Loading

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Sembilan siswa SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik melaju ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi. Pengumuman hasil OSN diunggah pada website resmi Puspresnas di pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id pada Selasa (2/5/2023).

Koordinator Bina Prestasi Siswa Smamsatu Gresik Siti Mufarohah SPd menjelaskan, dari 45 siswa Smamsatu yang mengikuti OSN tingkat kabupaten/kota jenjang SMA/MA pada 5-6 April lalu, Smamsatu berhasil lolos dalam tiga bidang lomba yaitu Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

“Maksimal 3 siswa untuk setiap sekolah yang lolos di masing-masing bidang dan Smamsatu sudah memenuhi kuota lolosnya untuk 3 bidang” ujarnya pada PWMU.CO, Rabu (3/5/2023).

Roha, sapaannya, menyampaikan ada serangkaian persiapan yang dilakukan untuk mengikuti OSN kabupaten 2023. Antara lain mencari pembina yang tepat sesuai bidang termasuk mendatangkan pembina dari luar, mengkarantina, dan memberi dispensasi khusus untuk siswa agar fokus terhadap OSN-K 2023.

“Siswa yang lolos dilakukan pembinaan lanjut untuk mengikuti OSN tingkat provinsi,” tambahnya.

Roha memberi pesan untuk peserta yang lolos, “Selamat untuk siswa yang sudah lolos OSN kabupaten 2023. Perjuangan kalian berlanjut untuk seleksi tingkat provinsi. Keep Fighting, goes to Bogor!” ujarnya.

Pembina OSN Bidang Kebumian Muhammad Irfansyah Naufal Sani SSi menjelaskan, pembinaan OSN dilakukan selama sepuluh jam, mulai pukul tujuh pagi hingga lima sore. Itu dilakukan setiap hari, Senin sampai Jumat,” ujar alumnus Smamsatu Gresik tahun 2017 itu pada PWMU.CO pada Rabu (3/5/2023).

Lulusan Jurusan Meteorologi Institut Pertanian Bogor (IPB) itu menambahkan selain pembinaan rutin berupa pemberian materi, ada juga pre-test dan post-Test. Pre-test dilakukan dengan memberikan latihan soal berupa essay dan post-test berupa kuis dalam Google Form.

“Hal ini untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dan kesiapannya setelah dilakukan pembinaan,” katanya.

Hasil OSN Kabupaten 2023 Smamsatu Gresik

Bidang Ekonomi

  1. Daffa Dzaky Amanullah Kelas XI Soshum B-1 (Peringkat 6)
  2. Rana Rihidi Suga Kelas XI Soshum B-1 (Peringkat 7)
  3. Oktifia Andrienna Kelas X-6 (Peringkat 8)

Bidang Kebumian

  1. Muhammad Carstensz Rafiandra Rahman Kelas XI Saintek B-2 (Peringkat 2)
  2. Nadhifa Aulia Salsabila Kelas X-1 (Peringkat 5)
  3. Eliska Masyithoh Kelas X-8 (Peringkat 7)

Bidang Geografi

  1. Zalfa Ishma Tsuroyya Kelas X-2 (Peringkat 1)
  2. Muhammad Damar Raditia Kelas X-8 (Peringkat 2)
  3. Shabina Begum Ez Zahidah Kelas X-1 (Peringkat 4)

Selamat berjuang! (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin