Select Page

PWMU.CO – Apakah Anda pernah merasakan sensasi berolahraga sambil menikmati suasana senja, ketika matahari terbenam sambil melihat lampu-lampu di kawasan tengah Kota Gresik yang menyala terang?

Tentu hal tersebut merupakan suatu pemandangan yang sangat indah bukan. Namun pertanyaannya apakah hal itu mungkin untuk dilakukan? Jawabannya adalah bisa!

Kini bukan lagi menjadi impian bagi warga kota santri ini untuk melakukan aktivitas fisik menjaga kebugaran serta juga memanjakan mata dengan suasana romantis cakrawala Gresik saat senja tiba.

SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) yang menempati lokasi baru di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo 162 Randuagung GKB Gresik sejak 2021 lalu ini ternyata memiliki salah satu fasilitas olahraga terbaik di Indonesia.

Meskipun belum genap satu tahun berpindah ke alamat yang baru, sekolah ini cukup populer bagi masyarakat Gresik, terutama di kalangan generasi Z yang kerap main di media sosial.

Gedung Smamsatu mengusung tema khas budaya Gresik yakni damar kurung, salah satu ikon Kabupaten Gresik yang merupakan warisan budaya kota wali ini. Damar kurung adalah sebuah lampion kayu berbentuk segi empty dengan sudut menyerupai segi tiga di bagian atasnya dan keempat sisinya berhiaskan lukisan damar kurung.

Lukisan damar kurung sendiri dipopulerkan oleh mendiang Masmundari. Sang maestro yang berhasil menuangkan ilustrasi sisi-sisi kehidupan masyarakat Gresik dalam sebuah lukisan dua dimensi. Menurut cerita, damar kurung digunakan sebagai mainan anak-anak ketika memasuki bulan puasa Ramadan.

Indoor Sport Playground

Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Rudi Ihwono SKom menjelaskan pada lantai  7 gedung sekolah ini mempunyai total luas 972 m2 yang diperuntukkan untuk fasilitas sarana olahraga dalam ruangan (Indoor Sport Playground).

“Kami siapkan lapangan basket, futsal, badminton, tenis meja dll dengan standar internasional baik dari sisi  keamanan dan kenyamanan (safety and convenience),” ujarnya.

Baca Juga:  Makna dan Tema Logo Hari Pahlawan 2020

Dia memaparkan untuk mempermudah mobilitas siswa, guru serta pengunjung, gedung ini dilengkapi dengan dua unit lift dari lantai 1–7 dengan kapasitas 13 orang, tangga, mushala, area parkir yang luas. Ada juga toilet, 85 titik lampu penerangan arena berkonsep jaring laba-laba berdaya 1190 watt, digital score board serta CCTV online terintegrasi untuk keperluan keamanan dan dilengkapi fitur manajemen keramaian.

“Bagi masyarakat umum yang ingin menyewa juga kami fasilitasi,” katanya, Kamis (31/3/22).

Basket dan Futsal

Pemain futsal Smamsatu sedang melakukan pemanasan sebelum berlatih di Inddor Sport Hall (31/3/2022)

Rudi mengungkaokan lapangan utama yang diperuntukkan untuk basket dan futsal ini menggunakan lantai berjenis vinyl. Seperti diketahui lantai berjenis ini mempunyai berbagai kelebihan utamanya dari sisi keamanan. Lantai vinyl bagus untuk digunakan dalam kegiatan olahraga seperti futsal ataupun basket.

“Dibandingkan dengan bahan lainnya jenis lantai vinyl ini ternyata malah lebih baik dan aman. Anda bisa terhindar dari risiko cidera yang lebih parah saat bermain,” tambah guru pengajar informatika ini.

Lapangan Basket Terbaik

Pada kesempatan terpisah, pelatih bola basket putra Smamsatu, Coach Gibran juga tidak ketinggalan mengungkapkan pendapatnya mengenai Indoor Sport Playground yang dimiliki Smamsatu.

“Saya sudah pernah mengunjungi banyak lapangan basket di sekolah-sekolah di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Lapangan basket di sini terbaik di kelasnya apalagi mempunyai nilai tambah berada di lantai 7 gedung sekolah,” katanya.

Dia mengungkapkan dengan fasilitas terbaik ini bisa semangat bermain basket karena view di sekitarnya sangat bagus. Pemandangan kota Gresik apalagi saat senja sunggu luar biasa. Jujur, saya merasa bangga menjadi pelatih di sekolah yang mempunyai fasilitas luar biasa ini,” ungkapnya lugas.

Baca Juga:  Siswa SMAM 1 Gresik Wakili Indonesia Ikuti Pertukaran Pelajar ke Finlandia

Indoor Sport Playground kepunyaan SMA Muhammadiyah 1 Gresik ini telah menggunakan standar bola basket dan futsal rules sehingga lapangannya standar mulai dari tinggi ring, lebar gawang, ukuran lapangan, hingga garisnya sesuai dengan aturan permainan bola basket dan futsal. (*)

Berita ini juga dimuat di: https://pwmu.co/234920/04/02/nikmatnya-berolahraga-di-rooftop-playground-smamsatu/2/

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00