Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Selasa (28/3/2023), menjadi saat-saat menegangkan bagi siswa yang berhak (eligible) mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di seluruh Indonesia. SNBP adalah seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri yang merupakan PTN berdasarkan atas prestasi. SNBP merupakan pengganti SNMPTN pada tahun 2023 ini.

Hasil SNBP telah diumumkan, Selasa (28/3/2023) pukul 15.00 WIB. Dari 80 siswa eligible Smamsatu yang mendaftarkan diri melalui jalur SNBP ini 26 dinyatakan lolos melaui pengumuman yang bisa diakses lewat Link utama di https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu), Nurul Ilmiyah menjelaskan SNBP memberikan kuota penerimaan yang berbeda untuk setiap sekolah. Kuota tersebut ditentukan berdasarkan indeks sekolahyang terdiri dari beberapa kriteria, yakni akreditasi sekolah, prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait, nilai peserta UTBK yang diterima pada tahun sebelumnya, dan prestasi sekolah.

“Kemudian, untuk mengisi kuota itu, barulah peringkat nilai siswa yang akan menentukan. Jadi, semakin tinggi nilai siswa berarti peluang masuk dalam kuota penerimaan SNBP (eligible) dari sekolah kamu semakin besar,” jelasnya.

Nurul Ilmiyah menerangkan Smamsatu yang mempunyai akreditasi A berhak mendaftarkan 40 persen siswa terbaiknya guna bersaing dengan ribuan siswa berprestasi lainnya dari seluruh Indonesia. Karena tidak ada tes apa pun di jalur SNBP, maka hal yang akan dilihat sebagai penilaian adalah nilai rapor siswa dari semester I sampai semester V. Dengan begitu, nilai di rapor haruslah stabil atau konsisten.

“Peraturan baru di tahun 2023 ini akan melihat keseluruhan nilai rapor siswa, tidak hanya nilai di mata pelajaran tertentu. Jadi, siswa Smamsatu wajib harus berprestasi di berbagai bidang dan tidak bisa hanya mementingkan beberapa mata pelajaran saja. Di samping itu, siswa kami juga bisa mengumpulkan pencapaian lain yang relevan untuk mendukung nilai rapor mereka, seperti sertifikat keikutsertaan dalam olimpiade sains,” terangnya, Rabu (29/3/2023).

Meningkat

Ditemui di kesempatan terpisah, Koordinator Bimbingann Karier (BK) Smamsatu, Wiwit Rahmya Rosintan merasa bangga sekaligus terharu dikarenakan ada 26 siswa berhasil lolos seleksi masuk ke PTN melalui SNBP tahun 2023 ini. “Tentu ini membanggakan, tidak saja bagi siswa yang bersangkutan, tapi juga bagi orang tua dan para guru yang selama ini mendampingi mereka,” terangnya.

Dia menjelaskan, bagi Smamsatu, lolosnya 26 siswa masuk PTN tahun ini merupakan sukses dari berbagai program dari tim BK Smamsatu. Para siswa telah menyusun proposal masa depan yang sudah ditulis sejak kelas X. Kami juga melakukan pendampingan serta komunikasi penuh untuk kepada siswa, orang tua dan wali kelas mengenai potensi pilihan prodi di universitas.

“Dilanjutkan saat kelas XII ada kesepakatan MoU keputusan karier yang disepakati oleh para wali siswa dan juga kami tidak lupa tetap menjalin silaturahmidengan para alumni yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi negeri agar mereka senantiasa berbagi pengalaman kepada adik-adik kelasnya,” tambahnya.

“Pada akhirnya jumlah yang lolos SNBP tahun ini naik dibanding tahun 2022 lalu yang hanya 21 siswa. Alhamdulillah, sukses ini patut kita syukuri karena meningkat dibanding tahun lalu, bagi yang belum lolos SNBP, tetap semangat berjuang masih ada jalur lainnya untuk menggapai kesuksesan. Tim BK siap membantu,” ujar Bu Wiwit, Rabu (29/3/2023). Sebagai catatan pada Tahun 2021 yang literima lehat jalur ini 12 siswa.

Naik Lagi Jumlah Siswa Smamsatu yang Lolos PTN lewat SNBP

Perasaan Siswa yang Lolos SNBP

Lolosnya 26 siswa itu disambut gembira, seperti diungkapkan Naura Nabila Muttaqin, siswi kelas XII IPS 1. Dia tidak menyangka akan lolos SNBP, sebab banyak pendaftar di universitas pilihannya.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT, orangt ua saya, seluruh guru SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang telah membimbing saya selama ini, dan support dari teman teman saya selama ini,” ungkap siswa yang berhasil diterima di Universitas Airlangga Surabaya (Unair) di Prodi Bahasa dan Sastra Inggris.

Tidak hanya Naura yang semula merasa kurang percaya diri untuk dapat lolos SNBP. Beberapa siswa eligible juga merasakan hal serupa. Irfan Zaidan, misalnya. Siswa kelas XII MIPA 4 ini tidak pernah membayangkan dapat lolos SNBP di Institut Pertanian Bogor (IPB) Jurusan Manajemen Hutan.

Berbeda dengan Rosyidah Nur Aini. Siswa kelas XII IPS 1 ini berhasil lolos masuk Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dengan penuh percaya diri.

