M. Alvin Hilmi, S.Kom ketika mengajarkan materi prodistik kepada peserta didik di halaman sekolah pada Selasa 22/03/2022

Ada beberapa hal yang diajarkan oleh guru yang hobi fotografi dan videografi ini kepada peserta didik kelas Multimedia dan Broadcasting. DI antaranya, bagaimana cara mengatur sutter speed, diafragma kamera, ISO, dan teknik mengambil gambar (subjek) yang bergerak cepat (panning).

Tentu saja apa yang dilakukan oleh Co-Founder Herodeco.id ini membuat peserta didiknya senang dan Bahagia. Salah satunya adalah Lisha Mar’atul Muthmainnah, siswa kelas X-1 MBS. Putri pasangan Mukhlisin dan Ummi Shalihah ini merasa senang dan bahagia bisa melakukan pembelajaran secara outdoor dan praktik langsung.

“Saya sangat senang bisa melakukan praktik langsung, karena ada sensasi yang berbada, saya juga jadi lebih paham dengan fotografi. Selain itu, belajar di luar juga bisa menghilangkan rasa jenuh,” kata peserta didik yang hobi membaca dan menulis ini.

Senada dengan Lisha, peserta didik lainnya, Ardia Syakina Akhmad, siswa kelas X-2 MBS juga merasa senang dan bahagia dengan model pembelajaran seperti ini. “Sangat excited (senang, Red) pastinya. Karena pada pembelajaran sebelumnya hanya dilakukan di dalam ruangan dan juga berupa materi atau teori mulu. Dengan adanya prodistik multimedia secara outdoor ini, kami dapat melakukan praktik langsung di lingkungan terbuka,” kata gadis kelahiran 11 April 2006 ini.

Contoh hasil fotografi yang menggunakan teknik panning. Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan benda yang bergerak. Ide dibalik teknik ini ialah mengatasi masalah mengambil gambar subjek yang bergerak cepat

Hasilnya? Ternyata, pembelajaran outdoor dan praktik langsung ini benar-benar sukses dan memberikan hasil yang luar biasa. Ini yang membuat sang guru, Alvin, sangat bahagia sekaligus kaget.

Baca Juga:  Pelajari Kurikulum Sekolah Penggerak, SMA Muhammadiyah 6 Paciran Lakukan Studi Banding ke Smamsatu Gresik

Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan sukses. Saya kaget, karena peserta didik ada yang langsung bisa mempraktikkan apa yang saya sampaikan, terutama teknik panning (teknik mengambil gambar atau subjek yang bergerak cepat). Padahal, menurut saya, ini adalah teknik fotografi yang sangat sulit. Jadi, teknik panning sekarang sudah tidak lagi bikin pening,” katanya sembari tersenyum. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00