Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID– SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, akan menyelenggarakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Lantai 7 Gedung Smamsatu Gresik, pada 28 November­­­-1 Desember 2022.

Gelar Karya P5 ini bertema: Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, dan Bangunlah Jiwa dan Raganya serta Berekayasa dan Berteknologi Membangun NKRI. Tema tersebut dijabarkan dengan rincian kegiatan: kelas X mengelola daur sampah, kelas XI Saintek membuat robot hidrolik, dan kelas XI Soshum XI membuat cinematic vlog mitigasi bencana.

Ketua Panitia Pelaksana Gelar Karya P5, Efa Kustiana MPd, menjelaskan kegiatan yang sekaligus sebagai penilaian akhir semester ganjil 2022-2023, merupakan salah satu bentuk pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Yaitu mengolaborasikan semua mata pelajaran (mapel) dalam satu proyek.

“Namun tidak mengurangi kualitas materi dari masing masing mapel,” katanya, Kamis (24/11/2022). Dia menambahkan, gelar karya ini spesial karena akan melibatkan orangtua untuk mengapresiasi karya atau produk yang sudah dibuat siswa.

Diharapkan, sambungnya, dengan adanya penilaian ujian melalui gelar karya ini dapat meningkatkan daya kreativitas siswa. “Ini juga menekankan tentang pentingnya sebuah proses. Oleh karena itu proses pengerjaan proyek ini dimulai sejak awal semester,” tutur Efa Kustiana.

Bagi siswa Smamsatu, kegiatan ini sangat menyenangkan. Menurut mereka sistem penilaian ini membuat mereka bisa mengembangkan daya kritis pengetahuan yang mereka pelajari di sekolah dengan lingkungan sekitarnya.

Seperti disampaikan oleh Talitha Mahirah, siswa kelas XI Saintek B2. “Project pembuatan robot hidrolik merupakan suatu eksperimen baru yang menyenangkan bagi kami sehingga membuat tantangan tersendiri untuk menyelesaikannya. Ditambah lagi adanya berbagai kolaborasi mata pelajaran yang harus diolah serta kerja sama antar anggota kelompok,” tuturnya pada PWMU.CO, Selasa (22/11/22).

Bagi siswa kelas XI Soshum adanya project video cinematik vlog Mitigasi Bencana ini membuat mereka antusias karena mendapat pengalaman baru bagaimana belajar membuat video yang bagus dari berbagai macam gambaran.

“Kami sangat antusias pada project mitigasi bencana ini karena bisa mengeksplor banyak keterampilan yang kita punya seperti belajar take video, membuat laporan dan presentasi serta berbagi edukasi terkait penanganan mitigasi bencana alam dari berbagai kelompok,” kata Ahmad Dyan Farel Pratama siswa kelas XI Soshum B1 pada PWMU.CO, Selasa (22/11/22). (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin