Select Page

SMAMSATUGRESIK.SCH.ID – Sebagai sekolah yang mempunyai visi bertaraf internasional, SMA Muhammadiyah 1 Gresik terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi para guru-nya. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan adalah peningkatan kemampuan Bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di kelas.

Bekerjasama dengan para dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Gresik, mulai hari Kamis (30/9/2021) pelatihan ini dimulai dan diikuti secara antusias oleh seluruh guru-guru yang tergabung dalam MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran di sekolah ini.

Baca juga: Dr. Ghazali Sampaikan 4 Cara Mendidik Siswa Menjadi Hebat dalam Webinar Smamsatu, Cara Nomor 3 Membuat Semua Guru Terkesan

Akhmad Yoni Risal, guru pengajar seni lukis ketika dimintai pendapatnya mengenai program ini mengatakan bahwa:

Saya sangat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan ini dikarenakan menunjang kompetensi saya di bidang seni, dimana banyak literatur berbahasa Inggris ataupun interaksi langsung dengan seniman-seniman di luar negeri yang dimana membutuhkan saya menguasai kemampuan Bahasa Inggris dengan baik, jadi tidak hanya mengandalkan aplikasi translate saja.

Tri Ardi, dosen UMG ketika memberikan materi pelatihan Bahasa Inggris di Smamsatu Gresik (30/09/2021). Foto: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd

Benar saja, selama pelatihan yang dilakukan secara tatap muka terbatas ini, Yoni tampak sangat aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan tidak ragu bertanya jika mendapati kendala selama mempelajari Bahasa Inggris di kelas.

Baca juga: Mengikuti Perkembangan Teknologi Yang Semakin Pesat, Smamsatu Terapkan Pembelajaran Hybrid Learning

Pada kesempatan lain Nurul Ilmiyah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai pelaksana program ini menyampaikan harapannya:

Semoga dengan adanya pelatihan yang berjenjang ini, seluruh guru Smamsatu Gresik tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris namun juga mampu mempraktikkan ilmu yang telah didapat dalam proses pembelajaran di kelas menggunakan instructional language bahasa internasional ini, selain itu untuk menunjang praktik dan menciptakan kebiasaan, kita juga melaksanakan kegiatan English Day, dimana sepanjang hari itu seluruh warga sekolah wajib menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan.

Ditemui setelah melakukan pendampingan, Tri Ardi dosen Bahasa Inggris dari UMG memberikan gambaran bahwa akan ada 10 topik yang dipelajari oleh Bapak dan Ibu guru.

Selama para dosen melakukan pendampingan, akan ada 10 topik yang akan seluruh guru pelajari dan praktikkan yakni:

  1. Introduction and speaking tips
  2. Greeting, opening & closing class
  3. Asking & giving permission
  4. Telling procedure
  5. Asking and giving opinion
  6. Compliment & prohibition
  7. Describing & operating object
  8. Describing content
  9. Students’ counseling
  10. Ice breaking

Setelah itu kegiatan akan ditutup dengan assessment atau penilaian akhir mengenai performa guru dalam mempraktikkan ilmu bahasa Inggris yang telah dipelajari, saya berharap ilmu yang akan diberikan bisa bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.

Baca juga: Sering Latihan Berbicara Bahasa Inggris Didepan Cermin, Alumni Smamsatu Ini Diterima Di EF Campus New York – Amerika Serikat.

Baca Juga:  Obat Rindu Halalbihalal PCM dan PCA GKB di Smamsatu

Program ini akan berlangsung secara berseri dalam 12 kali pertemuan dan dilaksanakan secara berkala setiap bulannya, dimana waktu pelatihan dilakukan di luar jam aktif belajar -mengajar guru di sekolah.

Selamat dan sukses!

Penulis: Akhmad Akmal Rifqi, S.Pd.

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00