Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID — SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) memulai program sosial berlabel Jumat Berkah. Program yang baru kali pertama dihelat pada Jumat (28/1/2022) ini berupa pembagian nasi bungkus kepada pengguna jalan, pengemudi ojek online dan petugas kebersihan di jalanan di kawasan Gresik Kota Baru (GKB).

Sumber nasi bungkus itu dihimpun dari para guru dan karyawan Samamsatu. Pendistribusikannya diagendakan pada Jumat sebulan sekali sejak bulan Januari 2022. Marzuki Yatim SPd Fis, selaku Waka Ismuba, saat breafing pagi menyatakan, program Jumat Berkahย  dicanangkan sebagai program bulanan Smamsatu yang dilatarbelakangi atau didasari dari hadist Nabi yang berbunnyi:

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda,

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ู ูŠูุตู’ุจูุญู ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏู ูููŠู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽู„ูŽูƒูŽุงู†ู ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ุงูŽู†ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุทู ู…ูู†ู’ููู‚ู‹ุง ุฎูŽู„ูŽูู‹ุง ุŒ ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ุขุฎูŽุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุทู ู…ูู…ู’ุณููƒู‹ุง ุชูŽู„ูŽูู‹ุง

โ€œKetika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, โ€œYa Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).โ€ Malaikat yang lain berdoa, โ€œYa Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).โ€ (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Marzuki Yatim menambahkan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Jumat Berkah ini adalah:

membudayakan sedekah Subuh seperti yang diperintahkan Rasulullah. Selain itu, secara praktis program ini dilakukan dengan berbagi kepada masyarakat di lingkungan sekolah.

โ€œSelain itu, tujuannya untuk mempublikasikan kepindahan sekolah di lingkungan baru, yakni di Gedung baru di Jl. Wahidin Sudirohusodo ini,โ€ ujarnya.

Adapun sasaran program Jumat Berkah ini, di antaranya masyarakat sekitar sekolah yang berprofesi sebagai abang becak, ojek, dan petugas kebersihan. Sebagian juga dibagikan di sekitar pondok MBS putra, dekat gedung lama di Kawasan Jl. KH Kholil Gresik. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
Baca Juga:  Tiga Hal Penting ini Disampaikan Ketua Umum PP IPM Saat Kunjungi Smamsatu Gresik
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00