Loading

Latar Belakang Kegiatan Alumni dan Orang Tua Peserta Didik Mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Gresik

Pendidikan yang berhasil melibatkan seluruh komunitas sekolah tidak hanya melibatkan guru dan peserta didik, tetapi juga melibatkan peran aktif dari orang tua peserta didik dan alumni. Kegiatan mengajar yang melibatkan alumni dan orang tua sebagai relawan ini memiliki latar belakang yang kuat dan berbagai manfaat, di antaranya:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Keterlibatan alumni dan orang tua dalam kegiatan mengajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan pandangan unik, pengalaman nyata, dan pengetahuan mendalam dalam bidang-bidang tertentu.

2. Pengenalan Dunia Kerja
Alumni dapat memberikan wawasan yang berharga mengenai tuntutan dan realitas dunia kerja kepada peserta didik. Hal ini membantu peserta didik untuk memahami hubungan antara pendidikan dan karir yang akan mereka geluti di masa depan.

3. Koneksi dengan Dunia Nyata
Melibatkan orang tua peserta didik dalam kegiatan mengajar dapat memberikan pengalaman langsung tentang konteks belajar anak-anak mereka. Ini memperkuat hubungan antara sekolah dan rumah, menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan potensi peserta didik.

4. Peran Model Teladan
Alumni dan orang tua peserta didik, sebagai model teladan, dapat memberikan inspirasi langsung. Dengan berbagi cerita sukses, tantangan yang dihadapi, dan cara mengatasi hambatan, mereka dapat memotivasi dan membimbing peserta didik menuju keberhasilan.

5. Kemitraan yang Kuat antara Sekolah dan Keluarga
Kegiatan ini menciptakan kemitraan yang lebih erat antara sekolah dan keluarga. Keterlibatan orang tua peserta didik dalam proses pendidikan meningkatkan dukungan dan pemahaman antarpihak, memastikan bahwa tujuan bersama untuk kesuksesan peserta didik dapat tercapai.

6. Peningkatan Keterlibatan Orang Tua
Orang tua yang terlibat dalam kegiatan mengajar lebih mungkin terlibat secara aktif dalam perkembangan pendidikan anak-anak mereka. Ini dapat menciptakan atmosfer pendidikan yang mendukung di rumah.

7. Diversifikasi Metode Pengajaran
Melibatkan berbagai pihak dalam proses pengajaran membawa keberagaman dalam metode pengajaran. Ini memberikan peserta didikpengalaman belajar yang lebih kaya dan dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar.

8. Membangun Komunitas Pembelajaran
Keterlibatan orang tua peserta didik dan alumni dalam mengajar membantu membangun komunitas pembelajaran yang inklusif dan saling mendukung. Ini menciptakan lingkungan di mana berbagai kontribusi diterima dan dihargai.

9. Peningkatan Kualitas Pendidikan secara Holistik
Dengan memperluas sumber daya pengajar ke luar dinding kelas, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik, mencakup aspek akademis, sosial, dan karakter.

Melibatkan alumni dan orang tua peserta didik dalam kegiatan mengajar memperkuat ide bahwa pendidikan adalah usaha bersama yang melibatkan seluruh komunitas. Dengan cara ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, dinamis, dan relevan bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan orang tua dan alumni mengajar akan diadakan pada Rabu 20 Desember 2023 di sejumlah 22 kelas SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang berlokasi di Jl, Dr. Wahidin Sudirihusodo 162, Gresik, Jawa Timur. Kegiatan ini akan berlangsung selama kurang lebih 90 – 120 menit dimulai dari pukul 9.30 s.d 11.30 WIB.

Berikut adalah contoh tata tertib untuk kegiatan orang tua dan alumni mengajar. Tata tertib ini dapat membantu menjaga kelancaran dan efektivitas kegiatan tersebut:

Tata Tertib Kegiatan Orang Tua dan Alumni Mengajar

1. Pendaftaran dan Koordinasi
– Orang tua dan alumni yang ingin berpartisipasi diharapkan untuk mendaftar melalui saluran pendaftaran yang telah ditentukan melalui form berikut https://bit.ly/seharimengajarsmamsatu2023
– Koordinasi antara pihak sekolah, panitia kegiatan, dan peserta mengajar harus dilakukan sebelum kegiatan dimulai melalui platform online

2. Persiapan Materi
– Setiap orang tua dan alumni diharapkan untuk mempersiapkan materi ajar mereka sebelumnya.
– Materi harus disesuaikan dengan kurikulum atau topik yang relevan dan dapat memberikan nilai tambah pada pengalaman belajar peserta didik dengan catatan: Bahan ajar tidak boleh mengandung unsur ajakan konflik SARA, pornografi, money politics, prospek multilevel marketing maupun hal terlarang lainnya

3. Jadwal dan Kehadiran
– Orang tua dan alumni diharapkan untuk hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
– Jika terjadi perubahan dalam jadwal, akan ada pemberitahuan sebelumnya kepada pihak sekolah dan panitia melalui grup kordinasi WhatsApp

4. Interaksi dengan peserta didik
– Memberikan suasana yang positif dan mendukung bagi peserta didik.
– Mendorong pertanyaan dan diskusi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.

5. Kolaborasi dengan Guru
– Berkoordinasi dengan guru untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan konsisten dengan pendekatan pembelajaran yang sedang berlangsung di sekolah.
– Mengambil umpan balik dari guru untuk pengembangan lebih lanjut.

6. Pengelolaan Kelas
– Menjaga keteraturan dan tata tertib dalam kelas.
– Membantu peserta didik dalam pekerjaan kelompok atau individu jika diperlukan.

7. Evaluasi dan Umpan Balik
– Mengambil waktu untuk melakukan evaluasi bersama dengan peserta didik dan guru setelah kegiatan selesai.
– Menerima umpan balik dari peserta didik, guru, dan panitia untuk perbaikan kedepannya.

8. Penggunaan Teknologi
– Jika kegiatan melibatkan penggunaan teknologi, pastikan orang tua dan alumni memahami cara menggunakan perangkat keras atau aplikasi yang diperlukan.

9. Etika dan Kesejahteraan peserta didik
– Menghormati kebutuhan dan tingkat kenyamanan peserta didik.
– Menjaga etika mengajar dan memastikan bahwa setiap peserta didik merasa dihargai dan didukung.

10. Keamanan dan Kesehatan
– Menjaga keamanan peserta didik selama kegiatan.
– Melakukan tindakan pencegahan dan tanggap darurat jika diperlukan.

11. Tambahan : Sekolah akan memilih dan menghubungi 22 orang tua atau alumni serta akan membuatkan grup kordinasi teknis di WhatsApp. Tidak menutup kemungkinan akan lebih dari 22 orang jika banyak relawan mendaftar dengan cara team teaching atau mengajar secara tim.

Melalui pengaturan tata tertib ini, diharapkan kegiatan orang tua dan alumni mengajar dapat berlangsung dengan lancar dan memberikan dampak positif pada proses pembelajaran peserta didik.

Kontak person by WhatsApp 0821-4337-8836 a.n Andri Roy selaku staf humas.

Bagikan Konten Ini Melalui:
×

Powered by SMAMSATU GRESIK

× WhatsApp Admin