Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID — Ramadan tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Hal ini karena siswa sudah diperbolehkan melakukan aktivitas di luar, meski harus tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti mengunakan masker dan mencuci tangan.

Bertepatan dengan 17 Ramadan 1443 H, Selasa (19/4/2022), ditemani gerimis dan angin semilir, pimpinan organsasi di SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik menghelat agenda, yakni SMAM for Ramdhan (SFR). Organisasi sekolah yang tergabung dalam SFR adalah IPM Smamsatu Gresik, IPM MBS (Muhammadiyah Boarding School), Pasbrama, Aremu 1965, Futsal, Basket Putra, dan Basket Putri.

SFR dirancang untuk memupuk rasa memiliki Smamsatu Gresik dan mengajarkan makna berbagi di bulan penuh berkah ini. Diawali dengan berkumpul di Smamsatu Gresik pukul 15.30, SFR dilanjutkan dengan membagikan takjil di depan Gedung sekolah di Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 162 Gresik. Selain itu, pembagian takjil juga dilakukan di gedung lama Smamsatu Gresik di Jl. KH Kholil. Lokasi lain pembagian takjil adalah di titik-titik lokasi para pemungut sampah dan orang-orang yang dinilai perlu mendaptakan takjil tersebut.

Takjil yang terkumpul sebanyak 286 porsi dengan rincian: 150 porsi dari oraganisasi di Smamsatu Gresik dan 136 lainnya dari sekolah yang diwakilkan kepada Waka Ismuba. Selesai membagikann takjil, para “pasukan” SFR berbuka puasa Bersama, dilanjutkan dengan salat Maghrib hingga tarawih berjamaah.

Pembina IPM Wiwit Dwi Wahyu, S.Hum menilai, SFR merupakan kegiatan kreatif dan inovatif yang dilakukan kaum milenial di Smamsatu. Karena itu, selaku pembina, ia sangat apresisai aktivitas positif ini. Hal itu karena dalam diri dan jiwa mereka telah tertanam kepekaan yang kuat terhadap problematika yang ada di lingkungan mereka sekaligus melakukan aksi nyata.

Baca Juga:  Amanat Kepala Sekolah di Upacara Virtual SMAMsatu Gresik: Kita Harus Fokus Menatap Masa Depan Di Masa Sulit Ini

“Acara ini harus kita dukung dan terus diperkuat, agar anak-anak semakin peka terhadap keadaan di sekitar mereka.  Semoga kelak mereka mampu menjadi generasi hebat yang siap menjawab tantangan zaman,” tandas Wiwit.

Sementara Sekretaris Umum PR IPM Smamsatu Gresik, Aditya Rahma mengatakan, kegiatan tersebut  merupakan kali pertama dilakukan oleh angkatan 56 Smamsatu Gresik dengan mengandeng beberapa organisasi dan ekstra yang ada di sekolah itu.

“Dan ini merupakan wujud dari inovatif organisasi yang kami lakukan untuk meningkatakan solidaritas dan kepedulian terhadap kehidupan sosial masyarakat yang ada di sekitar kita. Saya bersyukur acara ini berjalan dengan lancar,” ujarnya. (*)

Penuis: Wiwit Dwi Wahyu, S.Hum

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00