Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, berhasil menyelenggarakan Career Day 2023 bertema Smart dalam Keputusan Karier, Kamis (12/1/2023).

Koordinator guru BK Smamsatu Gresik Wiwit Rahmya Rosintan MPsi Psi mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan seputar karier kepada siswa di Smamsatu Gresik.

Dia menjelaskan, bentuk kegiatan Career Day 2023 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII dan beberapa kelas X dan XI, adalah sebagai berikut:

  • Konsultasi dan pendaftaran studi ke luar negeri bertempat di Ruang Innovatif
  • Try out gratis sekolah kedinasan 70 siswa dari kelas X, XI dan XII bertempat di ruang Teater
  • Pelatihan (Workshop) 7 tema untuk siswa kelas XII yang tidak berminat ke sekolah kedinasan dan studi ke luar negeri bertempat di masing-masing kelas.

Wiwit menerangkan, ada empat perencanaan karier setelah lulus dari jenjang SMA. Yaitu:kuliah atau studi lanjut, kursus pelatihan, bekerja, dan menikah.

“Data dari tahun lalu (2022), sebaran dari alumni kami ada 97 persen lanjut ke berbagai perguruan tinggi, sehingga kami tetap memberikan wawasan karier untuk empatperencanaan tadi. Namun lebih besar pada studi lanjut setelah SMA, baik itu ke universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik, ataupun ke sekolah kedinasan, dan sekolah luar negeri”, ungkapnya pada PWMU.CO, Rabu (18/1/2023).

Adapun lembaga-lembaga yang turut hadir untuk membantu terselenggaranya Career Day 2023, adalah :

  • Mumtaza Center (Agen studi lanjut ke Turki)
  • IEC (Konsultan pendidikan ke Malaysia dan Eropa)
  • Bimbel Sekolah Kedinasan “Taruna Cendekia”
  • Politeknik Semen Indonesia
  • STIKI Malang
Siswa dan wali siswa Program Studi Lanjut Luar Negeri melakukan konsultasi dengan Mumtaza Center. Career Day Smamsatu dan Alumni yang Sukses Kuliah di Luar Negeri (M. Ali Safa’at/PWMU.CO)

Smart dalam Keputusan Karir

Wiwit menambahkan, sebelumnya siswa Smamsatu Gresik telah berproses dalam program Proposal Karier Masa Depanku yang dimulai saat kelas X, sehingga di kelas XII pihaknya sudah memiliki data peminatan masing-masing siswa yang akan melanjutkan karirnya.

Jadi dalam Career Day ini sudah bukan lagi sosialisasi, tapi lebih kepada proses konsultasi dan pendaftaran untuk yang memilih studi lanjut keluar negeri.

“Dan untuk yang memilih sekolah kedinasan dilakukan tryout bekerja sama dengan bimbingan belajar yang fokusnya sekolah kedinasan, kemudian untuk yang mengikuti workshop sesuai data pilihan karir mereka,” ujarnya.

Tujuannya, lanjutnya, untuk menambah skill. Namun kali ini diberi sentuhan kampus, barangkali yang awalnya setelah lulus SMA ingin bekerja, eh dia jadi kepengen kuliah, begitu.

“Kami berharap semua siswa punya effort bahwa masa depan itu diperjuangkan, dan ketika melakukan sebuah keputusan karier mereka harus berpikir dengan smart, sesuai dengan temanya Smart dalam keputusan karir,” ujarnya.

Siswa Kelas XII Program Studi Lanjut Luar Negeri bersama alumni dan wali siswa (M. Ali Safa’at/PWMU.CO)

Studi Lanjut Luar Negeri dan IUP

Di tengah antusias para siswa dalam mengikuti rangkaian acara Career Day 2023 yang dilaksanakan pukul 08:00 WIB hingga 12:00 WIB ini turut pula hadir para alumni dan juga wali siswa.

Um Suliah Hariati SH, orangtua Muhammad Heaven N Handoko BSc dan Muhammad Helio N Handoko—alumni Smamsatu yang lanjut studi luar negeri—menjelaskan dulu dua putranya itu tidak berpikir sama sekali lanjut studi ke luar negeri. Tapi seiring berjalan waktu, tepatnya setelah mengikuti program pertukaran pelajar, jadi ingin studi lanjut ke luar negeri.

“Mas Heaven mengikuti pertukaran pelajar ke Swiss tahun 2016-2017 dan setelahnya diterima di University of Rohempthon London UK dan lulus tahun 2021. Adiknya, Mas Helio,ini alumni Smamsatu lulus tahun 2022 dulu juga ikut pertukaran pelajar ke Finlandia tahun 2020-2021 sekarang melanjutkan studi di University of Washington, USA,” ungkapnya pada PWMU.CO, Kamis (12/1/2023).

Dia menambahkan banyak peran Smamsatu Gresik dalam proses studi lanjut ke luar negeri bagi kedua putranya. “Support sekolah banyak sekali terutama di awal. Ya terkait dengan surat menyurat, dan membantu mereferensikan untuk mengikuti program studi lanjut,” ujarnya.

Dukungan ituu membuat program untuk studi lanjut tetap berjalan tanpa mengesampingkan program akademik yang ada di sekolah. “Kalau orangtua sebetulnya berpikir simple, yang penting nilainya tidak kalah dengan teman-temannya. Poinnya itu saja. Tapi alhamdulillah keduanya diberikan rejeki bisa lanjut ke luar negeri,” imbuhnya.

Salah satu alumni yang turut serta hadir memberikan motivasi adalah Ega Nanda Narafif,alumnus Smamsatu Gresik tahun 2022 yang sedang studi lanjut program International Undergraduate Programme (IUP) di Universitas Diponegoro.

Ega mengungkapkan, perannya dalam Career Day 2023 adalah memberi gambaran alternatif selain studi lanjut di luar negeri. “Saya ingin menyampaikan ada alternatif semisal belum berhasil untuk studi lanjut luar negeri, setidak-tidaknya ada universitas atau program yang selevel dengan itu, dari pengajarnya, kurikulumnya dan lain-lain,”. ujarnya, Kamis (12/1/2023).

Febi Abdillah Achmad siswa kelas XII IPS 1 yang telah berkonsultasi untuk program studi lanjut luar negeri mengungkapkan, “Saya program studi lanjut ke Malaysia. Tadi setelah dijelaskan dan konsul jadi tambah semangat dan jadi lebih yakin tidak takut akan bagaimana di sana, ada lembaga yang membantu,” ujarnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin