Select Page

Ketelitian para netizen Indonesia memang sulit dihindarkan, termasuk soal ketepatan dialog berbahasa Inggris di salah satu adegan Layangan Putus. Web series ini sempat jadi pembahasan warganet karena dianggap salah grammar dalam salah satu adegan fenomenalnya. Karakter Kinan, yang dibawakan Putri Marino, tengah melampiaskan kemarahannya pada sang suami, Aris, yang diperankan Reza Rahardian.

Layangan Putus memang selalu bisa menciptakan adegan maupun dialog ikonik dalam tiap episodenya. Salah satunya adalah dialog ikonik Kinan di Layangan Putus yang kini menjadi viral dan banyak dijadikan sebagai meme.

Adegan perdebatan antara Kinan dan Aris dalam Web Series Layangan Putus. Foto oleh WETV

Adegan pada saat dialog tersebut diucapkan pun selalu terkenang oleh penonton sebab menyebutkan salah satu tempat indah di dunia, Cappadocia.

“It’s my dream. Not her.” ujar Putri Marino, dengan akting yang begitu memukau. Sayang, tata bahasanya dianggap tidak tepat karena menyalahi grammar bahasa Inggris yang seharusnya diucapkan hers.

Banyak yang berpendapat, kesalahan grammar tersebut mengganggu adegan Layangan Putus yang sudah sangat bagus. Namun ada juga yang merasa kesalahan grammar tersebut seharusnya dimaklumi karena hanya diucapkan di dalam film.

M. Ali Safaat, S.Pd, guru Bahasa Inggris SMA Muhammadiyah 1 Gresik ketika diminta pendapatnya oleh penulis menyatakan bahwa:

Adanya sedikit kekeliruan menerapkan grammar dalam speaking adalah hal yang sangat lumrah terjadi, apalagi saya melihat saat itu tokoh Kinan sedang meluapkan emosinya kepada sang suami Aris, dalam kondisi marah serta emosi tentu apa saja yang keluar dari mulut kadang keluar tanpa dipikir terlebih dahulu.

Seri web Indonesia produksi MD Entertainment yang disutradarai oleh Benni Setiawan tersebut belakangan sangat viral terutama dikalangan Ibu-Ibu karena kisahnya menyayat hati, apalagi Seri web ini diangkat dari sebuah kisah viral yang bermula dari tulisan curhat di sosial media yang dilanjutkan penulisannya ke dalam novel berjudul sama dengan web seriesnya yakni Layangan Putus.

Baca Juga:  Awarding Day ‘Kreasi Sejuta Inovasi’ Smamsatu, Ini Pemenangnya

Kembali ke pembahasan dialog ikonik It’s my dream. Not her, Guru yang akrab disapa Mr. Ali terebut menambahkan;

Mahir bercakap-cakap dalam bahasa Inggris saja tidak cukup untuk dikatakan kompeten. Sangat penting membekali siswa dengan grammar. Hal ini pasti lebih memudahkan siswa untuk menyusun kalimat dan mengerti bahasa Inggris secara lebih baik. Bagaimana mungkin sebuah percakapan bisa dipahami apabila susunannya amburadul tidak sesuai dengan grammar? Jadinya malah membingungkan bagi kedua belah pihak yang sedang berkomunikasi. Lebih parah lagi kalau karena ketidaktahuan akan grammar malah merusak makna kalimat yang disampaikan.

Lebih lanjut guru kelahiran Bojonegoro pada tahun 1982 tersebut menerangkan dengan gamblang bahwa;

Sangat menarik bahwa dialog viral tersebut menjadi perhatian serius para netizen karena dalam dunia terbuka seperti saat ini, siapapun bisa mengakses dan memberikan saran terhadap karya seni apalagi yang berstatus trending topic seperti web series Layangan Putus ini.

Guru Bahasa Inggris yang mempunyai hobi bermain futsal ini mengakhiri sesi wawancara dengan penulis dengan memberikan contoh benar mengenai kontroversi dalam dialog viral itu:

Yang diperdebatkan dalam dialog tersebut adalah materi yang dipelajari di masa sekolah menengah atas, yakni Possessive Pronoun memiliki arti “…show that something belongs to someone”. Secara sederhana, possessive pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan.

Di dalam suatu kalimat, kata ini dapat menempati posisi sebagai subject, subject complement, atau direct object. Apa saja sih kata ganti yang menunjukkan kepemilikan? My, our, your, his, her, its, dan their.

Tak hanya itu, ada juga bentuk independen dari kata ganti tersebut.

Apa sih bentuk independen? Bentuk independen merupakan kata gantu yang dapat berdiri sendiri tanpa tambahan objek di belakangnya, antara lain: Mine, ours, yours, his, hers, its, dan theirs.

Jadi menurut saya dialog yang tepat dalam adegan di series Layangan Putus adalah It’s my dream. Not hers!Ujar Mr. Ali menutup perbincangan.

Kontributor: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Juara Nasional Panjat Tebing Ini Sekolah di Smamsatu Gresik, Begini Alasannya
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00