Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID — Pemilihan Ketua IPM Ranting SMA Muhammadiyah 1 Gresik kembali digelar Rabu, 29/09/2022. Kandidat calon Ketua IPM dalam pemilihan ini berjumlah 5 orang. Sebelumnya, kelima calon telah melakukan kegiatan Orasi pada Senin (26/09/2022) kemarin. Kegiatan orasi dimanfaatkan oleh para kandidat untuk menyampaikan visi dan misinya apabila terpilih menjadi Ketua IPM sekaligus sebagai ajang kampanye. Pemilihan ketua IPM adalah agenda rutin tahunan yang diselenggarakan secara demokratis. Sedikit berbeda dengan pemungutan suara pada umumnya, pemilihan ketua IPM Ranting Smamsatu Gresik ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi IT melalui sistem E-Voting.

E-Voting sendiri sebenarnya telah lama diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun agaknya menjadi berbeda karena di tahun ini kandidat yang dipilih bukan 1 orang melainkan 3 orang. Penggunaan sistem E-Voting ini dinilai sangat efektif dan efisien, baik dari segi waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Jika biasanya pemungutan suara dilakukan menggunakan kertas dan tinta yang banyak, maka dengan E-Voting cukup menyiapkan beberapa device seperti laptop/PC yang terhubungkan dengan jaringan internet. Dari segi efisiensi waktu juga dinilai lebih unggul dari metode konvensional, karena tidak perlu menunggu proses penghitungan suara. Sistem E-Voting dapat menampilkan hasil skor yang diperoleh masing-masing kandidat secara real-time. Kepala IT dan Operator Sekolah Smamsatu Gresik, Andik Susetyo S menjelaskan, “sejak lama itu kan sebenarnya kita sudah punya E-Voting, tapi biasanya tiap user itu memilihnya satu, nah beda dengan tahun ini konsepnya formatur, si user harus milih tiga, maka sistemnya berubah. Kelebihannya kita langsung tau hasilnya seperti apa, jadi real-time dari segi waktu lebih cepat. Kemudian persiapan juga tidak ribet karena hanya butuh beberapa device saja, disitu bisa meminimalisir waktu dan tenaga.” ujarnya diakhir.

Baca Juga:  SMAMSATU Raih Juara Umum Lomba Pidato Bahasa Inggris ME Awards 2020, Inilah Rahasianya

Meskipun dilaksanakan di tengah kegiatan pembelajaran, namun tidak mengurangi antusias para pemilih dalam memberikan dukungannya pada kelima kandidat. Proses pemilihan ini sendiri dilakukan secara bertahap, dimulai pada pukul 08:00 pagi hingga 14:25 sore. Selain menjadi agenda regenerasi kepengurusan, pemilihan ketua IPM ini juga dijadikan sebagai ajang untuk belajar tentang pesta demokrasi yaitu bagaimana kita sebagai pemilih menggunakan hak pilih secara demokratis. Jasmine salah satu peserta pemilihan menyampaikan, “Saya tidak golput, saya sudah memilih calon yang saya yakini bisa memimpin IPM lebih baik kedepannya. Saya senang karena prosesnya cepat dan rapi, tidak ngantri” saat ditanyai kesannya.

Penulis: Evi Damayanti SPd. M.H

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00