Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Suasana halaman Smamsatu pada Senin pagi (19/9/2022) nampak lebih meriah daripada biasanya. Seluruh peserta didik beserta guru serta karyawan nampak asyik melakukan kegiatan menanam jenis tanaman pucuk merah di halaman sekolah yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 162 ini.

Kegiatan penghijauan sekolah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Milad ke-57 Smamsatu yang diperingati pada 1 September 2022 yang lalu. Waka Kesiswaan Smamsatu Rulita Aqies, Ssi di temui saat berlangsungnya kegiatan mengatakan bahwa “Selain memberikan ketenangan, dan kenyamanan, lingkungan sekolah yang hijau dengan banyak pohon yang ditanam juga dapat mengurangi pemanasan global. Selain itu, udara yang tidak sehat juga dapat diserap oleh tumbuh-tumbuhan.” Ujarnya lugas.

Peserta didik Smamsatu melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah. Senin (19/9/22)

Kenapa Harus Pucuk Merah

Siti Mariyah, M.Pd, guru biologi Smamsatu saat dikonfirmasi secara terpisah memberikan alasannya,” Pucuk merah yang kaya akan antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas berlebih. Radikal bebas bisa merusak sel apa saja dalam tubuh, termasuk sel-sel imun.” Jelasnya.

“Pucuk merah adalah spesies tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman hias yang berasal dari genus Syzygium. Warna tunas daun yang baru muncul memiliki warna merah menyala sehingga tumbuhan ini memiliki sebutan Pucuk Merah. Warna daun akan berubah perlahan menjadi hijau seiring berjalannya waktu.” Tambah guru yang murah senyum ini.

Peserta didik bersama guru menanam pucuk merah Senin (19/9/22)

Kegiatan Penghijauan Sekolah

Kegiatan penghijauan dimulai tepat pukul 08.00 dipimpin oleh Waka Sarpras Smamsatu, Rudi Ihwono, S.Kom, “Kami mengadakan kegiatan penghijauan di seluruh area outdoor (luar ruangan) terutama di area depan gedung Smamsatu yang langsung berhadapan dengan jalan raya supaya kita punya andil menyumbangkan oksigen dan udara bersih untuk lingkungan kota Gresik tercinta.” Jelasnya.

Baca Juga:  Smamsatu Gelar Pemilihan Ketua IPM Melalui E-Voting

Kegiatan penghijauan diikuti oleh seluruh guru beserta karyawan diikuti seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII. Seluruh warga sekolah saling membantu menanam pucuk merah serta berbagai jenis tumbuhan lainnya.

Syahir salah satu peserta didik yang mengungkapkan, “senang sekali mengikuti kegiatan ini karena Smamsatu jadi makin bersih dan hijau, kedepannya kita harus bisa menjaga kebersihan dan merawatnya. Katanya menutup pembicaraan.

Kontributor: Fajar Ilhamil Wahyu, S.E

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00