Select Page

WWW.SMAM1GRESIK.SCH.ID – Pengajian Ahad pagi yang diadakan oleh Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kebomas Gresik pada Ahad 19 Juni 2022 di Masjid At-Taqwa Perguruan Muhammadiyah Giri, Kebomas Gresik menghadirkan direktur Rumah Sakit (RS) Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan, Sidoarjo, dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes sebagai pembicara.

Dalam materi pengajian yang dihadiri oleh ratusan warga Muhammadiyah Kebomas serta guru dan karyawan amal usaha Muhammadiyah di lingkungan kecamatan Kebomas tersebut. dr. Tjatur dengan lugas memberikan tips materi kesehatan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hindari SAKIT

dr. Tjatur mengatakan dihadapan para jamaah pengajian ahad pagi bahwasanya jika kita ingin sehat maka hindarilah yang namanya SAKIT, istilah sakit disini merupakan akronim dari 5 tips kesehatan yang di breakdown sebagai berikut:

1. Stres

Kata “stres” sudah tak asing lagi di telinga kita. Stres adalah permasalahan yang sangat sering menjadi perbincangan dalam kehidupan sehari-hari kita. Stres dapat dialami oleh siapa saja karena permasalahan keluarga, pasangan, pekerjaan, finansial, ataupun karena masalah sepele.

Lalu, apa definisi dari stres itu sendiri? Stres merupakan respon nonspesifik tubuh terhadap suatu tuntutan. Ketika seseorang tidak mampu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan terus berkelanjutan maka hal inilah yang dapat menimbulkan stres.

Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan merespon dengan memberikan bel pengingat waspada, yaitu hormon kortisol akan meningkat sehingga detak jantung akan menjadi lebih cepat dan terjadi peningkatan energi. Biasanya, kondisi akan kembali normal saat stres itu hilang. Stres dapat terjadi pada situasi yang berbeda dengan respon yang berbeda-beda pula setiap individu. Faktor penyebab stres yang terjdi pada diri Anda belum tentu menjadi penyebab stres pada orang lain.

Baca Juga:  Smamsatu Gresik Selenggarakan Bimbingan Tahfidz Setiap Jumat Untuk Guru & Karyawan

Sebenarnya stres tidak selalu berdampak negatif bagi fisik manusia, beberapa macam stres bersifat normal dan bermanfaat bagi fisik. Stres dapat membawa pengaruh baik bagi kesehatan mental, meningkatkan kinerja dan semangat seseorang.

Lagi-lagi, semua tergantung cara tiap individu merespon perasaan stres tersebut. Namun, seringkali, pada beberapa orang stres dapat berdampak negatif bahkan bisa menyerang kesehatan fisik, seperti: sakit kepala dan dada, ketegangan atau nyeri otot, sesak, kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan sistem reproduksi, dan menurunnya sistem imun.

Tak hanya menyerang fisik, stres seringkali menimbulkan beberapa dampak psikis yang juga mempengaruhi seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari, seperti: insomnia atau kesulitan tidur, gangguan emosi, muncul rasa gelisah yang berlebihan, gampang bersedih, dan depresi.

2. Air Kurang

Perlu Anda ketahui, sekitar 3/4 tubuh manusia terdiri dari air. Komponen ini bisa ditemukan pada banyak organ tubuh seperti otot, jantung, tulang, ginjal, paru-paru, dan kulit.

Air punya manfaat dan peranan yang sangat penting dalam menjaga sistem kerja tubuh. Air membantu melancarkan pencernaan dan pengeluaran racun dari tubuh, menyeimbangkan kadar mineral, serta menyebarkan oksigen ke seluruh organ.

Kekurangan konsumsi air sedikit saja sudah bisa menimbulkan berbagai gejala penyakit.

3. Kemarahan

Emosi senang, sedih, atau marah biasa terjadi pada manusia. Hal tersebut akan memberikan warna dalam kehidupan seseorang. Namun, jika emosi tersebut menjadi berlebihan dan tidak bisa dikendalikan, justru akan membawa dampak negatif pada diri sendiri.

Kesehatan emosi terkadang juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang. Salah satu emosi yang berbahaya adalah rasa marah. Rasa marah bisa muncul ketika Anda merasa terusik dengan suatu hal.

Jika seseorang terlalu sering marah, maka akan memicu timbulnya masalah kesehatan. Tidak hanya sekedar penyakit ringan, rasa marah yang sering dikeluarkan tanpa kendali akan menimbulkan penyakit serius pada jantung.

Baca Juga:  Amanat Kepala Sekolah di Upacara Virtual SMAMsatu Gresik: Kita Harus Fokus Menatap Masa Depan Di Masa Sulit Ini

4. Infeksi

Penyakit infeksi adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh organisme, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. Beberapa organisme ini hidup di dalam tubuh manusia dan memberikan manfaat. Namun, pada kondisi tertentu, organisme ini justru dapat menyebabkan penyakit.

Penyakit infeksi dapat menyebar melalui kontak langsung dengan individu yang terinfeksi, gigitan hewan, serta tanah atau air yang terkontaminasi. Penyebaran penyakit ini juga bisa terjadi melalui kontak tidak langsung, misalnya menyentuh benda yang baru dipegang oleh orang yang terinfeksi.

Penyakit infeksi kadang menimbulkan gejala ringan yang dapat diatasi dengan perawatan mandiri di rumah. Namun, beberapa kasus infeksi dapat berbahaya sehingga memerlukan perawatan intensif.

Dr. Tjatur menambahkan bahwasanya umat Islam dapat menghindari infeksi salah satunya dengan kegiatan wudhu yang kita lakukan setiap harinya.

Berwudhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa. Wudhu memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Bukan sekadar membasuh bagian-bagian tubuh dengan air tetapi juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.

5. Toxic

Toxic diartikan sebagai hal yang beracun, diantaranya adalah hindari mengkonsumsi makanan junk food, junk food dalam ilmu gizi merupakan sekelompok makanan yang minim gizi, vitamin dan mineral. Kelompok makanan ini umumnya juga tinggi kalori dari lemak dan gula. Junk food, dan beberapa jenis fast food adalah makanan yang kurang nilai gizi atau tidak sehat karena tidak memiliki cukup serat, vitamin dan mineral.

Namun meski bukan jenis makanan sehat; makanan junk food dan fast food ini masih menjadi favorit untuk di konsumsi oleh banyak masyarakat. Secara umum mengkonsumsi makanan jenis ini adalah karena rasanya yang cenderung gurih dan terasa enak, serta makanan tersebut mudah didapatkan dengan cepat.

Baca Juga:  Hebat, Alumnus Kelas Internasional ini Menyabet 2 Penghargaan Sekaligus Dalam Momen Wisuda Purnasiswa

Dampak dari seringnya mengonsumsi junk food dapat mengakibatkan peningkatan lemak badan tidak seimbang, sehingga bisa terjadi penuaan dini, peningkatan penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung koroner dan kanker.

Selain itu pula hindarilah merokok, merokok secara keseluruhan meningkatkan risiko kanker tenggorokan dan penyakit-penyakit kronis lainnya seperti gangguan pembuluh darah dan jantung, gangguan metabolisme, serta penyakit lainnya.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba menghentikan kebiasaan merokok dan menjalani kebiasaan hidup yang lebih sehat.

Kesimpulan

Dari apa yang disampaikan oleh dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes. dapat disimpulkan bahwasanya jika ingin sehat hindarilah SAKIT, yang merupakan akronim dari Stres, Air kurang, Kemarahan, Infeksi dan Toxic.

Penulis:

Akhmad Akmal Rifqi

 

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00