“Saya dari awal selalu optimistis bisa diterima di jurusan sosial, karena dari awal masuk SMA saya selalu berusaha mengikuti kompetisi karya tulis ilmiah (KTI) bertemakan sosial serta Kompetisi Nasional Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) bidang ilmu sosial dan humaniora sebagai penunjang agar lolos SNBP sesuai jurusan yang saya inginkan,” ujarnya.

Tips Sukses Lolos SNBP 2023

Sukses yang kini mereka rasakan, ternyata tak terlepas dari persiapan dalam menghadapi SNBP yang diidamkan seluruh siswa di Indonesia ini.

“Semangat untuk terus belajar, mengingat untuk masuk SNBP menggunakan nilai rapor, maka tingkatkan nilai di setiap semesternya, kemudian melihat tingkat keketatan Prodi yang akan diambil dan jangan lupa untuk meminta restu Allah SWT dan kedua orang tua untuk mengambil prodi yang diinginkan,” kata Naura.

Irfan Zaidan juga mengungkapkan bahwasanya kunci untuk lolos SNBP adalah disiplin dalam menyimak serta mengerjakan segala tugas yang diberikan oleh guru-gurunya di Smamsatu serta tidak lupa terus berpikir gembira dan positif bahwasanya Allah akan memberikan yang terbaik setelah semua usaha kita lakukan dengan maksimal.

Sejalan dengan apa yang diungkapkan kedua temannya, Rosyidah juga menyatakan bahwa anugerah lolos SNBP ini tidaklah instan, ada perjuangan berat yang dilalui selama bersekolah di Smamsatu terutama mengikuti berbagai kompetisi dan berusaha menjadi juara selain belajar giat untuk mendapatkan nilai rapor yang konsisten dari semester I ke semester V. Tambahnya.

Naik Lagi Jumlah Siswa Smamsatu yang Lolos PTN lewat SNBP

26 Siswa Lolos SNBP

Kepala Smamsatu Ainul Muttaqin mengungkapkan rasa syukurnya terkait hasil SNBP 2023 ini. “Alhamdulillah, tahun ini persentase kenaikan peserta didik kami yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP meningkat drastis dibandingkan tahun lalu. Bagi yang lolos saya ucapkan selamat dan bagi yang belum diterima melalui jalur ini, tetap semangat karena ada jalan lain bagi kalian guna menggapai kesuksesan,” tuturnya.

Berikut data siswa Smamsatu yang lolos jalur SNBP 2023:

  1. Larashinta Rahma Hapsari (XII IBBU) – Pendidikan Bahasa Jepang (S1) – Unesa
  2. Muhammad Abyan Hanif (XII-IBBU) – Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1) – Unesa
  3. Rifka Ramadhanti (XII-IBBU) – Desain Grafis (D4) – Unesa
  4. Dia Elfita Sifa’ul Qolbi (XII-IPS-1) – Pendidikan Luar Sekolah (S1) – Unesa
  5. Dwi Wahyu Nova Prasetyo (XII-IPS-1) – Desain Komunikas Visual (S1) – UPN Veteran Jatim
  6. Hafiza Aqila Divaputri (XII-IPS-1) – PG PAUD(S1) – Unesa
  7. Naura Nabila Muttaqin (XII-IPS-1) – Bahasa Dan Sastra Inggris (S1) – Unair
  8. Rosyidah Nur Aini (XII-IPS-1) – Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S1) – Unesa
  9. Achmad Muchtar Rabbani (XII-IPS-2) – Sosiologi (S1) – Unesa
  10. Aisyah (XII-IPS-2) – Bisnis Digital (S1) – Unesa
  11. Aurakel Grissela (XII-IPS-2) – Akuntansi (S1) – UPN Veteran Jatim
  12. Daris Hikmah (XII-IPS-2) – Akuntansi (S1) – Unesa
  13. Nafis Okbah (XII-IPS-2) – Manajemen (S1) – Unesa
  14. Sabrina Rahiel (XII-IPS-2) – Pend. Tata Boga (S1) – Unesa
  15. Vioretha Alya Amany (XII-IPS-2) – Manajemen Perkantoran Digital (D4) – Unair
  16. Zuhud Ilham Abdul Hakim (XII-IPS-2) – Ilmu Administrasi Negara (S1) – Unej
  17. Anjani Suci Romadhona (XII-MIPA-2) – Pendidikan Biologi (S1) – Unesa
  18. Faishal Amri (XII-MIPA-2) – Manajemen Agribisnis (D4) – IPB
  19. Fathimatuz Zahro (XII-MIPA-2) – Agronomi (S1) – UNEJ
  20. Firdivana Alifia Fitzcy (XII-MIPA-2) – Studi Kejepangan (S1) – Unair
  21. Fagizza Putri Sefani (XII-MIPA-3) – Biologi (S1) – UNAIR
  22. Maulidya Nur Azizah (XII-MIPA-3) – Pendidikan Kimia (S1) – Unesa
  23. Yasmin Aqila Majid (XII-MIPA-3) – Teknologi Rekayasa Kimia Industri (D4) – ITS
  24. Aura Talitha Nathania (XII-MIPA-4) – Tata Busana (D4) – Unesa
  25. Irfan Zaidan (XII-MIPA-4) – Manajemen Hutan (S1) – IPB
  26. Muhammad Zaki Setyawan (XII-MIPA-4) – Teknik Mesin Produksi Dan Perawatan (D4) – Polinema

Selamat! (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin