Loading

PWMU.CO – Teater Extra Smamsatu meraih Juara Umum Festival Teater Pelajar dan Mahasiswa Nasional (FTPMN) 2022 yang diadakan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), di Gedung Pertunjukan Sawunggaling Unesa, Lidah Wetan, Surabaya, 11-16 Oktober 2022.

Teater Extra SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, itu juga masuk dalam empat nominasi terbaik. Yaitu Penyutradaraan Terbaik, Penyaji Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aktris Terbaik. Dari empat nominasi itu Teater Extra Smamsatu meraih jauara Penyutradaraan Terbaik dan Penyaji Terbaik III.

Pembina Teater Extra Smamsatu, Irfan Akbar Prawiro, menjelaskan, sebernanya dia tidak menargetkan hasil yang lebih tapi hanya ingin anak-anak mencintai teater.

“Saya cuma menargetkan mereka tampil ikhlas dan mencintai teater. Dan alhamdulillah ini tercapai. Bersyukurnya kemudian, ternyata mendapat juara umum dan masuk empat nominasi terbaik dalam festival tersebut,” ungkapnya pada PWMU.CO, Selasa (25/10/2022).

Menurut Irfan, Teater Extra mampu meraih juara umum karena dinilai dari seluruh aspek atas penampilan Nyonya Muluk. Yaitu keutuhan pertunjukan  dan mampu meraih poin tertinggi dalam nilai pertunjukan, pemeranan, artistik, penyutradaraan, cerita, dan lain-lain

Irfan menerangkan Nyonya Muluk adalah nama salah satu karakter masterpiece karya maestro pelukis damar kurung, Mbah Masmundari.

Nyonya Muluk menceritakan seorang Ibu yang menunggu kedatangan Ratu Wilhelmina dari Negeri Belanda, yang konon turun ke Alun-Alun Gresik menggunakan pesawat. Ada juga yang bilang menggunakan helikopter. Dan ada pula yang bilang menggunakan balon udara. Karena itu orang-orang memanggilnya Nyonya Muluk. Kata muluk berasal dari bahasa Jawa pesisir yang berarti terbang dengan pesawat.

Ibu tersebut sangat merindukan Kusno, suaminya. Dia ingin ikut pergi ke negeri Nyonya Muluk. Ibu itu ingin mencari Kusno yang dulu pergi karena diculik para penjajah. Tetapi sampai kapan pun, Nyonya Muluk tidak pernah turun ke rumahnya.

Irfan menyatakan, dengan mengangkat Nyonya Muluk, Teatre Extra Smamsatu ingin mencari sesuatu yang ada di Gresik. Menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan tempat di mana mereka hidup.

“Apalagi, Nyonya Muluk dalam damar kurung, adalah salah satu aset yang dimiliki Gresik. Sehingga, mereka tidak sekadar lomba. Tapi juga belajar sejarah, belajar riset, belajar nulis, belajar menafsir, kemudian turut mengenalkan sesuatu yang dimiliki Gresik ke publik lebih luas,” jelasnya.

epala Smamsatu Ainul Muttaqin bersama Teater Extra Smamsatu membawa piala juara umum di sekolah. Nyonya Muluk Bawa Teater Extra Smamsatu Juara Umum Festival Nasional (Dela Andika Tri Pamungkas/PWMU.CO)

Empat Kali Berganti Naskah

Anggota Teater Extra Smamsatu sangat antuasias ketika mendapatkan info festival ini, seperti diungkapkan Isella Hurin Aliyah Firadusi yang berhasil meraih juara Penyutradaraan Terbaik.

“Kami dapat mengikuti festival kemarin karena mendapat informasi dari media sosial, dan kami mencari informasi lengkap terkait festival tersebut. Lalu kami meminta izin kepada sekolah untuk mengikuti festival tersebut. Sekolahan memberikan dukungan penuh pada kami untuk mengikutinya,” ungkap siswa kelas XII MIPA 3.

Dia menjelaskan, proses keikutsertaan itu dimulai sejak bulan Juli 2022 dengan berfokus membuat naskah. Memasuki bulan Agustus mulai latihan casting.

“Akan tetapi naskah yang kami buat terasa flat, hingga akhirnya kami ganti naskah sampai empat kali. Akhirnya kami berhasil membuat naskah keempat dengan judul Nyonya Muluk,” ungkap Isella pada PWMU.CO, Selasa (25/10/2022).

Perasaan haru terlihat saat Isella menceritakan perjuangannya bersama teman-teman. Bahkan dia dan teman-temannya tidak menyangka bisa mengalahkan 25 peserta lainnya.

“Menurut saya saingan terberat adalah dari Teater SMAN Negeri 3 Tuban, karena saya lihat di akun Instagram @ftpmn mereka pernah meraih Penyaji Terbaik,” ungkap Isella.

Prestasi Teater Extra Smamsatu ini membuat Kepala Smamsatu Gresik Ainul Muttaqin SP MPd merasa bangga. “Teater Extra di Smamsatu adalah sebuah wadah untuk anak-anak bisa menyalurkan bakatnya di bidang seni drama ini. Dan alhamdulillah bonusnya adalah prestasi yang diraih oleh anak-anak,” ungkapnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin