Select Page

Obat Rindu Halalbihalal PCM dan PCA GKB di Smamsatu; liputan kontributor PWMU.CO Gresik Dewi Fatimah.

PWMU.CO – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) danPimoinan Cabang Aisyiyah (PCA) GKB menggelar acara Halalbihalal dan Silaturahmi Idul Fitri 1443 di SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Senin (16/5/2022).

Pada kegiatan tersebut, panitia menghadirkan Prof Dr H Biyanto MAg untuk memberikan tausiah kepada 140 orang dari unsur PCM, PCA, PRM dan PRA se-Cabang GKB beserta majelis dan ortomnya.

Hadir pula menyemarakkan kegiatan pimpinan SD Mugeb, SD Berlian School, Spemdalas, Smamio, dan Smamsatu, serta guru-guru Muhammadiyah yang berdomisili di Gresik Kota Baru (GKB).

Para peserta menempati dua ruangan yang terpisah yang telah disiapkan oleh panitia. Untuk peserta laki-laki menempati lobi, sedangkan untuk peserta perempuan berada di Ruang Teater Lenon Machali. Panitia memilih lokasi kegiatan di Smamsatu karena terletak di wilayah Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) GKB 1.

Penangung jawab kegiatan Ir Daud Susanto menyampaikan, dirinya baru mendapat amanah sebagai Ketua PRM GKB 1 menggantikan almarhum Taufiq Hadi Syarif yang wafat tahun lalu.

Dia menceritakan dirinya dan almarhum Taufiq Hadi sama-sama sebagai alumnus Smamsatu saat masih menempati gedung lama yang terletak di Jalan KH Khalil Gresik. Ternyata, di antara para tokoh dan pimpinan  Muhammadiyah GKB yang hadir juga memiliki sejarah hidup dengan sekolah yang bermotto be the first ini.

Mereka di antaranya Sekretaris PCM GKB Drs Muhammad Musaini yang pernah menjadi kepala Smamsatu, Drs Uripan Nada MPd juga pernah menjadi kepala sekolah Smamsa selama dua periode. Ketua PRM GKB 6 Drs Umaya merupakan alumni Smamsatu.

“Dan saat ini yang menjabat sebagai Kepala Smamsatu Bapak Ainul Muttaqin SP MPd juga ternyata pernah menjadi Ketua PRM GKB 2,” katanya disambut tepuk tangan peserta.

Baca Juga:  Mengenal Kembar Tunanetra Siswa SMAM 1 Gresik yang Mampu Hafal 6 Juz Al Qur'an

Daud menjelaskan, selama satu tahun ini pengajian rutin bulanan PRM GKB 1 telah diselenggarakan di gedung baru Smamsa yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo 162 Gresik ini.

“Terima kasih kepada manajemen Smamsatu  atas kerjasamanya memfasilitasi kegiatan rutin bulan pengajian PRM GKB 1 yang berjalan setahun ini,” ucapnya.

Obat Rindu

Sementara itu, Wakil Ketua PCM GKB Bidang Tabligh dan Pengembangan Ranting Ir Sugeng dalam sambutannya menyampaikan acara ini dapat menjadi obat kerinduan. Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia dan dunia, kegiatan pengajian dari ranting ke ranting tidak dapat diselenggarakan secara langsung.

Sugeng mengajak pengurus Ranting untuk bersama-sama meningkatkan gerakan taawun dan amal shaleh, meningkatkan ukhuwah, semangat mengadakan pengajian dan baksos di tingkat ranting.

Dia juga terus memotivasi para penggerak persyarikatan Muhamamdiyah GKB ini untuk mendukung berbagai program yang dikelola PCM dan PCA GKB. Seperti program Lazismu Kantor Layanan GKB, program Klinik Aisyiyah GKB dan program layanan Kifama GKB dengan menjadi anggota Kifama dan lain sebagainya.

“Mari bersama-sama meningkatkan amal shaleh melalui gerakan taawun dan turut membesarkan amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah GKB. Seperti pada bidang kesehatan, kita memiliki Klinik Aisyiyah, kita bisa menjadi anggota/peserta BPJS di Klinik tersebut,” ajaknya.

Sugeng juga memberikan apresiasi kepada panitia dari PRM GKB1 dan tim Smamsatu yang telah menyukseskan kegiatan Syawalan ini. Dia memberikan arahan untuk penyelenggaraan kegiatan serupa secara bergiliran yang dimotori oleh PRM GKB 2.

“Terima kasih kepada tim Smamsa yang berkenan menyediakan tempat dan mendukung kegiatan ini. Insyaallah pada penyelenggaraan selanjutnya secara bergiliran dapat dilaksanakan di SD Muhammadiyah GKB 1 (SD Mugeb)  atau Universitas Muhamamdiyah Gresik yang berada di wilayah PRM GKB 2,” terangnya.

Baca Juga:  Belajar IKM di Smamsatu Gresik, Smansa Bojonegoro Kagum Ini

Sugeng mengakhiri sambutanya dengan berpantun dan menjadikan suasana menjadi lebih menggembirakan.

Buah mangga buah alpokat
nikmat rasanya dan menyehatkan
tetap bangga dan semangat
menjadi bagian warga Persyarikatan

Bulan Dzulqadah bulan Dzulhijjah
bulan mulia Muharram dan Rajab
Berdakwah bersama Muhammadiyah
semoga hidup bahagia dunia akherat

Selanjutnya, seluruh peserta kegiatan mendengarkan tausiah yang disampaiakan oleh Wakil Ketua Pimpinan wilayah Muhamamdiyah Jawa Timur Prof Dr H Biyanto MAg, Dia menyampaikan tentang tradisi mudik dalam al-Quran, yakni mudik ke kampung akhirat. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00