Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) dan Siswa Passion Kesehatan SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur terjun langsung dalam Tabligh Akbar dan Bakti Sosial Semarak Musyawarah Daerah (Musyda) XI Aisyiyah Kabupaten Gresik di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Gresik, Ahad (5/2/2023).

Kegiatan bakti sosial (baksos) itu bersama Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik yang dikomandani oleh Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik.

Dewi Musdalifah, penanggung jawab, menyampaikan keikutsertaan IPM dan Passion Kesehatan Smamsatu adalah momen penting untuk belajar tentang kepedulian dan kemanusiaan.

“Jadi sekitar 2.000 orang datang di GDM, bagaimana ini menjadi sebuah pembelajaran penting buat anak-anak. Maka kami turunkan sejumlah tujuh orang yang kemudian berpartisipasi membantu dalam proses baksos,” katanya pada PWMU.CO, Senin (6/2/2023).

Mereka melakukan tes gula darah, kolesterol, atau memberikan arahan bagaimana menjaga kesehatan. “Jadi mereka turun langsung, terjun langsung menghadapi ibu-ibu, bapak-bapak yang sudah mulai terganggu kesehatannya” ujarnya.

Siswa Passion Kesehatan Smamsatu Gresik bersama Wakil Bupati Gresik Dra Hj Aminatun Habibah MPd. IPM dan Siswa Passion Smamsatu Belajar Pengabdian Masyarakat (M. Ali Safa’at/PWMU.CO)

Dewi menambahkan, tak hanya siswa Passion Kesehatan, PR IPM Madani Boarding School (MBS) Smamsatu juga terjun ikut membantu dalam Musyda XI Aisyiyah Kabupaten Gresik.

“IPM sekitar 8 orang juga hadir membantu di registrasi. Jadi mereka mengikuti dari awal hingga pulang karena bertanggung jawab pada absensi masing-masing peserta dan sidang komisi. Di situ mereka bisa belajar berorganisasi terutama semangat atau giroh peserta Musda yang kebanyakan sudah sepuh-sepuh,” ucapnya.

Arya fauzan Prasetyo, siswa Passion Kesehatan Kelas XI Saintek B2 menceritakan pengalamannya. “Saya bertugas untuk membantu cek tensi, pemberian obat, dan mengarahkan para jamaah untuk melakukan cek kesehatan yang telah di sediakan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik,” ujarnya pada PWMU.CO, Ahad (5/2/2023).

“Selepas kegiatan tabligh akbar, kami juga membantu untuk membersihkan tempat sekitar,” tambahnya.

Melihat fenomena itu, Dewi merasa bangga atas kepedulian anak-anak Passion Kesehatan Smamsatu. “Itu bagus ya, tumbuh kepedulian, kepekaan terhadap lingkungan, di even-even seperti itu anak-anak seharusnya diterjunkan. Pengabdian masyarakat, mengenal organisasi lebih dalam khususnya organisasi masyarakat Muhammadiyah,” ujarnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin