Select Page

WWW.SMAM1GRESIK.SCH.IDBupati Kabupaten Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, S.E atau yang akrab disapa Gus Yani hadir di gedung baru SMA Muhammadiyah 1 Gresik untuk menghadiri kegiatan Sosialisasi Kebijakan Nasional Pencegahan Bagi Remaja Yang Berisiko Tinggi Penyalahgunaan Narkoba pada Senin pagi (28/03/22).

Tepat pukul 08.15 WIB, Bupati muda berusia 36 tahun datang bersama Kepala dinas pendidikan Kabupaten Gresik, S. Hariyanto, S.Pd, M.M dan Kepala BNN Gresik, AKBP Supriyanto, SH. Saat datang di lobby di sekolah bertingkat tujuh ini rombongan Bupati disambut tarian selamat datang Sekar Giri yang ditampilkan oleh para peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler tari Smamsatu Gresik.

Gus Yani Nampak memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan dan memberikan ucapan selamat kepada 5 penari tradisional yang terdiri dari peserta didik kelas X, XI dan XII ini. Nampaknya proses latihan yang dilakukan selama 2 hari tidak sia-sia karena tidak hanya Bupati yang memuji tampilan tarian mereka namun juga dari tamu undangan lain Nampak berdecak kagum saat tarian sekar giri dipentaskan.

Pembina ekstrakurikuler Kak Thalita menyampaikan rasa bangganya terhadap anak didiknya karena mampu tampil percaya diri dalam menyambut tamu penting di sekolah ini.

“Sebuah kebanggan bagi saya pribadi dan anak-anak didik saya untuk kesekian kali dipercaya mementaskan tarian tradisional di hadapan para tamu penting, sebelumnya mereka sudah tampil di berbagai event seperti pembukaan olimpiade dan kegiatan anti perundungan yang juga dihadiri para pejabat dari dinas pendidikan.” Ungkapnya penuh rasa bangga.

Kak Thalita ketika dikonfirmasi penulis kenapa menampilkan tarian sekar giri menyatakan dengan lugas bahwa filosofi dari tari tersebut yaitu Tari ini berangkat dari kesenian terbang jidhor yang berkembang di Gresik dan sekitarnya terilhami sosok Putri Campa saat syiar agama Islam pada masa lalu.

Ditemui secara terpisah, Wakil kepala yang membidangi kesiswaan, Muharningsih, M.Pd menyatakan; Segala bakat dan minat olah rasa kita fasilitasi dengan maksimal di Smamsatu, salah satunya adalah tari tradisional ini. Disamping melestarikan khasanah budaya khas Gresik juga dapat melatih mental dan kepercayaan diri para peserta didik.

Selamat dan sukses ekstrakurikuler tari tradisional Smamsatu!

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Dua Klub Smamsatu Ini Mengajak Siswa Belajar tanpa Beban
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00