Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID – Smamsatu Gresik melaksanakan Sholat Jum’at (21/01/2022), bertindak sebagai Khotib dan Imam adalah Muhammad Ilham Saputra (Siswa kelas XII ICO dan ketua Ikatan Santri Madinatul Ilmi periode 2021).

Ilham begitu dia akrab dipanggil, merupakan peserta didik yang berasal dari daerah Blimbing, Paciran Lamongan. Pelajar SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang juga merupakan santri Muhammadiyah Boarding Schooll (MBS) ini memulai Khutbah tepat pukul 11.40 WIB, dalam Khutbahnya Ilham menyampaikan tentang menghormati jasa para pendahulu bangsa.

Perjalanan kehidupan manusia harus mengingat jasa para pendahulu, baik yang namanya harum karena dikukuhkan sebagai pahlawan nasional, maupun harum karena dikenang oleh masyarakat setempat.

Dalam surat Al hasyr ayat 10 menyiratkan tentang menghormati jasa para pendahulu kita, surat tersebut yang artinya:

“Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”. (Q.S Al-Hasyr 10)

Selajutnya ilham dalam Khutbahnya Juga menyampaikah bahwa Ayat di atas menerangkan tentang keutamaan dan sifat orang-orang beriman, yaitu tepatnya setelah kaum Muhajirin dan Anshor berhasil membangun persaudaraan yang sangat kuat atas dasar keimanan. Dalam konteks berbangsa yaitu kaitannya dengan perjuangan meraih kemerdekaan, maka doa ini juga kita peruntukkan untuk mereka yang telah mengorbankan jiwa, raga, harta, dan ilmunya untuk kepentingan generasi sekarang ini. Agar jangan sampai dalam hati kita timbul kebencian dan kedengkian, yang justru berakibat pada menghianati usaha-usaha para pendahulu kita dalam mewujudkan kehidupan berbangsa yang aman, damai dan sentosa.

Baca Juga:  Alumni Dan Direksi Mengajar, Program Baru SMAMsatu Gresik Setiap Minggu Ke – 4

Di akhir Khutbah Ilham menyampaikan bahwa sebagai umat Islam kita harus senantiasa bermuhasabah atau intropeksi diri dengan tujuan agar kehidupan kita selalu dalam lajur kebaikan dan terhindar dari dosa-dosa.

Muhammad Ilham Saputra (Siswa kelas XII ICO dan ketua Ikatan Santri Madinatul Ilmi periode 2021) Sedang Menyampaikan Pidato Dalam Salah Satu Kegiatan MBS Madinatul Ilmi Smamsatu

Khutbah Jumat Siswa melatih public Speaking Santri MBS Madinatul Ilmi Smamsatu

Marzuki Yatim, S.Pd. Fis, (Waka Ismuba Smamsatu) menyampaikan bahwa khutbah Jumat yang dilakukan santri MBS merupakan wadah untuk menyiapkan kader-kader muhammadiyah yang berintegras dan berwawasan ke-Islaman yang luas, selain itu juga dapat mengajarkan pada para kader persyarikatan agar mahir dalam public Speacking.

Pernyataan dari Waka Ismuba tersebut di benarkan oleh Ustad Muhammad Naufal, Lc, M.S.I (Kordinator Musyrif MBS), Khutbah Jumat ini adalah sarana untuk mengajarkan pada para santri tentang cara penyampian dakwah, sehingga ketika mereka kembali dari MBS sudah siap untuk berdakwah di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah.

Kontributor: Wiwit Dwi Wahyu, S.Hum

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00