Select Page

WWW.SMAM1GRESIK.SCH.ID – Mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan berbagi ucapan selamat Hari Pahlawan 10 November 2021. Seperti yang kita tahu, 10 November merupakan tanggal bersejarah di Indonesia untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Memperingati Hari Pahlawan setiap tahunnya menjadi salah satu cara bagi generasi saat ini untuk mengingat kembali dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya untuk Tanah Air. Tanpa perjuangan para pahlawan bangsa tentu kemerdekaan Indonesia tidak terwujud.

SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada Rabu (10/11/2021) mengadakan apel peringatan sumpah pemuda secara hybrid, adapun peserta didik sebagian mengikuti kegiatan secara tatap muka di sport indoor hall lantai 7 dan sebagian lainnya melalui aplikasi zoom di rumah masing-masing.

Suasana Apel Hybrid Peringatan Hari Pahlawan Rabu (10/11/2021) di Sport Indoor Hall Lantai 7 Smamsatu (Foto: M. Ali Safaat, SPd)

Sebagai pembina apel kali ini adalah Choirul Isak MPd, Guru sejarah Smamsatu tersebut memberikan gambaran kobaran semangat arek-arek Suroboyo pada 76 tahun silam ketika melawan kedatangan penjajah Inggris di Surabaya.

“Jenderal Malaby tewas dalam pertempuran. Jenderal dari Inggris itu dikenal kejam. Ia dijuluki singa padang pasir. Namun dalam pertempuran di Surabaya itu ia tewas.”

Amanat pembina apel tersebut mampu membangkitkan rasa nasionalisme para peserta apel, setelah kegiatan apel selesai, seluruh peserta upacara baik oflline maupun online melanjutkan aktivitas membuat pantun bertermakan hari pahlawan, setiap peserta upacara membuat 2 buah pantun lalu perwakilan peserta didik setiap kelas, guru maupun karyawan membacakan pantunnya dengan penuh semangat. Dari pantun yang terkumpul didapati sekitar kurang lebih 1200 pantun dibuat oleh seluruh peserta Apel pada pagi hari itu.

Berikut beberapa pantun Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021 yang dapat melecut semangat dan menggelorakan rasa nasionalisme.

  1. Pergi ke pasar membeli kursi, kursinya kayu berwarna kuning langsat. Perjuangan pahlawan tak akan pernah mati, pasti akan terkenang sepanjang hayat. (Ainul Muttaqin, S.P, M.Pd – Kepala sekolah)

  2. Jalan berliku menuju taman, taman indah tempat bermain layang-layang. Selamat memperingati hari pahlawan, kita lanjutkan untuk berjuang. (Enik Marweni, S.E, M.M. – Guru Ekonomi)

  3. Jenang katul jenang ketan, Pak Zaenal mangan waktu awan. Ayo dulur peringati hari pahlawan, supoyo semangat dalam berjuang. (Husnul Khuluq, M.Pd – Guru Bahasa Inggris)

  4. Ada bebek ada angsa, ada batik ada Indonesiaku. Satu nusa satu bangsa, pahlawanku inspirasiku. (Muharningsih, M.Pd. – Guru Bahasa Indonesia)

  5. Ke sawah menanam padi, jangan lupa naik pedati. Mereka berjuang sampai mati, demi sang ibu pertiwi. (Dra. Nur Cholifah Yani – Guru Biologi)

  6. Buah markisa buah durian, buah sukun sambal terasi. hargai jasa pahlawan, hidup rukun dan bertoleransi. (Nur Aini, S.Kom – Admin Kurikulum)

  7. Ada kerbau tertidur pulas, perutnya kenyang setelah makan. Tanggal sepuluh bulan sebelas, hari pahlawan kami ucapkan. (Daris Hikmah – XI IPS 2)

  8. Taman indah di tengah kota, tumbuh disana sepohon lontar. Sungguh berani pahlawan kita, melawan penjajah tiada gentar. (Sabrina Zahro W.A – XI IPS 1)

  9. Masak ayam di kuali, ayamnya dari Taiwan. Jasa pahlawan harus dihargai, karena nyawa rela mereka korbankan. (Danisy Salma – XI MIPA 1)

  10. Di kondangan ada prasmanan, orang-orang makan jenang. Terima kasih para pahlawan, perjuanganmu selalu dikenang. (Aldhysia Rana P.H – X1)

Demikian kumpulan pantun ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021 untuk Anda bagikan di media sosial.

Share this: