Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID– Guru SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, Dewi Musdalifah menerima Apresiasi 10 Besar Kategori Penulis Buku Fiksi Guru dan Tenaga Kependidikan Creative Camp (GCC) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa MSos di Hotel Novotel Samator East Surabaya, Jumat (18/11/2022).

Buku Dewi berjudul Jalan Kecil terpilih menjadi 10 terbaik setelah bersaing dengan 1.204 peserta dari seluruh Jawa Timur. Buku berisi kumpulan 16 karya fiksi ini sebagian besar sudah dimuat di berbagai media, baik cetak maupun online. Di antaranya majalah Kidung Dewan Kesenian Jawa Timur, koran Radar Surabaya, laman Lensa Sastra, dan Maca.web.

Dewi menjelaskan Jalan Kecil berbicara tentang kemungkinan-kemungkinan dalam hidup. “Bahwa ketika manusia mengalami keterbatasan, akan selalu mencari jalan untuk mengatasinya walaupun lewat jalan kecil,” ujarnya pada PWMU.CO, Senin (21/11/2022)

Dewi menceritakan bagaimana ia berproses menyelesaikan karya yang disebutnya telah membawa keajaiban itu. Jalan kecil adalah cerpen yang berisi kerinduan pada kemanusiaan yang mesti dijawab, atau setidaknya direnungkan. Seperti cerpen berjudul Pertapa Penggenggam Mata Air yang bercerita tentang kepergian gurunya, almarhum Lenon Machali, seorang budayawan Gresik.

“Saat itu saya belum bisa menerima kepergiannya. Saya mulai menulis dan bisa menerima kepergian beliau setelah satu tahun dan berkunjung ke makamnya. Sedekat itu memang saya dengan beliau,” kenang Dewi.

Dewi Musdalifah saat menerima Apresiasi 10 Besar Kategori Penulis Buku Fiksi Guru dan Tenaga Kependidikan Creative Camp (GCC) Tingkat Provinso Jawa Timur Tahun 2022. (Istimewa/PWMU.CO)

Selain buku Jalan Kecil, Dewi juga telah menerbitkan dua buku tunggalnya yang bergenre kumpulan puisi, Kembara dan Sakau. Tidak hanya, itu Dewi di tengah kesibukannya dia masih sempat menjadi kontributor lepas di laman Radar Jatim dan Klik Jatim untuk tulisan prosa dan esai.

Di samping prestasi yang ia raih sebagai penulis, Dewi baru-baru ini juga didapuk sebagai juri di Malaysia dalam even penulisan cerita pendek di Universitas Antarabangsa. Ia menerangkan, “Dari buku ini (Jalan Kecil) saya diundang menjadi juri di Universitas Antarabangsa Malaysia bersama dengan akademisi dan penulis nasional dari Malaysia,” tambahnya.

Kepala Smamsatu Gresik Ainul Muttaqin SP MPd turut memberikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih oleh Dewi Musdalifah.

“Kita bersyukur meskipun belum pada titik puncak, namun ini sudah menjadi pencapaian yang luar biasa untuk prestasi guru di Smamsatu Gresik. Saya mengapresiasi sangat tinggi, apalagi Bu Dewi adalah orang yang corcern di bidang itu sehingga memang layak,” ujarnya kepada PWMU.CO, Senin (21/11/2022).

Duia berharap mudah-mudahan Dewi Musdalifah ke depan bisa terus berprestasi sehingga tidak berhenti di situ. “Harus terus melakukan updrage agar prestasi yang diraih bisa lebih baik lagi,” tutupnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin