Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, menyelenggarakan Praujian Tugas Akhir (TA) Prodistik untuk siswa kelas XII. Praujian TA Prodistik merupakan salah satu syarat Hasil Karya Akhir Prodistik. Kegiatan ini berlangsung tanggal 5-8 Desember 2022.

Guru Pembimbing Prodistik Dini Eka Permatasari SE menjelaskan tujuan dari Prodistik ini adalah untuk mempersiapkan peserta didik kelas XII ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi.

“Dalam kegiatan ini, kita bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS),” ujarnya pada PWMU.CO, Senin (5/12/2022).

Kegiatan ini dimulai sejak siswa masuk kelas XII. Mereka wajib menentukan jurusan sesuai dengan minat masing-masing, seperti Gamming, Perkantoran, Animasi, Desain, dan sebagainya.

“Setiap peserta didik mendapatkan dua pembimbing yaitu pembimbing 1 untuk guru bidang Prodistik sesuai pilihan jurusan yang diminati. Dan pembimbing 2 untuk membimbing penulisan yaitu guru Bahasa Indonesia,” terangnya.

Dini yang juga Guru Ekonomi Smamsatu ini mengungkapkan hasil akhir dari program ini sangat berguna untuk siswa ke depannya. “Misal, peserta didik yang memilih Prodistik Animasi itu nanti ke desain ITS, begitupun yang lainnya,” terang dia.

Paling tidak, sambungnya, mereka sudah punya bekal yang bisa dibawa dari SMA setelah lulus. “Mereka mendapatkan sertifikat setara D1 dari ITS,” ujarnya.

Dia menambahkan, ada beberapa siswa terpilih yang tugas akhirnya juga akan diujikan dosen ITS bersama pembimbing Prodistik-nya masing-masing. Jadi seperti beneran kuliah begitu,” katanya.

Penguji Praujian TA Prodistik Ria Desy Kurnianingrum SS menyampaikan harapannya. “Sebagai penguji, saya berharap bahwa peserta didik bisa memunculkan produk-porduk unggulan yang bermanfaat sesuai dengan jurusan yang dipilih, serta bisa menampilkan presentasi terbaiknya,” ungkapnya saat dihubungi PWMU.CO via WhatsApp Senin (5/12/2022).

Sementara itu, Rifka Ramadhanti siswa kelas XII IBBu Smamsatu Gresik mengungkapkan perasaannya ketika menyelesaikan Praujian TA Prodistik. “Saya sangat bersyukur sekaligus lega telah selesai presentasi untuk Praujian TA Prodistik. Saya didukung oleh pembimbing yang baik dan memberikan banyak motivasi serta saran. Begitu pun dengan penguji,” ungkapnya tersenyum, Senin (5/12/2022). (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin