Select Page

Pandemi COVID-19 yang masih tengah berlangsung memunculkan istilah baru yakni generasi rebahan, Sayangnya, istilah generasi rebahan justru menimbulkan stereotip negatif terhadap para milenial. “Malas, tidak produktif, melewatkan kesempatan, tidak mempunyai target, serba instan, tidak menghasilkan apa-apa.” Setidaknya poin-poin tersebut yang kita dapatkan ketika surfing di internet mengenai generasi rebahan ini. Menyikapi fenomena tersebut Tim Bimbingan Konseling SMA Muhammadiyah 1 Gresik berinovasi membuat sebuah program yang mendorong generasi rebahan menjadi generasi perubahan. Program ini kami bernama Penyusunan Proposal Karir Masa Depanku bagi seluruh peserta didik di SMAMSATU Gresik, yang bertujuan untuk mengetahui arah dan mimpi setiap individu terkait perencanaan karirnya setelah lulus SMA berdasarkan potensi dan persetujuan orangtuanya. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dan diikuti seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII di awal tahun pelajaran 2021-2022 ini.

Tangkapan layar peserta didik sedang mengikuti kegiatan pembuatan proposal masa depanku yang dimbimbing oleh tim BK sekolah.

Wiwit Rahmiya Rosintan, M.Psi., psi selaku kordinator tim Bimbingan Konseling menyatakan bahwa

Dalam proses ini, peserta didik akan berproses bersama mentor – mentor handal yang ada di SMAMSATU Gresik, mulai walikelas, guru pendamping kelas, guru BK (konselor), tim kurikulum, tim kesiswaan dan guru-guru mata pelajaran penunjang cita -cita atau arah karirnya tersebut.

Adapun secara umum, arah perencanaan karir setelah lulus SMA itu ada 4 (empat) macam yaitu:

  1. Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah)
  2. Mengikuti kursus pelatihan
  3. Bekerja dan
  4. Menikah

Pada program ini, kami mengajak seluruh peserta didik menuangkan cita-cita, arah karir dan mimpinya dalam sebuah proposal karir masa depanku yang mana diharapkan dari proposal tersebut Allah SWT akan memujudkan setiap mimpi dan cita-cita mulia tersebut.

Baca Juga:  Merespon Melonjaknya Kasus Covid - 19, Inilah Yang Dilakukan Guru, Wali Murid, dan Alumni Smamsatu Gresik

Wiwit menambahkan bahwasanya

Kami yakin, setiap Anak itu anugerah, manusia yang unik. Maka, dengan proposal karir masa depanku yang disusun tersebut, mereka akan terdampingi dan belajar dengan bahagia dalam proses menemukan keunikanmu di SMAMSATU Gresik. Tidak lagi ada pemaksaan kognitif, dan yang terwujud adalah proses pendidikan yang ramah anak, memanusiakan manusia dan mampu terwujud generasi Milenial yang Qur’anni, yang akan mampu menjadi agen perubahan untuk keluarga, Agama, Nusa dan Bangsa Indonesia tercinta.

Semoga program inovatif ini bisa turut membantu seluruh peserta didik mewujudkan cita-citanya. Aamiin.

Oleh : Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00