Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Perpustakaan Teras Mentari (Teras Mentari no Toshoshitsu) SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, kini punya Pojok Jepang alias Japan Corner alias Nihon no Yoko. Peresmiannya dilakukan Kamis (19/1/2023).

Japan Corner diresmikan langsung oleh Spesialist Business Development PT Smelting Y. Minami Yoshiyuki dan Kepala Smamsatu Gresik Ainul Muttaqin SP MPd. Acara dihadiri Sapto dan Fiaduz Zakiyah dari PT Smelting Indonesia dan siswa Smamsatu Gresik.

Dalam momen tersebut, siswa Ekskul Jepang membuat pameran di lobi Gedung Smamsatu. Mereka mengisi kesan pesan dalam bahasa Jepang dan menggantungkannya di ‘pohon harapan’. Jamuan nasi tumpeng yang unik menambah kemeriahan peresmian Japan Corner.

Ainul Muttaqin mengatakan, bahasa merupakan bagian dari kebudayaan. Supaya terbangun pemahaman budaya bangsa lain, maka harus menguasai bahasanya. “Banyak hal yang bisa dicontoh dari budaya Jepang yaitu soal kedisiplinannya, ” ujarnya.

Japan Corner tercetus oleh Kepala Perpustakaan Smamsatu yaitu Dian Prasetyowati SPd. Guru Bahasa Jepang Smamsatu itu berkeinginan agar siswa Smamsatu mahir berbahasa Jepang.

“Saya memiliki cita-cita untuk menumbuhkan minat belajar bahasa asing, khususnya bahasa Jepang. Sebab dengan belajar bahasa Jepang otomatis belajar budaya dan karakter, tentunya hal yang positif yang diambil seperti kedisiplinannya, etos kerja. Lalu saya lihat buku-buku bahasa Jepang di perpustakaan sudah usang. Maka saya berinisiatif untuk membuat Pojok Jepang,” ungkapnya.

Melalui alumni Smamsatu yang bekerja di PT Smelting Indonesia yaitu Fiaduz Zakiyah, perusahaan tersebut memberikan bantuan buku-buku bahasa Jepang untuk Perpustakaan Smamsatu. Fifi, sapapannya, alumnus Smamsatu tahun 1994 dan kini bekerja di Departemen Manajemen Sistem PT Smelting Indonesia sejak tahun 2001.

“Terima kasih kepada PT Smelting Indonesia karena mau memberikan bantuan berupa buku bahasa Jepang untuk Perpustakaan Smamsatu, sehingga menumbuhkan keinginan siswa untuk membaca dan mempelajarinya,” ungkapnya.

Aninul Muttaqin (kiri) dan Y. Minami Yoshiyuki bersama guru, Siswa dan perwakilan PT Smleting Indonesia berfoto bersama di Japan Corner (Istimewa/PWMU.CO)

Smelting Mengajar

Bersamaan dengan peresmian Japan Corner tersebut, PT Smelting Indonesia juga mengadakan kegiatan Smelting Mengajar, yang bertujuan memberikan informasi kepada perserta didik Smamsatu tentang PT Smelting Indonesia dan juga tentang budaya dan pendidikan di Jepang.

Dalam Smelting Mengajar ini anak-anak antusias berdialog langsung dengan Y. Minami Yoshiyuki dengan menggunakan bahasa Jepang. Selain belajar langsung bahasa Jepang, mereka juga berkesempatan mengetahui budaya Jepang.

Fadhila Tamara, siswa kelas XII MIPA 2,  sangat senang karena bisa berkomunikasi langsung dengan penutur asli Jepang. Dia juga tertarik dengan PT Smelting Inodnesia yang ternyata memiliki kultur Jepang dan memberikan peluang kerja yang lulusan SMA.

“Saya sangat kagum dengan budaya Jepang, sehingga saya ingin sekali belajar bahasa dan budaya Jepang.Kata orang Jepang kalau mau sukses dimulai dari disiplin,” ujarnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin