Select Page

Raih Dua Juara KTI di FFU 2022, Bukti Budaya Riset Smamsatu Berjalan Baik, liputan Akhmad Akmal Rifqi kontributor PWMU.CO.

PWMU.CO – SMA Muhammadiyah 1 Gresik ( (Smamsatu) memenangkan juara I dan III lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada Festival Faqih Usman (FFU) VI Tahun 2022 tingkat SMA/MA/SMK. Acara diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik bekerja sama dengan FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik.

Juara I KTI diraih oleh Haidar Muzafan dan Iqbaal Dzakwan, di bawah bimbingan Muhamamd Bakhir. Dua siswa kelas X ini mengangkat penelitian bertema sains “Potensi Kulit Degan sebagai Sumber Energi Listrik Terbarukan demi Menyongsong Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.”

Haidar mengatakan, timnya beruasah menggali potensi kulit degan (kelapa muda) sebagai sumber energi listrik terbarukan karena limbah kulit degan ini mengandung komposisi elektrolit.

“Bagian dari buah kelapa ini ternyata kaya akan Kalium dan juga mengandung Klorida,” ujarnya.

Bakhir menjelaskan, kedua siswanya itu melakukan riset dan menemukan bukti bahwa jika Kalium bereaksi dengan Klorida akan terbentuk KCI yang merupakan elektrolit kuat dan dapat mengantarkan energi listrik dengan terlebih dahulu mengubah dan menambah keasaman dari kulit degan tersebut dengan melakukan metode fermentasi.

“Hal yang menarik adalah ketika dicoba kulit degan ini setelah diolah oleh mereka berdua berhasil menyalakan sebuah lampu selama beberapa jam,” kata  Bakhir

Maka, sambungnya, dapat disimpulkan berdasarkan penelitian tersebut, kulit degan memiliki potensi sebagai sumber energi listrik terbarukan dan memiliki nilai lebih kemanfaatan daripada dibuang atau dibiarkan menjadi limbah yang tak terolah begitu saja.

Rosyidah Nur Aini DAN Hanum Saiyidah Safwah bersama pembimbingnya Muharningsih dengan piala Juara III Karya Tulis Ilmiah Festival Faqih Usman 2022. Raih Dua Juara KTI di FFU 2022, Bukti Budaya Riset Smamsatu Berjalan Baik (M. Ali Safa’at/PWMU.CO)

Teliti Peran Saudagar Gresik

Baca Juga:  Smamsatu Geber Program Anyar: Jumat Berkah

Sementara itu, periah juara III KTI berhasil diraih oleh Rosyidah Nur Aini dan Hanum Saiyidah Safwah. Dua siswa kelas XI ini mengangkat penelitian bertema sosial sejarah berjudul “Perantara Perdagangan di Kota Saudagar, Kajian Historis Peran Pedagang Gresik dalam Perdagangan Rempah Internasional akhir Abad Ke-15 sampai Awal Abad Ke-17 Masehi.”

Rosyida dan Hanum yang juga merupakan siswa program Muhammadiyah Boarding School (MBS) ini melakukan riset sejarah bersama pembimbingnya, Muharningsih.

Dalam makalahnya mereka menjelaskan para pedagang melalui pelabuhan Gresik yang menjadi terminal tempat menampung surplus dari wilayah pedalaman untuk didistribusikan ke wilayah kota. Sedangkan dari wilayah laut, pelabuhan Gresik menampung barang-barang impor yang biasanya bernilai jual tinggi seperti rempah-rempah.

“Produk-produk pertanian yang lengkap menjadikan Gresik sebagai pelabuhan pengisian ulang perbekalan dalam rute ke kepulauan rempah lain di Nusantara,” tulisnya.

Kepala Smamsatu Gresik Ainul Muttaqin mengungkap rasa bangganya atas prestasi peserta didiknya ini. “Saya ucapkan selamat atas raihan prestasi di kategori penelitian pada bidang sains dan sosial sejarah ini,” ujarnya.

Hal ini, ujarnya, membuktikan bahwasanya pengembangan budaya riset di SMA Muhammadiyah 1 Gresik sebagai sekolah inovatif berjalan dengan baik,” ungkapnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Kerjasama Dengan Tajdid Center PDM Gresik, MBS Smamsatu Gresik Targetkan Setiap Santri Hafal Minimal 6 Juz Setelah Lulus
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00