Select Page

WWW.SMAM1GRESIK.SCH.IDMuhammadiyah Boarding School (MBS) Madinatul Ilmi SMA Muhammadiyah 1 Gresik mempunyai program khusus untuk meningkatkan kemampuan public speaking para santrinya yang disebut sebagai Muhadharah.

Muhadharah adalah kegiatan latihan pidato yang wajib diikuti seluruh santri MBS Madinatul Ilmi baik putra maupun putri. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga bahasa; yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Dalam satu bulan, seluruh santri mengikuti muhadharah sebanyak dua kali sesuai jadwal yang telah ditentukan. Adapun jadwal muhadharah di MBS Madinatul Ilmi ini dilaksanakan setiap hari Sabtu minggu genap setelah kegiatan Tasmi’ bil Ghoib berakhir di Masjid Al Qolam bagi santri dan Aula MBS bagi putra.

Kegiatan ini diampu oleh Ustazah Hadiyatan Wasilah, M.Pd. selaku Musyrif di MBS Madinatul Ilmi putri dan Ustaz Naufal, LC, M.Si Musyrif di MBS Madinatul Ilmi putra. Kegiatan muhadharah dimaksudkan sebagai latihan para santri agar memiliki ketrampilan berpidato dalam tiga bahasa tersebut. Hal ini dimaksudkan sebagai sarana bekal da’wah Islamiyah di masyarakat nanti setelah menyelesaikan pendidikan di MBS.

Muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang cukup efektif untuk melatih keberanian dan ketrampilan santri. Berani berbicara di depan khalayak ramai, bahkan diawasi oleh beberapa mulahidz, yakni santri senior yang ditugaskan untuk mengawasi dan mengontrol jalannya muhadharah. Di samping itu, juga diawasi oleh oleh beberapa ustadz serta ustadzah yang ditugaskan sebagai pembimbing kegiatan muhadharah ini.

Santri yang memiliki ketrampilan muhadharah dengan baik, maka menjadi modal awal baginya untuk terjun ke masyarakat, baik masyarakat perguruan tinggi bagi yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, maupun masyarakat yang sesungguhnya. Apabila keberanian dan kemampuan ini dikembangkan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan dia akan menjadi seorang orator yang hebat, yang bisa menempatkan dirinya di hadapan masyarakat pendengar yang beraneka ragam.

Suasana Muhadharah 3 bahasa di Masjid Al Qolam yang dilakukan oleh santri MBS Madinatul Ilmi Putri

Ustazah Hadiyatan Salah satu Pembina Muhadharah berharap bahwa, santrinya bisa terlatih karakternya menjadi seseorang yang berani, innovative..”Yang terpenting melalui kegiatan muhadharah ini kami menyiapkan mubaligh serta mubalighat demi tersebar luasnya ajaran agama Islam.” Ujarnya.

Baca Juga:  IPM SMAMSATU Gresik dan Kelompok Suporter Sumbangkan Belasan Juta Rupiah ke Korban Semeru

Ada yang berbeda di kegiatan Muhadharah di MBS Madinatul Ilmi Smamsatu ini, Kegiatan ini berjalan sangat menarik dan ditunggu-tunggu tiap minggunya oleh para santri karena acaranya tidak monoton alias hanya menampilkan pembicara saja, Ada juga para santri yang bertugas menjadi supporter penampilan temannya  yang berlomba-lomba menyajikan tampilan yang menarik dan menggembirakan.

Ditemui di kesempatan terpisah, Hanum  Sayyidah santri yang duduk di kelas XI MIIPA-1 berujar: “Awalnya dulu saya tidak bisa dan percaya diri berbicara di depan khalayak umum apalagi berpidato, namun seiring waktu berkat muhadhoroh saya berani tampil dan tidak malu lagi berbicara di depan umum Pidato juga mengajarkan saya untuk kreatif mengemas acara saat  bertugas menjadi MC yang mewajibkan saya juga harus bisa memeriahkan suasana.

Sementara itu wali santri dari Ananda Alya Amilia kelas XI MIPA-1, Ibu Nurbaiti menyatakan harapannya; “Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh Pembina MBS atas bimbingan yang telah dilakukan. Muhadharah ini enurut saya sangat bagus untuk melatih kemandirian peserta didik, terutama untuk melatih tanggung jawab serta keberanian mereka tampil di depan teman”-temannya dan para pembinanya.”

Ustaz Marzuki Yatim, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang ISMUBA dikonfirmasi di kesempatan lain menyatakan “Muhadharah dalam tiga Bahasa ini merupakan program yang deprogram dan dirancang untuk membina santri agar siap menjadi penceramah yang handal dalam menyebarkan dakwah Islam sesuai dengan visi misi SMA Muhammadiyah 1 Gresik.” Ujarnya menutup pembicaraan.

Hasil penerapan kegiatan muhadhrah para santri terbiasa berbicara di depan umum dalam berbagai kesempatan.

Maka tidak mengherankan, berkat dilakukannya kegiatan muhadharah 3 bahasa secara rutin para santri MBS Madinatul Ilmi mampu berprestasi dalam lomba pidato Bahasa Arab di berbagai kompetisi yang diikutinya. Salah satunya kompetisi yang dihelat Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) yang beritanya dapat diikuti melalui link berikut Lomba Pidato Bahasa Arab di UMG, Santri MBS Smamsatu Gresik Borong Juara

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Santri MBS Smamsatu Ilham Saputra Sampaikan Pesan Hormati Jasa Pahlawan

Selamat dan sukses! *

 

Penulis: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00