Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Muhammadiyah Boarding School (MBS) SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik menggelar Munaqasah Tahfidhul Qur’an Nihai (terakhir) bagi kelas XII. Acara dilaksanakan di Gedung Smamsatu Gresik, Selasa-Jumat (21-25/2/2023).

Bertindak sebagai penguji adalah beberapa imam muda masjid besar di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah di Kabupaten Gresik. Mereka tergabung di Korps Mubaligh Muda Muhammadiyah (KM3). Yakni Sulaiman Al-Ayyubi SE (imam Masjid Taqwa Perguruan Muhammadiyah KH Kholil), Hogi Caesar SPd (imam Masjid Taqwa Kemasan), Khadafi (imam Masjid Ahmad Dahlan Sidayu), Muhammad Naufal Lc MSi (Pembina MBS Smamsatu dan pengampu pembelajaran Baca Tulis Quran) dan Hadiyatan Wasilah MPd.

Koordinator MBS Madinatul Ilmi Smamsatu Gesik Muhammad Naufal Lc MSi menjelaskan, pemilihan para penguji didasarkan atas sepak terjang sosok-sosok tersebut dalam hal menghafal al-Qur’an.

“Sengaja kami memilih imam-imam muda masjid yang sudah terbukti bacaan dan hafalan Qurannya supaya anak-anak terjaga juga kualitas hafalan dan bacaannya. Juga memotivasi anak-anak agar istikamah memperbaiki bacaan dan menghafal ayat-ayat Qur’an,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 39 siswa program MBS. Tiga di antara mereka memiliki hafalan 10 juz yaitu Kholidia Aulia Fuad akelas XII MIPA 1. Sedangkan yang hafal 12 juz ada dua: Wanda Nur Nabilah dan Windi Nur Fadhilah. Keduanya siswa berkebutuhan khusus tunanetra kelas XII IPS 1.

Kholidia mengungkapkan, dia sangat antusias mengikuti ujian ini dan mengaku berdebar-debar saat maju ke panggung. “Deg-degan karena pengujinya hafidh 30 juz dan juga imam masjid yang suaranya bagus. Tapi alhamdulillah bisa menyelesaikan hafalan dengan baik,” ujarnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin