Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Sebagian remaja yang melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah atas setelah lulus SMP/MTs menemui berbagai kendala. Salah satu alasannya adalah faktor ekonomi.

Tak sedikit pula remaja yang juga menjadi atlit berbagai cabang olahraga yang banyak waktunya digunkan untuk rutin latihan menggembleng diri setiap hari. Sehingga banyak meninggalkan waktu sekolahnya untuk dispensasi guna raih prestasi. Apabila kamu menjadi salah satu dari sejumlah orang itu, ternyata kamu bisa latihan rutin tanpa mengganggu waktu sekolah.

Kamu bisa memilih program kelas virtual SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) untuk melanjutkan studi kamu hingga lulus jenjang sekolah menengah atas.

Lalu apa itu kelas virtual Smamsatu?

Mengenal SMA Muhammadiyah 1 Gresik

SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada masa awal berdirinya tepatnya pada tahun 1965 yang lalu belum memiliki gedung sendiri, dan gedung sebagai sarana belajar mengajar pada saat itu masih harus meminjam lokal milik SMP Negeri 2 Gresik. Baru beberapa tahun kemudian mempunyai lokal sendiri, namun masih dalam kondisi memprihatinkan berlantai tanah, tidak ada listrik, dan lain- lain. Sungguh suatu perjalanan yang panjang dan berat, butuh pengorbanan moril dan material.

Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 1 September 1965 SMA Muhammadiyah 1 Gresik oleh Pimpinan Muhammadiyah Cabang Gresik disahkan izin berdirinya dengan surat keputusan nomor 10/A-2/1965. Proses belajar mengajarnya mulai diselenggarakan pada tanggal 1 September 1966 dengan lokal masih meminjam milik SMP Negeri 2 Gresik (atas izin kepala sekolah dan persetujuan Kepala Perwakilan Departemen P dan K Propinsi Jawa Timur).

Pada tanggal 22 Desember 1976 Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengesahkan pendirian SMA Muhammadiyah 1 Gresik dengan surat keputusan nomor 1076/M/412/III/20. Pengesahan ini merupakan satu bukti bahwa eksistensinya diakui di lingkungan pendidikan Muhammadiyah secara nasional dengan diterbitkan Piagam Pendirian Perguruan Muhammadiyah Nomor 1337/II-01/Tm.65/1978 tertanggal 5 Dzulhijjah 1938 H bertepatan dengan tanggal 6 Mei 1978.

Keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Gresik tentunya menyadari bahwa tanggungjawab tersebut bagaimanapun beratnya harus dilakukan, sehingga perjuangan itu menjadi bermakna. Menyadari pentingnya memiliki gedung sekolah sendiri sebagai sarana utama proses belajar mengajar, maka keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Gresik secara bertahap mengusahakan pendirian komplek perguruan Muhammadiyah 1 Gresik menempati lahan milik sendiri di Jalan KH. Kholil 90 Gresik.

Setelah hadir di tengah-tengah masyarakat dengan segala kemandiriannya, maka SMA Muhammadiyah 1 Gresik mulai beranjak membangun prestasi.

  • Berbantuan, tahun 1977.
  • Diakui, tahun 1983.
  • Disamakan, 1989.
  • Terakreditasi A, tahun 1995.
  • Sekolah Kategori Mandiri (SKM), tahun 2007.
  • Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tahun 2009.
  • Terakreditasi A, 2013 – Sekarang

Pada tahun 2021 kita mulai menempati Gedung baru SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 162 GKB Gresik. Selama pandemi COVID-19 kita berhasil menyelenggarakan pendidikan jarak jauh (PJJ) dengan sukses sehingga menginspirasi adanya program kelas virtual meskipun pandemi telah berakhir.

Kelas virtual Smamsatu sepenuhnya menggunakan mode pembelajaran pendidikan jarak jauh. Kelas ini dirancang untuk menjadi sekolah yang fleksibel dan terjangkau dengan fokus melayani peserta didik yang tidak memiliki kesempatan dalam menempuh sekolah mode tatap muka karena berbagai kendala, seperti keterbatasan dana, tinggal di daerah terpencil dan terluar, dan kesibukkan peserta didik atlit yang padat.

Kelas virtual Smamsatu terus berkembang dan meningkat dalam hal sistem belajar-mengajar, manajemen, dan layanan dukungan bagi para peserta didik.

Posisi kelas virtual Smamsatu saat ini tidak hanya mencerminkan perkembangan dan pencapaiannya di masa lalu, tetapi juga arah masa depan dalam konteks kebutuhan peserta didik dalam masyarakat Indonesia.

Sebagai sebuah institusi pendidikan amal usaha Muhammadiyah, Smamsatu telah melalui berbagai periode perubahan dan pertumbuhan, baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Secara internal dalam hal pendidikan, Smamsatu terus mengalami perubahan, inovasi, dan perbaikan. Selain itu, Smamsatu juga telah menyesuaikan diri dalam menanggapi dinamika eksternal untuk perubahan dan tantangan perubahan tuntutan oleh klien dan pemangku kepentingan. Perbaikan berkelanjutan adalah proses yang tidak terputus dan berlangsung lama yang harus dijaga, dipelihara, dan ditingkatkan oleh seluruh jajaran manajemen dan staf Smamsatu.

Prinsip inilah yang akan memastikan Smamsatu terutama dengan program kelas virtualnya sebagai pelopor pembelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) terbuka dan jarak jauh yang berkelanjutan dan bereputasi tinggi yang akan terus berkembang dan meningkatkan peran pentingnya di masa depan.

Peserta didik mengakses materi pembelajaran secara virtual menggunakan aplikasi learning management system moodle

Keunggulan Program Kelas Virtual Smamsatu

1. Waktu yang Fleksibel

Beberapa sekolah ada yang menyelenggarakan proses belajar mengajar melalui program akselerasi untuk mengakomodasi kebutuhan para peserta didik yang ingin lulus lebih cepat. Kelas akselerasi merupakan kelas khusus untuk anak-anak berbakat yang program kegiatan kelasnya dipercepat dalam hal waktu dan kurikulum pembelajaran. Dengan kelas ini tetap saja mengharuskan pertemuan tatap muka antara guru dan peserta didik.

Berbeda dengan Smamsatu, sekolah ini ternyata menawarkan dua layanan tutorial, yakni tutorial tatap muka dan tutorial online yang memudahkan para peserta didiknya.

Banyak dari peserta didik memilih tutorial online karena bisa mengatur sendiri soal kapan dan di mana kamu akan belajar.

Kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke sekolah untuk belajar. Jika kamu seorang atlit, tentu tidak mengganggu bukan?

2. Biaya yang Terjangkau

Keunggulan lain dari Kelas Virtual Smamsatu adalah biayanya, loh guys! Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menempuh pendidikan di program ini. Hanya dengan biaya 3.9 juta per-semester kamu bisa bergabung di kelas virtual ini.

3. Pionir Pendidikan Jarak Jauh untuk Masyarakat Luas

Kepala Smamsatu, Ainul Muttaqin, menilai sekolahnya telah menjadi pionir dalam inovasi pendidikan jarak jauh (PJJ) melalui pengembangan pembelajaran tutorial online, tutorial webinar, bahkan telah berhasil mengembangkan ujian berbasis online melalui Learning Management System (LMS) Moodle.

Kelas virtual Smamsatu memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas, terutama bagi masyarakat yang berada di berbagai daerah terdepan, terluar, dan tertinggal yang masih kesulitan mengakses pendidikan.

4. Raih Banyak Prestasi

Tak ketinggalan dengan sekolah lainnya, Smamsatu juga banyak meraih berbagai prestasi bergengsi, antara lain juara Olimpiade Sains dll

5. Mandiri Teknologi

Untuk kamu yang akan mengambil program kelas virtual Smamsatu diwajibkan untuk sedini mungkin melek teknologi. Hal ini disebabkan pembelajaran di kelas virtual Smamsatu tidak selalu berlangsung dengan tatap muka, tetapi menggunakan media, baik itu media cetak seperti modul maupun media noncetak. Media noncetak yang dimanfaatkan di antaranya audio/video, internet, radio, dan televisi.

Untuk itu peserta didik kelas virtual Smamsatu dituntut untuk dapat belajar secara mandiri. Dengan cara ini, peserta didik diharapkan belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri.

6. Terakreditasi

Kamu tidak perlu ragu lagi untuk bersekolah di SMA Muhammadiyah 1 Gresik karena sekolah swasta yang satu ini memastikan bahwa kualitas akademiknya sudah diakui secara nasional. Terbukti dengan perolehan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah – Madrasah (BAN S/M).

Sudah tahu kan keunggulan kelas virtual Smamsatu? Yuk gabung!

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin